Saturday, September 25, 2021

8 CIRI-CIRI ORANG HAMIL DARI RAUT WAJAH

Ternyata selain dengan melakukan tes kehamilan untuk melihat apakah hamil atau tidak. Raut wajah seseorang juga dapat menunjukkan apakah orang tersebut sedang hamil atau tidak.

Perubahan pada raut wajah orang hamil biasanya disebabkan karena adanya perubahan hormone yang ada di dalam tubuh karena masa kehamilan.

Berikut 8 ciri-ciri orang dilihat dari raut wajah

Pregnancy Glow
Pada orang hamil perubahan raut wajah dapat dilihat salah satunya adalah wajah yang Nampak lebih cerah atau biasa disebut dengan pregnancy glow. Hal ini disebabkan karena pada masa kehamilan terjadi peningkatan volume darah yang menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih banyak sehingga wajah terlihat lebih cerah.

Flek Hitam (Melasma)
Flek hitam dapat muncul pada ibu hamil. Hal ini menjadi salah satu permasalahan kulit yang biasa terjadi pada orang hamil. Flek hitam ini tidak berbahaya bagi janin dan akan menghilang dengan sendirinya setelah melewati masa kehamilan.

Penggunaan sunscreen dapat membantu mengurangi efek melasma dan mencegahnya menjadi lebih parah.

Munculnya Jerawat
Pada orang yang sedang hamil akan terjadi perubahan kadar hormon yang ada di dalam tubuh. Perubahan hormon ini dapat menyebabkan peningkatan sebum atau minyak pada kulit. Peningkatan minyak pada kulit ini dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan munculnya jerawat.

Umumnya ketika hormon pada tubuh kembali normal, jerawat yang muncul akan berkurang. Selain itu, ibu hamil juga tetapt dapat menggunakan skincare untuk merawat kulit wajah dengan catatan bahwa skincare yang digunakan aman untuk ibu hamil.

Wajah Bengkak
Wajah yang bengkak dapat dialami oleh ibu hamil. Pembengkakan pada wajah ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar cairan di dalam tubuh. Biasanya pembengkakan selain di wajah juga akan terjadi pada bagian tubuh lainnya seperti pada bagian tangan dan kaki.

Mengompres air dingin dapat membentu mengecilkan pembengkakan serta sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam.

Pembuluh darah terlihat (spider veins)
Spider veins merupakan kondisi dimana pembuluh darah menjadi terlihat dan berwarna kemerahan serta bercabang. Hal ini disebabkan karena peningkatan sirkulasi darah pada ibu hamil. Spider veins biasanya akan terlihat pada bagian wajah, dada, leher dan lengan atas. Kondisi ini tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya masa kehamilan telah usai.

Kulit Wajah Memerah
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pada orang yang sedang hamil akan terjadi peningkatan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi darah ini juga akan menyebabkan wajah menjadi memerah.

Kondisi ini akan menghilang setelah melahirkan dan tidak akan berpengaruh buruk pada janin di dalam kandungan.

Tahi Lalat di Wajah Lebih Gelap
Orang yang sedang hamil akan mengalami berbagai perubahan kadar hormon. Perubahan kadar hormon ini terutama hormon progesterone dan esterogen. Kedua hormon ini dapat mempengaruhi sel melamin yang mana akan berpengaruh pada pigmentasi kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan tahi lalat menjadi lebih gelap dari sebelumnya. Namun kondisi ini tidak berbahaya untuk janin.

Hidung Bengkak dan Mata Sembab
Peningkatan sirkulasi darah juga berpengaruh pada membran mukus. Hal ini dapat menyebabkan hidung orang hamil akan cenderung terlihat bengkak.

Kondisi mata yang sembab biasanya disebabkan karena kondisi ibu hamil yang kurang tidur dan istirahat. Sebaiknya dalam keadaan hamil harus selalu memperhatikan waktu tidur dan istirahat.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...