Tuesday, May 16, 2017

MASALAH SEWA MENYEWA APARTEMEN YANG PALING SERING TERJADI


Pada saat memilh apartemen disewakan, tidak hanya banyak pertimbangan dari segi fasilitas, kenyamanan, hingga budget yang sering menjadi masalah. Namun masih ada banyak masalah - masalah baik internal maupun teknikal yang juga sering terjadi.

Alangkah baiknya jika Anda mengetahui hal - hal umum yang menjadi masalah dalam menyewa apartemen dan bagaimana cara mengatasinya. Sehingga Anda lebih siap jika masalah tersebut terjadi.

Adapun masalah-masalah umum yang sering terjadi saat memilih apartemen yang akan disewakan diantaranya:

Perjanjian Sewa - Menyewa
Umumnya setiap developer atau pemilik apartemen memiliki mekanisme tersendiri dalam hal perjanjian sewa menyewa. Mekanisme paling aman adalah menulisnya dalam kertas pernjanjian yang ditanda tangani dua belah pihak secara resmi. Hal ini dapat menjadi landasan. Namun ada pula beberapa sistem apartemen disewakan yang perjanjianya hanya melalui kata atau verbal. Hal ini tentu lebih sulit dipegang dan tidak dapat dijadikan landasan.

Menyewa Melalui Agen
Menyewa melalui agen memang kadang lebih mudah dan praktis dibandingkan mengurus sendiri. Tetapi yang perlu diketahui adalah agen tidak bertanggungjawab terhadap maintenance apartemen, sehingga jika terjadi apa - apa pada apartemen, agen tidak dapat membantu. Untuk menanggulangi masalah ini, alangkah baiknya mencari tahu siapa pemilik apartemen tersebut. Sehingga ketika ada masalah, Anda dapat menghubungi langsung pemilik apartemen tersebut.

Pemilik Apartemen Masuk Ke Ruang Apartemen
Pemilik apartemen memang memiliki hak masuk ke ruang apartemen, namun hanya sebatas memperbaiki ruangan, atau maintance ruangan apartemen jika terjadi kerusakan. Selain itu anda berhak tidak mengizinkan pemilik apartemen masuk dengan alasan apapun. Jika pemilik apartemen masuk sembarangan. Anda bisa konsultasikan masalah tersebut dengan penasehat hukum.

Pemilik Menjual Apartemen Saat Masih Menyewa

Memang ada kemungkinan seorang pemilik apartemen disewakan menjual apatemen ketika Anda masih memiliki hak menetap. Jika Anda telah mencatumkan dalam perjanjian, Anda dapat menolak ketika diminta tanda tangan.

Apa Yang Terjadi Di Akhir Kontrak
Umumnya seorang penyewa bebas memilih ingin melanjutkan kontrak apartemen disewakan atau tidak. Biasanya ketika masa kontrak habis, pemilik apartemen akan menaikan harga sewa. Anda dapat melakukan negosiasi harga dengan pemilik apartemen. Jika harga tidak sesuai Anda pun bebas menolak atau mencari aparetmen disewakan yang lain.

Penyewa Meninggalkan Apartemen Tanpa Peringatan
Jika penyewa meninggalkan apartemen tanpa peringatan, sebagai pemilik apartemen berhak mendapat bayaran penuh penyewaan apartemen.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...