Monday, May 8, 2017

KULIAH DI UNIVERSITAS TERBAIK DI JAKARTA DENGAN STUDENT LOAN


Kuliah di universitas terbaik di Jakarta bukan hanya soal memilih kampus yang paling pantas untuk dimasuki, melainkan juga soal bagaimana membiayai pendidikan ke depannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pendidikan hari ini semakin mahal, sehingga para orang tua harus memeras otak dan mencari jalan keluar paling memungkinkan untuk membiayai kuliah anak-anaknya.

Di dunia pendidikan dikenal istilah dana pendidikan, yang biasanya merujuk pada asuransi atau tabungan berbasis pendidikan. Istilah tabungan maupun asuransi pendidikan tentu sudah tidak asing di telinga. Namun masih ada satu lagi istilah yang terkait dengan dana pendidikan, yakni pinjawan siswa atau yang lebih dikenal dengan student loan. Apa itu student loan?

Pinjaman siswa atau student loan merujuk pada sejumlah pinjaman yang bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan belajar dan pendidikan, dan mencakup pula kebutuhan hidup yang diperlukan selama belajar. Dengan karakteristik semacam itu, tidaklah mengherankan bila student loan menjadi permata yang menarik untuk setiap individu yang ingin belajar di universitas terbaik di Jakarta.

Bila berminat kuliah di universitas terbaik di Jakarta, ada baiknya mempelajari karakteristik student loan terlebih dulu, seperti yang akan dijabarkan di bawah:
  1. Di negara maju, sistem student loan diterapkan dengan aturan spesifik. Nah, aturan mengenai student loan bisa berbeda di setiap negara. Akan tetapi satu hal yang jelas: bunga yang dibebankan kepada peminjam biasanya lebih rendah dibandingkan tipe pinjaman lainnya. Jangka waktu pembayarannya pun lebih fleksibel dan lebih lama.
  2. Ada banyak lembaga seperti Koperasi Jasa Siswa Bangsa atau Dana Didik yang dikelola oleh Yayasan Sampoerna Foundation. Mekanisme serta syarat peminjaman pun beragam, dan Anda berkesempatan untuk meraih pinjaman berbunga, pinjaman tanpa bunga, sampai pendanaan lewat mekanisme tertentu seperti Crowdfunding. 
  3. Ada beberapa universitas yang membuka kesempatan bagi para mahasiswanya untuk meminjam uang lewat mekanisme crowd funding. Mereka ini termasuk Sekolah Bisnis Institut Pengembangan Manajemen Indonesia, Universitas Bunda Mulia, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Atma Jaya, Universitas Pelita Harapan, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia, dan Sekolas Bisnis Prasetya Mulya.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...