Tuesday, February 18, 2020

5 REKOMENDASI SITUS LATIHAN TOEFL ONLINE GRATIS UNTUK PERSIAPAN CPNS

Apakah di antara kalian memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri atau daftar CPNS? Jika iya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah tes TOEFL. Tes TOEFL ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dalam bahasa Inggris. Saat ini juga sudah banyak tersedia latihan tes TOEFL online gratis yang bisa diikuti.
Apa Itu TOEFL?
TOEFL itu merupakan singkatan dari Test Of English as a Foreign Language. Dengan kata lain merupakan tes bahasa inggris sebagai bahasa Inggris. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan dalam bahasa inggris tanpa dikaitkan langsung dengan proses belajar mengajar. Perlu diketahui bahwa tes TOEFL berbeda dengan achievement test.

Di Indonesia sendiri ada banyak tempat yang menawarkan layanan tes TOEFL. Salah satu tempat yang sangat rekomendasi jika ingin tes TOEFL offline adalah di beberapa lembaga kursus yang ada di Pare, Kediri Jawa Timur. Namun, di era serba online seperti saat ini sudah tersedia banyak latihan tes TOEFL online gratis yang bisa dicoba. Selain lebih mudah juga tidak perlu mengeluarkan biaya.

Jenis-jenis Tes TOEFL
Selama ini di Indonesia diketahui ada tiga jenis TOEFL, ketiga jenis tersebut antara lain:

1. Paper Based Test atau PBT TOEFL
PBT-TOEFL merupakan jenis TOEFL yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Sistem test yang diberikan pada PBT TOEFL menggunakan paper atau lembaran kertas soal dan lembaran jawaban. Biasanya lembar jawaban harus diisi menggunakan pensil 2B. Materi yang diujikan dalam jenis tes TOEFL ini meliputi Listening, Reading dan Structure.

2. Computer Based Test atau CBT TOEFL
CBT-TOEFL merupakan pengganti dari PBT-TOEFL. Dimana dalam CBT-TOEFL sudah tidak lagi menggunakan lembaran kertas dan telah menggunakan komputer. Semua soal yang diberikan menggunakan software dan setiap soal langsung dikerjakan di komputer. Listening Structure, Reading dan Writing merupakan tes yang akan diujikan dalam jenis TOEFL ini.

3. Internet based Test TOEFL atau IBT TOEFL
IBT-TOEFL merupakan jenis tes TOEFL terbaru yang dikeluarkan oleh ETS dan diperkenalkan sejak tahun 2005. Di Indonesia sendiri mulai diberlakukan tahun 2006 sebagai standar International TOEFL Test yang diakui di dunia. Format dan sistem IBT-TOEFL menggunakan media komputer, tetapi sistem tes menggunakan internet. Sehingga peserta tes langsung online dengan ETS dan bisa langsung menjawab soal-soal secara online. Tes yang diujikan dalam jenis TOEFL ini adalah Listening, Speaking, Writing and Reading.

5 Situs Latihan Tes TOEFL Online Gratis
1. yes.co.id
Sebelum mulai mengerjakan soal tes TOEFL, terlebih dahulu bisa latihan mengerjakan soal TOEFL secara gratis melalui yes.co.id. setiap latihan diberikan 10 soal pilihan ganda dan disusun menyerupai standar soal TOEFL, yaitu Listening, Structure dan Reading. Setelah mengerjakan latihan soal tersebut, akan diketahui gambaran kemampuan bahasa inggris sebelum melakukan test TOEFL sesungguhnya.

2. inggrisonline.com
Dalam situs ini siapa pun bisa mengikuti latihan soal tes TOEFL gratis. Soal yang diberikan berjumlah 20 soal dan masing-masing soal bernilai 5 poin. Durasi waktu yang diberikan adalah 20 menit di setiap sesinya. Peserta juga bisa memulai tes lagi dengan cara mengklik tombol ulangi. Setelah itu akan muncul setelah satu sesi soal selesai dikerjakan. Kemudian nilai akan muncul langsung setelah klik tombol selesai.

3. scholarsofficial.com
Melalui scholarsofficial.com siapa pun bisa mengikuti tes TOEFL online. Namun sebelum mengikuti juga bisa latihan persiapan tes TOEFL. Caranya cukup mudah yaitu akan disediakan link yang berisi soal-soal TOEFL yang harus dikerjakan. Menariknya lagi bisa memberikan komentar di kolom komentar.

4. squaline.com
Squaline.com merupakan situs website yang menawarkan layanan tes TOEFL online. Di mana sebelum memulainya bisa terlebih dahulu mengetahui kemampuan bahasa inggris dengan mengikuti simulasi tes TOEFL di sini secara gratis.

5. toeflgratis.com
Website ini menyediakan latihan mengerjakan tes TOEFL yang bisa dikerjakan secara online. Menariknya lagi, ini bukan hanya latihan mengerjakan soal tetapi juga sebuah latihan tes TOEFL online yang semua soalnya bisa dikerjakan dan setelah itu hasil bisa dicek juga secara online.

Itulah informasi mengenai 5 situs latihan tes TOEFL online secara gratis. yang harus diwaspadai. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal tes TOEFL? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...