Sunday, November 1, 2020

TIPS SEHAT KALA MUSIM PENGHUJAN


Memasuki bulan November ini musim penghujan semakin terlihat. Kota yang dikenal dengan letak paling dekat dengan matahari seperti di-meme pun rasanya menjadi sejuk. Namun berbeda dari musim penghujan sebelumnya, tahun ini musim penghujan menjadi begitu istimewa. Kenapa? Tidak lain karena musim penghujan ini bertepatan dengan masih diselimutinya dunia dengan pandemi virus corona. Saya ingat betul bagaimana beberapa bulan lalu berharap musim kemarau mampu membantu virus ini tidak berkembang biak. Banyak kekhawatiran saat musim penghujan dikala pandemi virus corona ini.

Kebiasaan mencuci baju setelah bepergian masih harus dilakukan untuk menghentikan penyebaran dan sebagai proteksi diri. Namun pada musim penghujan baju kering akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama dan keringnya pun tak akan sesempurna kering dengan matahari. Belum sampai disitu, ketika hujan datang kita tetap harus memproteksi diri yang akan membuat masker menjadi basah kuyub. Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan penggunaan moda tranportasi publik yang lebih aman tidak terkena hujan.

Banyak hal yang mempengaruhi aktivitas kita saat musim penghujan saat pandemi, lalu proteksi apa yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan imun? Let’s check it out!

Tidur Cukup
Waktu tidur yang cukup mampu mempengaruhi seluruh aktivitas kita dalam sehari. Tidur yang cukup membuat lebih mudah berpikir, mudah fokus serta berkonsentrasi. Rentang waktu tidur yang ideal adalah delapan jam dan tidak dihitung waktu tidur siang. Usahakan untuk segera tidur pada pukul 21.00 dan mulai aktivitas pada pukul 05.00 atau 06.00. memulai aktivitas akan terasa lebih menyegarkan dan menyenangkan dengan waktu tidur yang cukup

Minum Vitamin C
Untuk meningkatkan performa tubuh saat pandemi dan musim penghujan kita perlu minum vitamin C secara rutin satu kali sehari. Selain minum vitamin C, kamu bisa minum air hangat yang dicampur dengan air lemon sebagai pengganti vitamin C, madu bisa ditambahkan juga untuk mengurangi rasa asam dari lemon.

Makanan
Makanan yang kita makan pun harus diperhatikan karena input akan menentukan output. Makanan yang wajib dimakan adalah makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengurangi makanan yang kurang sehat seperti penggunaan minyak berlebihan. Musim penghujan identik dengan flu dan batuk maka gorengan adalah hal yang wajib dikurangi pada musim penghujan.

Sedia payung sebelum hujan
Barang yang wajib dibawa saat sebagai proteksi diri adalah payung dan jas hujan. Payung dan jas hujan akan melindungi diri kamu dari air hujan. Berhubung selain musim penghujan dan juga pandemi jangan lupa tetap memakai masker dalam segala kondisi.

Hal diatas adalah proteksi yang aku lakukan pada musim pandemi dan musim penghujan caramu bagaimana?


0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...