Monday, October 17, 2016

MENGUNJUNGI DOKTER DI TRIMESTER PERTAMA UNTUK PERKEMBANGAN JANIN DALAM KANDUNGAN


Total waktu kehamilan biasanya berkisar hingga 40 minggu, minggu kehamilan ini biasanya dipecah-pecah menjadi trimester. Trimester pertama berarti adalah kisaran waktu 13 minggu pertama kehamilan anda. Selama itu pula, tubuh yang anda miliki akan mulai menyesuaikan diri terhadap kehidupan baru yang tumbuh dalam tubuh anda dan selama itu pula semua tindakan yang diperlukan harus anda lakukan untuk menjaga agar anda dan bayi anda selalu dalam keadaan yang sesehat mungkin dalam masa perkembangan janin dalam kandungan.

#1 Temukan penyedia perawatan kesehatan yang baik
Carilah penyedia jasa perawatan kesehatan yang baik, yang dimaksudkan baik adalah cocok untuk anda baik jarak dari tempat tinggal dan faktor-faktor lainnya. Jika anda belum pernah mendatangi dokter obgyn dan membuat janji dengan dokter dan kebingungan menentukan keputusan dokter obgyn mana yang hendak anda datangi maka anda bisa memulai dengan bertanya kepada teman-teman dan keluarga untuk mendapatkan referensi mereka. Tentu anda harus bertanya kepada teman-teman dan keluarga yang sudah berpengalaman menghadapi kehamilan untuk validnya referensi yang diberikan.

Perlu diingat bahwa perawatan kesehatan selama prenatal sangat penting dalam masa kehamilan anda, karena itu maka sebaiknya anda memilih dokter dan bidan yang anda merasa nyaman untuk berkonsultasi dengan mereka.

#2 Membuat janji untuk konsultasi dengan dokter kandungan
Setelah anda mempertimbangkan saran dari teman-teman dan keluarga yang telah berpengalaman menangani kehamilan, anda mungkin akan mendapatkan beberapa dokter kandungan yang direkomendasikan oleh orang-orang yang anda kenal. Gunakan waktu sebaik mungkin dan tidak berlama-lama untuk memilih dokter kandungan agar anda juga bisa segera melakukan konsultasi sehubungan dengan kehamilan.

Jika anda sudah memutuskan dokter kandungan yang anda pilih maka hubungi tempat prakteknya segera untuk membuat janji konsultasi. Pahami bahwa anda harus sesegera mungkin berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan prenatal dikarenakan rentannya kondisi wanita yang sedang hamil, maka sesegera mungkin mendapatkan perawatan prenatal dari ahlinya akan meminimalkan resiko dari kehamilan yang sedang anda jalani.

#3 Tahu apa yang anda harapkan pada saat pertemuan dengan dokter untuk konsultasi
Kunjungan konsultasi prenatal, maka apa yang harus anda lakukan? Tentu anda harus menginformasikan kepada dokter kandungan bahwa saat ini anda sedang hamil. Kunjungan untuk konsultasi dan kontrol selama prenatal biasanya anda harus melakukan beberapa tes agar dokter bisa mengetahui kesehatan anda serta perkembangan janin dalam kandungan. Konsultasi pada masa-masa awal ini akan membangun hubungan antara anda dengan dokter kandungan anda.

Pada kunjungan atau kontrol awal ke dokter kandungan maka dokter akan bertanya kepada anda mengenai riwayat kesehatan anda pada masa lalu dan sekarang, obat-obatan yang pernah anda konsumsi, riwayat dan kebiasaan merokok, penyakit yang pernah anda derita di masa lalu dan saat ini, kehamilan, riwayat kesehatan keluarga dan kondisi genetik dalam keluarga anda.

Jika anda tidak sabar lagi untuk melakukan USG, maka anda akan bisa USG dan melihat perkembangan janin dalam kandungan mulai pada saat minggu ke 6 atau 7 usia kehamilan.

#4 Segera jadwalkan kunjungan berikutnya
Setelah sesi konsultasi dengan dokter kandungan berakhir maka segera buat janji kunjungan berikutnya dengan dokter kandungan anda. Selain untuk menghindari panjangnya antrian yang menyebabkan jadwal konsultasi anda berikutnya mungkin akan tertunda ini juga untuk menjaga bahwa kesehatan anda dan bayi selama masa kehamilan akan terjaga dengan baik karena dalam pengawasan ahlinya.

Selain menjadwalkan kunjungan berikutnya anda juga sudah harus mulai menyiapkan keperluan bayi anda nanti, baby starter kit dari Johnson's baby akan membuat anda siap dengan perawatan spesial sang buah hati setelah dia lahir nanti.


1 thoughts:

Ratu SYA said...

informatif untuk calon ibu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...