Sunday, September 11, 2016

TIPS UNTUK TRAVELING SESUAI BUDGET


Semakin marak hobi traveling, seiring dengan perkembangan sosial media yang menawarkan pemakainya untuk banyak berbagi foto-foto bagus dan unik yang diperoleh dari perjalanan. Foto-foto bagus dan hobi fotografi membutuhkan hunting tempat yang juga bagus, maka traveling berkembang menjadi hobi dari banyak kalangan. Entah karena adanya kepentingan atau hanya untuk bersenang-senang.

Namun traveling lebih sering dinilai merupakan hobi yang lebih cocok untuk kalangan tertentu dengan budget lebih saja. Padahal siapapun juga bisa traveling, karena traveling tidak berarti bahwa kita akan menghabiskan banyak uang untuk tiket pesawat mahal dan hotel berbintang. Banyak kok pilihan traveling ramah dompet yang bisa membuat kamu sampai dan menikmati tempat tujuan impianmu.

Bagaimana caranya?

#1 Cari tahu tentang tiket murah kereta, pesawat atau kapal
Hari gini apa yang tidak tersedia di internet? Kamu bisa memanfaatkan koneksi internet untuk mencari tahu seputar promo tiket murah yang tersedia untuk tempat yang kamu mau. Misalkan harga tiket pesawat menurutmu masih mahal, kamu bisa menempuh perjalanan via bus, kereta atau kapal laut dan ferry. Mungkin memang membutuhkan waktu yang lebih lama dengan perjalanan via kereta, bus dan kapal laut tapi akan lebih murah dan bersahabat di kantong kamu. Tentu hal ini harus disesuaikan dengan waktu liburan yang bisa kamu alokasikan untuk perjalanan ini.

#2 Cari tahu akomodasi murah
Lakukan survey dan riset secara online ke hotel atau penginapan murah di tempat tujuan travelingmu yang dapat kamu pilih. Buat daftar dan sertakan kekurangan-kelebihan penginapan tersebut juga review pelanggan yang pernah menginap disana. Ingat bahwa akomodasi yang ingin kamu pilih ini degan tujuan menghemat budget, tidak harus kualitas VVIP yang penting nyaman dan aman untuk sekadar istirahat. 

Jika kamu memiliki teman yang berdomisili di kota tempat tujuanmu tentu lebih menyenangkan, kamu bisa mengunjungi mereka, membawakan oleh-oleh dan menginap di rumah mereka. Kalian bisa menghabiskan waktu berlibur bersama dan tentu saja aka lebih hemat budget.

#3 Persiapkan diri terhadap semua kemungkinan
Traveling apalagi jika kamu melakukannya sendirian sebagai solo traveller tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa persiapan. Persiapan itu adalah membawa baju ganti, dalaman, pakaian hangat, perlengkapan mandi dan kebutuhan sehari-hari yang kemungkinan akan kamu perlukan di perjalanan. Jangan lupa juga membawa obat-obatan ringan seperti obat flu dan demam atau obat maag jika kamu memiliki sakit maag. 

Traveling akan lebih aman jika kita juga memiliki asuransi kesehatan, beragamnya asuransi kesehatan di Indonesia dapat kita pilih berdasarkan kemampuan keuangan dan kebutuhan kita. Asuransi membuat kegiatan traveling atau backpacking kita worry-free karena jika terjadi sesuatu dalam perjalanan misalnya kita sakit mendadak dan harus dirawat di rumah sakit kita tidak perlu khawatir dengan biayanya lagi jika sudah memiliki asuransi.


Jika kamu bingung menentukan pilihan atau ingin melihat-lihat dulu produk asuransi, kamu bisa mengunjungi situs Futuready.com. Futuready adalah supermarket asuransi onlie yang salah satu produknya adalah asuransi kesehatan di Indonesia. Futuready memungkinkan kamu untuk melakukan riset terhadap aneka produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

#4 Isi waktumu dengan aktivitas yang 'murah'
Di tempat tujuan traveling nanti, kamu juga masih bisa tetap berhemat kok. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi tempat-tempat atau atraksi yang terbuka untuk umum secara gratis atau yang memiliki harga tiket murah. Kamu juga bisa membawa bekal mie cup dari rumah untuk pertolongan pertama pada rasa lapar alih-laih membeli makanan dekat objek wisata. Pilihlah jalan kaki daripada ojek atau transportasi lainnya jika kamu harus berjalan dengan jarak yang tidak terlalu jauh menuju tempat tujuanmu. Untuk menghindari tersasar, tanyalah kepada orang di jalan yang terlihat ramah dan bersedia membantumu sehingga kamu tidak perlu menyewa tour guide. Jika tujuan travelingmu di luar negeri, kamu bisa mengunjugi tourist information center terdekat jika ingin bertanya  tentang tujuan wisata yang ramai dikunjungi di tempat tersebut.

7 thoughts:

Gustyanita Pratiwi said...

Iya nyin, akhir2 ini aku juga suntuk banget, pengen traveling kemana gitu, yang jauh sekalian hihihi

Son Agia said...

Emang sih, sekarang mah kalo mau jalan-jalan harus diperhitungkan segala sesuatunya. Dimulai dari budget, tempat, dsb. Soalnya sekarang mah udah banyak 'intrik', terutama kalo pake jasa agensi. (oke, Son Agia sedang berhipotesis sotoy)

SUCIATI CRISTINA said...

Udah lama bgt ngga halan2 nind... Keren euy, rajin update srmuanya ya nind ^^

Kang Nurul Iman said...

Kalau saya mah pake kendaraan pribadi saja mbak biar lebih irit ya walaupun cuma bensin yang harus di isi.

zata said...

penting banget ada asuransi pas jalan2, karena jalan2 seru kita bisa berantakan kalo ada apa2.. sedia payung sebelum hujan jadinya yaa..

Meriska Putri W said...

Yes, kalo mau murah justru persiapannya emang harus sematang mungkin.. itinerarynya kudu jelas.. aku pernah sok gampangin, sampe tempat malah tekor banyak,, haha

retno said...

Yup..beberapa orang menganggap travelling adalah bagian jiwa, beberapa sebagai hobby tapi ada juga yang gaya hidup..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...