Friday, December 24, 2021

MENGENAL ARTI DAN ASAL MUASAL CIMOL BESERTA RESEP DAN CARA PEMBUATANNYA

Cimol adalah makanan camilan khas Bandung berupa aci yang digoreng bulat – bulat dan biasanya disajikan untuk menemani waktu bersantai. Dalam bahasa Sunda, Cimol kependekan dari aci digemol, maksudnya adonan cimol yang terbuat dari bahan aci atau tepung kanji digemol untuk dijadikan bulat – bulat kecil lalu digoreng.

Perlu diketahui, ternyata asal-usul olahan cimol ini berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Nah, ditahun 2001, olahan cimol ini dibawa ke Bandung lalu menjadi populer dan banyak masyarakat Bandung yang menggemarinya. Karena penjual cimol ini semakin banyak di berbagai sudut kota Bandung, akhirnya makanan camilan ini dianggap sebagai jajanan khas kota kembang.

Meski cimol merupakan makanan khas dari Bandung, namun cimol saat ini sudah menjadi makanan yang biasa dijual di berbagai tempat. Kini, cimol sudah menjadi jajanan pinggir jalan di berbagai tempat. Cimol pun sering disebut sebagai camilan dari perpaduan cilok dan cireng.

Cimol memiliki bentuk bulat seperti cilok, namun teksturnya mirip dengan cireng, kerenyahan tersebut didapat karena camilan ini diolah secara digoreng. Biasanya cimol dinikmati saat masih hangat dengan bumbu kacang atau bumbu sambal kering seperti barbeque, balado, maupun keju.

Di Bandung, biasanya cimol bisa ditemukan dengan mudah di setiap sudut. Meski demikian, ada satu tempat khas Cimol yang terkenal di Bandung, yaitu di sekitar Jalan Buah Batu Bandung.

Kamu tak perlu repot – repot mencari pedagang cimol di pinggiran, karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dan dijamin tidak akan meledak saat membuatnya.

Kamu juga bisa menggunakan pilihan taburan cimol sendiri dengan taburan cabe maupun aneka bumbu favorit. Berikut dibawah ini resep cimol anti meledak dan anti kempes yang bisa kamu coba sendiri di rumah :

Bahan-bahan :

· Tepung tapioka 250 ml

· Kaldu bubuk ½ sdt

· Merica ½ sdt

· Bawang putih 2 siung, dihaluskan terlebih dahulu

· Air 250 ml

Bahan-bahan Taburan :

· Bubuk cabai

· Pedas, bumbu balado, keju, maupun bumbu favorit lainnya.

Cara Membuat :

· Pertama – tama, didihkan terlebih dahulu air dan bawang putih. Kemudian campurkan tepung tapioka, kaldu bubuk, dan juga merica.

· Tuangkan air dan bawang putih yang sudah dididihkan sebelumnya setengah bagian, lalu aduk dengan spatula. Selanjutnya, tambahkan sisa air sedikit demi sedikit. Hentikan penambahan air jika adonan sudah dapat dipulung.

· Ambil adonan secukupnya lalu dibentuk bulat – bulat hingga semua adonan habis. Goreng adonan yang sudah dibulat – bulat pada minyak yang sudah masak dan masak dengan api kecil. Goreng cimol hingga benar – benar renyah.

· Angkat lalu tiriskan. Cimol bisa dihidangkan selagi panas dengan ditaburi bumbu favorit pilihan kamu.

Didalam pembuatan cimol terdapat manfaat dari salah satu bahan dasarnya, yaitu tepung kanji atau biasanya disebut dengan tepung beras rose brand. Yang mana tepung kanji ini memiliki khasiat yang sangat tinggi, antara lain :

· Baik untuk kesehatan saluran pencernaan

· Baik untuk kesehatan tulang

· Menjaga berat badan agar tetap ideal

· Menjaga tekanan darah

· Mencegah anemia

· Membantu memelihara kesehatan pencernaan

Dengan beriringnya waktu dan perkembangan zaman, cimol saat ini sudah berinovasi hingga bermacam-macam variasi rasa. Dan saat ini terinovasi untuk membuat cimol dengan varian buah sayuran yang mengandung vitamin tinggi. Sehingga selain enak, makanan ini pun sehat dan cocok untuk membantu menjaga pola kesehatan.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...