Friday, April 10, 2020

TIPS MEMULAI USAHA SAAT PANDEMI


 
Berita tidak baik tentang covid ini semakin hari semakin membuat cemas. Banyak PHK, unpaid leave dan lainnya. Beberapa merasa bingung dengan keadaan tabungan menipis pun dana darurat kepake buat hidup karena tidak adanya penghasilan. Lalu apa yang harus kita lakukan? Banyak orang disekitarku yang akhirnya memilih untuk membuka usaha sesuai dengan passionnya. Ada yang jualan makanan, jualan baju dan lainnya. Kamu pasti sempat kepikiran kesana kan? Tapi sebelum gegabah memutuskan mau bikin usaha simak dulu hal-hal yang wajib kamu kantongi agar usaha kamu bisa berjalan seperti rencana.

Rencana Bisnis yang Matang
Perencanaan adalah hal yang memegang peran penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Business plan rumusan dari segala sesuatu yang didalamnya terdapat tujuan usaha, branding, posisi usaha, target pasar, kelemahan dan kelebihan usaha, apa yang mau dijual serta bagaimana rencana pemasarannya. Diskusikan juga bagaimana jika nanti gagal? Piutang usaha atau utang usaha meningkat tidak sejalan dengan proses produksi? Vendor yang mensuplai bahan baku bangkrut atau berhenti beroperasi karena satu dan lain hal? Sebelum memulai bisnis maka rumuskan segala hal dalam rencana bisnis. Tidak perlu buru-buru untuk memperoleh hasil yang baik dibutuhkan waktu.

Keuangan Usaha
“Kak aku mau buka usaha untuk menghasilkan uang tapi aku tidak memiliki uang, apa yang harus aku lakukan?”

Pondasi usaha atau bisnis itu ada di rencana bisnis atau business plan termasuk keuangan. Jika kamu tidak memiliki modal, awalnya kamu bisa mengumpulkan modal dengan sistem DP dan dropship. Ketika modal sudah terkumpul kamu harus mulai memisah modal ke pos-pos penting dalam keuangan kamu. Memisahkan modal usaha dengan pengeluaran pribadi, menghitung biaya-biaya diluar bahan baku dan biaya overhead dan lainnya.

Frugal Living
Keadaan ekonomi sedang tidak bagus dan ini merupakan tahapan awal kamu berbisnis jadi penting buat kamu untuk menerapkan frugal living dikehidupan kamu. Frugal living adalah kebiasaan hidup memprioritaskan hal yang perlu daripada tidak perlu. Misalnya kamu menghindari ajakan teman untuk chit and chat bersama teman di cafe kekinian untuk menghemat beberapa ratus ribu uang yang kamu miliki atau kamu menahan beli sepatu baru karena sepatu lama masih bagus. Tahan tahan yaa

Pemasaran
Bisnis ini merupakan bisnis yang baru dirintis jadi kamu bisa memaksimalkan metode pemasaran yang seminimal mungkin menghemat anggaran. Pemasaran dengan cara apa? Manfaatkan media sosial, belajar survei, manfaatkan world of mouth dan banyak hal lain yang bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan uang.

Belajar
Setiap sistem membutuhkan evaluasi sama seperti usaha atau bisnis. Evaluasi tersebut merupakan bagian dari pembelajaran. Selain evaluasi kita perlu banyak belajar untuk memajukan usaha. Belajar bisa dari banyak hal, dari usaha orang lain yang sudah lebih dahulu ada, buku, seminar, dan lainnya. Jangan pernah berhenti belajar dan melakukan improvisasi terhadap usaha kamu demi bisa survive di dunia yang keras ini.

Poin-poin diatas merupakan hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun usaha ditengah pandemi. semoga kita bisa survive smapai pandemi ini berakhir. Kalau sudah punya usaha atau sudah melakukan tips diatas silakan komen ya. Semangat!

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...