Saturday, September 3, 2016

3 LANGKAH DASAR BERWIRAUSAHA


Menjadi seorang wirausahawan/wati atau yang dewasa ini biasa disebut sebagai pengusaha oleh khalayak berarti menempatkan diri anda sendiri pada pekerjaan yang beresiko. Namun meskipun beresiko yang bisa dibilang tidak ringan, namun jika berhasil anda dapat mendapatkan reward yang besar pula.

Jika anda ingin mendirikan dan menjalankan bisnis milik anda sendiri maka percayalah bahwa sekalipun tidak mudah tapi juga tidak sesulit yang anda kira selama anda memiliki ide yang bagus, waktu untuk mengurus segalanya, kesabaran dan ketekunan maka bersiaplah pada kemungkinan penghasilan dan posisi yang bagus milik anda sendiri datang lebih cepat daripada yang anda kira.

Tips Wirausaha: 3 Langkah Awal Menjadi Wirausahawan/wati

Langkah pertama: Kenali diri anda
Pikirkan prioritas utama anda saat ini, tanya diri anda sendiri apa yang anda inginkan dalam hidup anda? Jika anda benar-benar ingin melakukan pencapaian baru dalam hidup apa saja yang rela anda korbankan untuk itu? Apakah anda bersedia mengorbankan materi dan juga waktu luang untuk bersantai bersama teman-teman?

Menjadi bos untuk diri sendiri adalah impian dari banyak orang, tapi bisa kita katakan bahwa ada orang-orang yang memang sangat cocok dengan pilihan ini. Maka tanyakan juga pada diri anda apakah anda siap menghadapi banyaknya tanggung jawab seorang diri, mengatasi semua keberhasilan dan kegagalan yang mungkin dimasa depan, bersiap-siap untuk gagal dan menyiapkan mental sebelumnya, berhubungan dengan pelanggan sekaligus juga menyelesaikan permasalahan yang mungkin muncul?

Daftarlah kekurangan dan kelebihan anda secara personal, jujurlah pada diri anda sendiri untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul dalam usaha anda nanti.

Langkah kedua: Bangun pondasi anda
Galilah ide terkait dengan usaha yang ingin anda bangun. Biasanya bisnis dapat dimulai dari ide yang menarik entah itu berkaitan dengan produk atau jasa yang dapat anda sediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat itu. Sesuatu yang dapat mempermudah cara hidup masyarakat dan analisislah apakah ada keluangan yang anda dapat coba untuk mengisi gap kebutuhan itu? 

Mulailah dari diri anda sendiri, adakah sesuatu yang anda inginkan untuk dapat lebih mudah dalam prosesnya dan anda berharap dapat menemukan sarana untuk memberikan solusi? Semakin sedikit pesaing dan orang yang bergerak pada bidang usaha tersebut maka akan semakin baik. Misalnya seperti jasa pengecatan rumah atau jasa melukis dinding kamar yang jasanya bisa diorder secara online. Tentu ini juga berkaitan dengan bidang yang menurut anda menarik dan menjadi bagian dari passion anda. Anda bisa membuat situs internet yang ramah pengguna dan gampang diakses baik menggunakan website ataupun ponsel dengan sistem pembayaran yang baik dan aman dengan menggunakan Dompetku+. 

Langkah ketiga: Lakukan riset pasar
Inovasi dan kemudahan yang anda tawarkan untuk mempermudah kehidupan orang yang membutuhkan produk dan jasa anda tentu tidak semata berdasarkan pada kebutuhan dan bidang yang menarik minat anda. Sebelum menentukan jenis usaha, buatlah daftar usaha apa saja yang menurut anda penting dan kiranya menarik minat masyarakat, kemudian lakukanlah riset pasar yang berhubungan dengan minat masyarakat. Apakah orang-orang akan tertarik dengan jenis usaha yang anda buat? Riset ini sangat penting sebagai analisa awal untuk perkembangan usaha yang anda buat. Jika budget anda untuk ini longgar, maka anda bisa menyewa jasa perusahaan yang ahli dibidang riset untuk ini. Namun jika budget anda terbatas, anda dapat menyelenggarakan riset sendiri melalui metode survey yang anda buat secara online dan disebarkan di media sosial. Jangan lupa sediakan hadiah kecil untuk orang-orang yang mau mengisinya untuk menarik minat. 

Demikian 3 hal dasar yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk berwirausaha. Siap memulai?

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...