Monday, February 17, 2020

LULUSAN TEKNIK LINGKUNGAN KERJA APA? TAK PERLU KHAWATIR INI DAFTAR PELUANGNYA

Sebelum memutuskan ingin mengambil jurusan sebaiknya pertimbangkan prospek dan peluang kerja setelah lulus seperti apa, apakah menjanjikan atau tidak. Salah satu jurusan yang memiliki prospek cerah adalah teknik lingkungan. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari permasalahan lingkungan yang terus muncul.
Bahkan suatu industri, institusi pemerintah dan juga swasta selalu membutuhkan ilmu lingkungan. Dengan prospek cerah yang dimaksud, sebenarnya lulusan teknik lingkungan kerja apa sih? Simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Jurusan Teknik Lingkungan?
Dari namanya saja sudah diketahui jika jurusan ini mempelajari tentang lingkungan dan permasalahannya, serta mencarikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. selain itu juga memikirkan pencegahan terjadinya masalah yang akan terjadi di masa depan.

Jurusan teknik lingkungan merupakan salah satu jurusan yang berada di fakultas teknik. Hal ini karena selama proses penyelesaian masalah lingkungan membutuhkan keberadaan teknologi untuk mempermudah kerja manusia serta meminimalisir terjadinya human error.

Pada umumnya jurusan teknik lingkungan diberikan materi tentang pemantauan kualitas tanah, air dan udara, pengelolaan sampah, perencanaan pengelolaan air minum, sistem penyediaan air minum, sistem pengelolaan buangan cair, gas dan padat, sistem drainase, sanitasi dan pengendalian tingkat pencemaran maupun pengelolaan dampak lingkungan. Lalu, Lulusan Teknik Lingkungan Kerja Apa?

1. Ahli Ekologi
Menjadi ahli ekologi adalah salah satu jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan lulusan teknik lingkungan kerja apa. Tugas dari seorang ahli ekologi adalah melakukan penelitian pada suatu ekosistem lingkungan, sehingga sering berkutat di lingkungan sekitar.

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kondisi udara, polusi dan identifikasi potensi perusak lingkungan. Biasanya ahli ekologi ini bekerja di laboratorium, kebun binatang, dan sebagainya.

2. Konsultan Lingkungan

Lulusan teknik lingkungan juga bisa bekerja sebagai seorang konsultan lingkungan. Saat ini konsultan lingkungan sangat dibutuhkan terutama dalam proses pembangunan infrastruktur dan proyek lainnya. Tujuannya untuk memastikan proyek yang dilakukan ramah lingkungan atau tidak.

Supaya bisa bekerja menjadi konsultan lingkungan di suatu perusahaan besar tentunya harus diimbangi dengan skill atau pemahaman mumpuni tentang lingkungan. Beberapa perusahan yang membutuhkan konsultan lingkungan adalah PT Environesia Global Saraya dan PT Mitralab Buana.

3. Manajer Lingkungan
Jawaban tepat untuk pertanyaan lulusan teknik lingkungan kerja apa selanjutnya adalah menjadi seorang manajer lingkungan. Akan tetapi jika ingin memiliki profesi ini diharuskan memiliki pengalaman yang banyak serta sertifikat tertentu.

Manajer lingkungan memiliki lingkup pekerjaan yang sangat menarik serta penuh tantangan. Lebih menariknya lagi penghasilan yang diperoleh juga sangat besar. Jika sudah berpengalaman penghasilannya mencapai belasan juta rupiah.

4. Insinyur Energi

Lulusan teknik lingkungan banyak yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang energi. Lulusan teknik lingkungan dibutuhkan untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan perencanaan lingkungan yang baik, sehat serta aman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lulusan teknik lingkungan juga dibutuhkan untuk menganalisis AMDAL suatu perusahaan, serta memastikan apakah operasional perusahaan sudah berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku atau tidak. Mengingat pekerjaan ini begitu kompleks maka suatu perusahaan bisa berani memberikan gaji hingga belasan juta rupiah.

5. Dosen Teknik Lingkungan
Para lulusan teknik lingkungan yang memiliki passion di dunia mengajar maka bisa mendaftar menjadi dosen. Bisa menjadi dosen di universitas negeri atau swasta. Akan tetapi sebelum menjadi dosen terlebih dahulu harus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 dengan jurusan linier.

Setelah lulus S2 selanjutnya bisa mendaftar sebagai seorang dosen. Sebagai dosen pemula gaji yang diberikan tidak sedikit, ada yang satu bulan menerima gaji sebesar 5 juta rupiah. Jadi profesi yang satu ini bisa dipertimbangkan.

6. Staff Daur Ulang
Dan pertanyaan lulusan teknik lingkungan kerja apa yang terakhir dapat dijawab dengan menjadi staff daur ulang. Biasanya perusahaan pengelolaan limbah membutuhkan lulusan teknik lingkungan. Keberadaannya diperlukan untuk memastikan proses daur ulang limbah supaya bisa berjalan dengan baik dan aman bagi lingkungan.

Memahami pengetahuan perihal lulusan teknik lingkungan kerja apa menjadi hal yang penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar alumni lulusan ini dapat menggunakan ini sebagai referensi profesi menjanjikan di masa mendatang.

Itulah informasi mengenai jawaban dari pertanyaan lulusan teknik lingkungan kerja apa?. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan teknik lingkungan? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...