Tuesday, December 13, 2016

5 CARA MENCEGAH BAU MULUT

pic source: youqueen.com
Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi rasa percaya diri yang kita miliki. Terkadang kita terlalu fokus dengan memperbaiki penampilan kita sampai melupakan salah satu hal yang penting. Hal itu adalah kebersihan mulut. Jika mulut kita tidak bersih, hal itu akan menyebabkan mulut kita mengeluarkan aroma tidak sedap. Kejadian tersebut jelas akan menurunkan rasa percaya diri yang sudah kita miliki sebelumnya. Jika kita memiliki bau mulut, pasti tersebut akan mempengaruhi kinerja serta hubungan kita dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja yang kita miliki. Pasti akan ada banyak orang yang merasa terganggu dengan bau mulut tersebut.

Maka dari itu, kita perlu mengetahaui cara mencegah bau mulut. Ada banyak cara untuk mencegah bau mulut. Apa saja?

#1 Menjaga kebersihan mulut
Salah satu cara mencegah bau mulut adalah dengan cara menyikat gigi secara rutin. Dengan sikat gigi secara rutin, kemungkinan sisa-sisa makanan akan berada di sela-sela gigi akan hilang. Selain itu, selepas sikat gigi jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang ada di atas lidah. Kita bisa membersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan brush scrapper atau tongue cleaner untuk menghilangkan setiap kotoran yang ada.

Jika kita tidak membersihkan lidah, kemungkinan bakteri untuk berkembang biak akan semakin besar. Hal tersebut akan menyebabkan aroma mulut kita semakin tidak sedap. Lidah merupakan salah satu bagian yang ada di mulut yang paling rentan menjadi tempat berkembang biak bakteri. Akhiri semua kegiatan itu dengan meminum obat kumur. Dengan menggunakan obat kumur, mulut kita akan terasa lebih fresh sehingga kita bisa merasa lebih percaya diri dari sebelumnya.

#2 Perhatikan asupan makanan

Mungkin kita mengira bahwa asupan makanan yang kita makan tidak akan memiliki dampak yang signifikan terhadap bau mulut. Padahal, bau mulut juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Bahan makanan seperti bawang atau bahan rempah-rempah yang memiliki aroma kuat bisa membuat mulut kita menjadi bau. Maka dari itu usahakan untuk menghindari makanan yang memiliki bahan tersebut dalam jumlah besar.

#3 Hindari konsumsi kopi berlebih
Untuk beberapa orang yang memiliki kegemaran akan kopi mungkin harus memperhatikan hal yang satu ini. Konsumsi kopi berlebih bisa menyebabkan bau mulut. Hal itu disebabkan kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan mulut menjadi kering karena produksi saliva atau air liur menjadi lebih lambat. Produksi saliva yang lambat akan membuat mulut menjadi kering. Maka dari itu salah satu cara mencegah bau mulut adalah dengan mengurangi konsumsi kopi.

#4 Konsumsi air putih
Mengkonsumsi air putih secara berkala adalah salah satu cara yang paling mudah untuk menghindari bau mulut. Keadaan mulut yang kering akan membuat mulut tidak dapat memproduksi saliva atau air liur dengan baik. Maka dari itu kita harus sering mengkonsumsi air putih agar keadaan mulut kita tidak kering. Hal ini harus dilakukan terutama jika kita selesai dari bekerja berat misalnya selepas berolahraga. Mulut pasti akan menjadi kering, kita harus segera minum air putih untuk menghindari bau mulut.

#5 Berhenti merokok
Rokok menjadi salah satu penyebab mengapa banyak orang mengalami bau mulut. Nikotin yang terkandung di rokok akan menyebabkan bau mulut. Selain menyebabkan bau mulut, rokok juga bisa membuat gigi menjadi menguning. Rokok memiliki banyak dampak negatif terhadap tubuh. Salah satu dampak negatif tersebut adalah menyebabkan bau mulut. Untuk mengatasinya bisa dengan menyikat gigi secara berkala serta menggunakan obat kumur.

2 thoughts:

Mbul Kecil said...

Ngunyah apel klo ga stroberi #etapi mahal ding

Anisa AE said...

Kata dokter, gigi bolong juga bisa menyebabkan bau mulut. Buat menangkalnya, rajin gosok gigi ma makan buah. :'D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...