Saturday, November 28, 2020

PENDIDIKAN INDONESIA KINI DAN ESOK

source dokumen pribadi 
Pendidikan Indonesia saat ini sudah sampai level bagaimana sih? Pandemi ini membuat semua pihak membuka mata pada kondisi pendidikan di Indonesia. Kondisi ketimpangan dan tidak ratanya distribusi ilmu di Indonesia. Sering dengar headline yang membahas bahwa ada anak sekolah yang memerlukan waktu beberapa jam untuk dapat ke sekolahnya dengan sulitnya medan demi ilmu? Atau mendengar bahkan membaca fenomena guru mengabdi di pedalaman dengan gaji puluhan ribu? Saya tidak tahu harus sedih atau sedih banget melihat realita ini karena banyaknya headline rupanya tidak cukup untuk membawa gerakan pasti. Terutama pada pandemi ini, kondisi yang telah parah semakin berjarak karena pandemi. dapat dibayangkan sebelum pandemi saja mereka kesusahan menuju ke sekolah apalagi pandemi yang butuh protokol kesehatan yang memadai. Mendapatkan ilmu dari kurikulum yang ditentukan saja sudah bersyukur sekali, apalagi membayangkan belajar melalui media daring. Gawai saja tidak memiliki apalagi mengoperasikannya. 

Situasi yang sama juga terjadi di kota, kegiatan belajar terpaksa dihentikan namun kondisi ekonomi membuat anak-anak tidak dapat belajar dengan baik. Bukan Indonesia jika tidak ada gotong royong saat masalah ini mulai terdengar. Beberapa mengadakan donasi untuk membelikan ponsel bagi anak-anak yang memerlukan, beberapa mengadakan donasi ponsel bekas yang tidak terpakai untuk digunakan hingga membuka posko khusus belajar daring dengan disediakan wifi, ponsel dan listrik secara gratis. Salah satu yang menjadikan indonesia menjadi negara paling ramah ya karena ini, kalau ada yang kesusahan maka akan berbondong memberikan pertolongan. Lantas menurut kalian perbaikan seperti apa sih dapat dilakukan di Indonesia?

Kesejahteraan pendidik
Bagaimana berharap pendidikan akan mengarah ke arah yang baik jika tidak ada apresiasi atas perjuangan para pendidik? Pendidik merupakan akar pembentukan pengetahuan anak bangsa yang bahkan gajinya tidak lebih dari 100.000. Pernah terjadi di Twitter ada yang share slip gaji guru yang jumlahnya hanya puluhan ribu, dapatkah dia bertahan hanya dengan uang tersebut? Saya angkat topi pada perjuangan beliau-beliau. Saya berharap tenaga pendidik mendapatkan kenaikan kesejahteraan sama seperti negara lain yang memperhatikan kesejahteraan pendidiknya. saya membantu para pendidik dengan menjadi volunteer mengajar di bebrapa organisasi. Cara tersebut saya lakukan sebagai peran generasi muda untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia

Pendataan sekolah
Saya tidak tahu apakah seluruh sekolah di Indonesia ini sudah terdata dengan baik atau belum karena masih terdapat sekolah yang tidak terjamah oleh perhatian pemerintah setempat. Beberapa aktivis bahkan melakukan penggalangan dana untuk melakukan perbaikan sekolah hingga perbaikan sumber daya dengan mendatangkan guru untuk mengajarkan skill yang tidak diajarkan pada pelajaran sehari-hari. Indonesia memang terlalu kompleks karena terdiri dari banyak pulau dan banyak manusianya sehingga membuat segalanya menjadi susah diatasi. Namun tetap saja ada harapan suatu saat hal ini dapat diperbaiki.

Penyetaraan Pendidikan
Saya sangat mendukung hal yang telah dilakukan pemerintah dengan memberikan banyak beasiswa bagi putra-putri daerah timur. Semakin besarnya perhatian pemerintah pada penyetaraan pendidikan di suatu daerah maka dapat membuat daerah tersebut dapat mengimbangi laju percepatan daerah lainnya. Saya tidak membayangkan jika harga BBM di jawa dan luar jawa akan memiliki nominal yang sama. Saat saya dapat berpindah dari satu kota ke lainnya hanya dalam hitungan jam maka teman saya yang berada di luar jawa juga dapat melakukan hal yang sama. Ketika semua warga negara telah mendapatkan fasilitas yang sama maka kita sudah mengalami perubahan satu langkah didepan. Saya percaya mimpi tersebut dapat terwujud dengan satu kunci, pendidikan yang merata. Oleh sebab itu beasiswa-beasiswa harus semakin digencarkan pada daerah terpencil dan pedalaman untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraannya.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...