Wednesday, December 20, 2017

MALANG KOTA PELAJAR, SEPERTI KAMPUNG HALAMAN KEDUA

Jatim Park 3
Seperti halnya Bogor yang menjadi daerah wisata utama di Jawa Barat karena udara sejuk, dan wisata alamnya yang ada banyak pilihan, demikian juga kota Malang di Jawa Timur. Dengan udara yang sejuk karena secara letak geografis dikelilingi oleh gunung, Malang menjanjikan banyak pilihan wisata alam.

Mau tahu mengapa Malang adalah kota yang paling tidak sekali harus kamu kunjungi?

Pilihan transportasi yang cukup memadai, jumlah hotel yang banyak mulai dari kelas penginapan sampai sekelas hotel berbintang dengan tariff relatif mahal, pusat perbelanjaan yang nyaman dan memadai dan destinasi-destinasi kuliner yang menarik untuk dicicipi karena selain enak, harganya juga sangat terjangkau. Kesemuanya menjadikan kota Malang memiliki semua aspek yang dibutuhkan kebanyakan orang untuk quick escape dari rutinitas dan kesibukan.

Memiliki panorama alam yang menarik, pengunjung kota ini tetap bisa kok melipir sebentar ke pusat perbelanjaan terdekat kalau-kalau ingin membeli sesuatu sebagai oleh-oleh bahkan untuk nonton bioskop nyaman juga bisa. Malang yang dikenal sebagai kota pelajarnya Jawa Timur karena banyaknya Kampus yang saling berdekatan serta penduduk kota ini yang seolah didominasi oleh pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah juga memiliki banyak cafe-cafe serta tempat nongkrong yang tidak kalah banyak.

Selain menjual menu makanan dan minuman yang unik, dekorasi interiornya juga terkonsep dengan baik sehingga menarik minat pengunjung untuk mampir dan berfoto karena interiornya yang instagramable. Namun, karena target customernya kebanyakan mahasiswa dan pelajar maka cafe-cafe ini memiliki menu yang dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau tidak seperti umumnya kota-kota besar.

Pendeknya, Malang memiliki semua hal yang kita cari dari sebuah kota wisata. Pilihan wisata alam yang cantik, objek wisata buatan yang terkonsep dan hanya ada satu-satunya di indonesia, serta sebagai kota kedua dengan fasilitas hiburan terlengkap di Jawa Timur setelah Surabaya, kita tetap bisa menikmati tempat-tempat wisata di kota ini pada siang hari dan menikmati fancy dinner di mall terdekat. Menarik kan?

Berikut ini tempat-tempat yang saat ini recommended untuk dikunjungi di Malang tahun 2017:
#1 Jatim Park 3
#2 Soto daging dan susu segar hangat di Kedai Koperasi Susu Batu
#3 Jank-jank chicken wings
#4 Sambel bawang Mbok Jayus
#5 Amstirdam Coffee Roastery

Baca juga: WARUNG KHAS BATU - DESTINASI KULINER YANG SAYANG UNTUK DILEWATKAN

Karena populasinya yang seolah didominasi oleh mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, maka Malang adalah kota yang selalu memiliki daya tarik khusus bagi mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan dan kembali ke daerah asal atau bekerja di kota-kota lain. Pastinya banyak kenangan yang memorable dan selalu menarik mereka untuk suatu saat kembali.

Demikian juga kami dan seorang rekan yang dulunya mengenyam bangku kuliah di Malang dan bekerja di ibu kota. Kota Malang selalu memiliki daya tarik tersendiri yang membuat kami selalu ingin kembali, sebagai turis yang merasa pulang kampung.

Menjelang liburan akhir tahun, rekan kami ingin menghabiskan jatah cuti tahunannya dengan berkunjung ke destinasi Malang bersama kami. Kami yang sudah tidak berdomisili di ibu kota lagi dan lebih dekat dengan kota Malang, dia percaya untuk mengarrange jalan-jalan nostalgia kembali ke Malang - yang saat ini tentu saja sudah banyak mengalami perubahan.

Setelah sepakat bahwa dia terima beres dan kami yang arrange semua rencana, kami melihat bahwa kami bisa menyamakan rencana perjalanan dengan pengambilan cuti 27 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018.

Karena pilihan pesawat dari Jakarta-Malang tidak banyak, selain bahwa transportasi yang sulit dari bandara Malang ke tengah kota, maka kami memutuskan agar si rekan berangkat dengan pesawat dari Jakarta ke Surabaya terlebih dahulu. Pilihan jam bisa menyusul, namun yang pertama kami harus mengetahui budget minimal yang harus disisihkan terlebih dahulu.

Segera kami membuka website Traveloka yang merupakan situs perjalanan favorit kami semenjak masih sama-sama tinggal di ibukota karena praktis, terpercaya dan cepat dalam penanganan komplain. Kami memilih menggunakan fitur flight + hotel karena mudah, cepat sehingga saving time jadi kami langsung bisa menjadi gambaran praktis berapa banyak budget yang harus dialokasikan.

Jika sudah mantap booking, fitur ini juga sangat bermanfaat, tidak hanya lebih cepat dalam arrange agenda traveling tapi juga membantu memperkecil budget perjalanan secara keseluruhan. Booking pesawat + hotel sekaligus menggunakan fitur dari Traveloka ini membantu menghemat budget Traveling kita sampai sebesar 20% dari total budget transportasi dan hotel loh!

Dengan acara liburan akhir tahun yang tidak hanya satu dua hari saja, maka kami sepakat untuk menekan budget semurah mungkin, maka hasil pencarian paket pesawat hotel Traveloka saya urutkan mulai dari yang paling murah alias lowest price.

Sementara sih ini pilihan kami:
Alasannya sederhana sih, selain murah dengan harga sekitar 200,000 saja per malam. Lokasinya juga sudah kami ketahui dan dekat sekali ke tengah kota dan akses transportasi. Dekat juga dengan pusat perbelanjaan dan destinasi kuliner yang recommended.

Ada wifi, resepsionis yang stay terus 24 jam. Meskipun tidak ada fasilitas AC namun lokasi ini cukup dingin apalagi di musim hujan seperti ini sehingga tidak akan menjadi masalah.

Bisa dilihat kan penghematan yang kami lakukan sebanyak 14%  yaitu sekitar 457,000 dibanding jika kami melakukan pemesanan secara terpisah . Lumayan lah bisa dipakai untuk transportasi by travel rekan kami dari bandara Juanda hingga hotel yang kami sewa di Malang, sewa mobil beserta sopirnya untuk jalan-jalan selama kurang lebih 6 hari di Malang.

Rekan kami bilang, dia sedang di jalan dan tidak bisa melakukan pembayaran segera karena terjebak macet. Tidak ada ATM di sekitarnya, tidak membawa token dan pulsanya tidak mencukupi untuk sms banking. Sementara yang ada di dia hanya ada kartu debit, jarang pembayaran online bisa dilakukan dengan kartu debit.
Kami mencoba mengklik form pembayaran dan inilah dia, si rekan tidak perlu khawatir karena dia tetap bisa membayar dengan kartu debitnya semudah kartu kredit dan mobile banking karena Traveloka memiliki beberapa dukungan pembayaran yang bisa kita pilih mana yang lebih kita suka dan memudahkan kita.

Kota yang kita pernah kita tinggali selama bertahun-tahun, meskipun bukan tempat lahir namun akan kita rindukan dan menarik kita untuk suatu saat kembali lagi. Itulah arti dari kota Malang bagi kami dan bisa dibilang kebanyakan orang yang pernah lama merantau disini baik untuk menempuh pendidikan atau kepentingan lainnya. Kami yakin, tidak sedikit orang yang pernah merantau merasakan hal yang sama seperti halnya kami.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu memiliki kota selain kampung halaman yang memiliki arti khusus? Mumpung sudah akhir tahun, yuk booking tiket dan hotel untuk menapaktilasi masa lalu ke kampung halaman kedua kita!


0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...