Monday, September 5, 2016

MEMBIASAKAN ANAK MAKAN MAKANAN SEHAT


Anak-anak memiliki kecenderungan untuk memilih-milih makanan. Membiasakan anak-anak anda untuk makan makanan yang lebih sehat bisa jadi adalah sesuatu yang menantang, apalagi jika mereka sudah sejak lama menyukai makanan yang manis-manis seperti cokelat dan permen. Jika anda ingin membiasakan mereka untuk menyukai makanan sehat, percayalah bahwa itu mungkin meskipun butuh waktu.

Untuk itu anda sebaiknya secara terus menerus memperkenalkan makanan baru yang lebih sehat untuk mereka. Jika anda bingung darimana harus memulai, maka ada bisa mulai dari tips berikut ini:

Tips agar Anak Menyukai Makanan Sehat

#1 Membiasakan kebiasaan sehat bagi seluruh keluarga
Dalam keluarga, yang biasanya membeli belanja rumah tangga selama sebulan kemungkinan adalah anda dan pasangan. Jika pada bulan-bulan sebelumnya anda berdua selalu membeli keripik kentang, cokelat, penganan manis, sereal yang mengandung banyak gula dan soda maka anda perlu mengingat untuk melewatkannya pada kegiatan belanja bulanan yang akan datang. Anda perlu tahu bahwa makanan yang terlihat sehat seperti cookies buah-buahan mungkin malah mengandung lemak dan gula lebih daripada yang anda kira.

Untuk membuat anak memiliki kebiasaan makan yang sehat maka seluruh keluarga juga harus melakukannya berikut juga anda dan pasangan. Anak-anak akan tahu kalau anda masih memakan junk food dan bukannya makanan sehat seperti yang anda ingin mereka untuk konsumsi karena mereka sangat sensitif jika orang dewasa menyuruh mereka melakukan suatu hal tapi tidak melakukan hal yang sama.

#2 Menjadi contoh yang baik
Anak-anak selalu mencontoh apa yang dilakukan orang tua mereka, maka tunjukkan kepada mereka bahwa anda melakukan kebiasaan yang baik dengan menikmati makan sayuran, gandum dan buah-buahan serta makanan sehat lain di depan mereka. Jika anda tidak menyukai dan memakannya maka demikian juga dengan anak anda, jika anda tidak menjaga kebersihan diri dalam kegiatan sehari-hari maka mereka juga akan meniru.

Sampaikan betapa pentingnya makanan-makanan sehat dan manfaatnya untuk tubuh mereka. Bahkan makanan sehat dan bersih sangat baik untuk kesehatan anak anda, namun dalam menyampaikannya akan lebih baik jika anda tetap berbicara positif mengenai makanan.

 Hindari melabeli makanan dengan makanan sehat atau makanan tidak sehat, makanan baik dan makanan buruk karena kebanyakan anak-anak justru penasaran pada makanan yang dilabeli negatif. Mereka ingin tahu seberapa tidak sehat dan seberapa buruk  makanan itu. Apalagi biasanya makanan yang kurang sehat memiliki rasa yang lebih enak.

#3 Buat makanan yang lebih sehat dengan bentuk yang mereka suka
Ketika anak-anak berada pada usia batita hingga sekitar 6 tahun maka biasanya pada masa ini mereka cenderung untuk sangat pemilih dalam hal makanan karena itulah membiasakan makanan sehat kepada mereka menjadi sulit. Untuk membantu mereka menyukai makanan sehat maka masaklah makanan sehat yang ramah terhadap selera anak-anak. Contohnya daripada menghidangkan tumis sayuran kepada mereka maka anak lebih baik untuk memasak nugget ayam dan sayuran, bakwan sayur dan udang atau martabak sayur dengan ikan tuna untuk menambah nafsu makan mereka.

Juga hindari untuk mendampingkan makanan favorit mereka dengan makanan sehat, karena kita tentu sudah sama tahu apa yang lebih mereka pilih.

Nah demikian tips yang dapat anda lakukan agar anak-anak anda menyukai makanan sehat. Jangan lupa untuk menyampaikan dan membiasakan mereka juga untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah bersantap dengan sabun anti kuman keluarga yang telah lama dipercaya dari beberapa generasi, Lifebuoy.

2 thoughts:

Kang Nurul Iman said...

Makanan yang memang sangat penting ya mbak untuk perkembangan anak.
Tapi kalau anak sejak kecil tidak mau makan makanan sehat seperti sayur itu gimana mbak cara mengatasinya ?

non inge said...

Bener banget, selain sering mengenalkan tapi orang tua juga harus ikut makan di depan mereka. Satu lagi, jangan perkenalkan 'aku nggak suka makan ini' karena kadang itu yang membuat anak tak mau lagi mencoba makanan yang kita bilang kita nggak suka...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...