Sunday, December 10, 2017

ANEKA RESEP MINUMAN TRADISIONAL YANG PALING DIKENAL DI INDONESIA

kreasi padu padan minuman tradisional
Kita hidup di negara yang kaya akan budaya, tidak bisa kita sangkal bahwa budaya yang beragam itu mempengaruhi banyak hal dalam bermasyarakat dan kehidupan sehari-hari. Mulai dari bahasa daerah yang berbeda-beda, adat dan kebiasaan tiap suku yang berbeda-beda. Sama seperti perbedaan yang membentuk karakter-karakter khusus yang spesial tersebut, demikian juga dengan makanan dan minuman khas masing-masing tiap daerah.

Baik makanan maupun minuman khas daerah itu biasanya berasal dari resep tradisional yang dikonsumsi secara meluas pada masyarakat yang tinggal disuatu daerah dan menjadi kebiasaan. Tidak jarang, keeksotisan makanan dan minuman khas tiap daerah menjadi tujuan utama wisata kuliner bagi para traveler yang selalu diburu disetiap kunjungan mereka ke suatu daerah. Karena tentu saja tidak hanya uniknya racikan bumbu dari menu-menu makanan dan minuman tersebut yang kemungkinan besar tidak bisa kita temui di daerah lainnya, ada kalanya nama makanan dan minuman yang sama atau mirip antara satu daerah dan daerah yang lain namun memiliki bahan dan rasa yang benar-benar berbeda.

Namun kita semua juga pasti sudah tidak asing lagi dengan budaya merantau yang juga tidak kalah mengakar dari berbagai kalangan masyarakat di negara kita dengan berbagai tujuan. Baik arus urbanisasi, transmigrasi, perdagangan dan sebagainya sehingga terjadi bertemunya masyarakat antar daerah yang secara tidak langsung selain bertemu dan bertukar antar kepentingan juga terjadi pertukaran budaya. Sehingga tidak heran terdapat peleburan-peleburan budaya setempat, bahkan pada elemen sehari-hari seperti makanan dan aneka resep minuman tradisional.

Secara umum dibawah ini beberapa minuman yang sebenarnya minuman tradisional dan resep mudah untuk membuatnya, namun telah dikenal luas dan tidak asing lagi menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat di berbagai daerah. Ini menyebabkan beberapa minuman tradisional berikut ini adalah minuman khas nusantara:

#1 Jahe Hangat
Jahe hangat dikenal dengan nama yang berbeda-beda di tiap daerah. Ada yang menyebutnya minuman air jahe hangat, air jahe dan wedang jahe. Cara membuatnya sangat mudah hanya memerlukan jahe yang digeprek, gula dan air hangat/panas. Sangat cocok untuk menghangatkan badan ketika cuaca hujan.

#2 Es Cendol
Nama minuman yang ini juga beragam, dari mulai es cendol, es dawet maupun dawet ayu. Banyak yang menyatakan bahwa minuman ini sebenarnya khas Banjarnegara namun akrab ditemui dimanapun dengan cara penyajian yang berbeda-beda tergantung selera penduduk setempat. Pengolahannya berupa tepung beras yang dijadikan cendol, parutan es, santan yang banyak dan gula merah. Es cendol merupakan salah satu menu minuman jalanan yang tidak pernah sepi peminat.

#3 Es teler
Sebut saya es teler, kita bisa yakin dimanapun kita berada di penjuru indonesia hampir tidak ada orang yang tidak tahu apa itu es teler. Campuran minuman yang terdiri dari parutan es batu melimpah, alpukat, cincau, kelapa muda, buah nangka dan susu kental manis ini senantiasa memiliki banyak penggemar. Tidak hanya dijajakan di warung-warung tenda, minuman yang satu ini juga jenis minuman tradisional yang banyak kita jumpai di restoran-restoran besar masakan khas daerah dari mulai khas jawa, sunda bahkan restoran fussion food.

Mana yang paling kamu suka diantara ketiganya?
Selain ketiga minuman diatas, apalagi minuman tradisional yang paling sering kamu temui dimanapun saat sedang traveling di Indonesia?

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...