Friday, March 16, 2018

4 CARA MEMBUAT ANAK MANDIRI

pic source: Pixabay
Jika anak anda manja berarti itu cerminan atau hasil didikan anda kepada dirinya. Mungkin saja kemanjaan anak itu terjadi karena anda selalu memberikan atau memenuhi segala keinginan anak anda dengan mudah. Padahal sebenarnya tanpa anda bantu juga dirinya akan mampu untuk melakukannya sendiri. Agar anak baik perkembangannya maka jangan terlalu memanjakan anak. Jika suatu saat orang tua tidak bisa dengan segera memenuhi keinginannya maka anak itu akan menunjukkan sikap berontaknya atau tidak akan bisa mandiri.

Orang tua ini harus mencari cara membuat anak agar tidak manja, karena jika dibiarkan anak akan terbiasa dengan jalan yang mudah didalam mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Berikut 4 cara agar anak tidak manja lagi dan akan menjadi anak yang mandiri diantaranya yaitu:

Dengan Menjaga Kesabaran
Ketika anda sedang melatih anak anda untuk memenuhi kebutuhannya sendiri mungkin mereka akan melakukanya itu dengan waktu yang lama, karena dirinya belum terbiasa melakukannya sendiri. Disini orang tua harus bisa menjaga kesabarannya dan tunggulah hingga anak bisa menyelesaikan masalahnya itu sendiri.

Mengajak Semua Pihak Untuk Tidak Memanjakannya

Usaha anda untuk membuat anak tidak manja akan menjadi sia sia ketika adanya beberapa pihak yang masih memanjakannya. Misalnya kakeknya, neneknya, pamannya, atau yang lainnya. Disini anda sebaiknya mengajak semua pihak itu untuk memperlakukan anak anda sewajarnya dan berikan didikan yang tepat untuk anak.

Dengan Memberikannya Penghargaan
Ketika anda sedang melatih anak untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya sendiri, dan dirinya mampu menyelesaikan masalahnya itu meski dengan waktu yang lama maka berikanlah penghargaan untuk dirinya. Anda bisa memberikan bentuk penghargaan yang sederhana seperti ciuman atau pelukan pada dirinya.

Orang Tua Harus Konsisten
Terkadang ketika orang tua sedang melatih anaknya untuk memenuhi kebutuhan dan keingingannya sendiri, anak akan merasa bosan dan merasa tidak mampu untuk melakukannya sendiri hingga merasa putus asa. Disini orang tua harus mencari cara yang cerdas atau yang kreatif agar anak mau melakukannya lagi.

Itulah 4 cara agar anak tidak manja lagi dan akan menjadi anak yang mandiri. Disini orang tua harus bisa menjaga kesabaran dan juga mengajak semua pihak untuk tidak memanjakan anak. Selain itu juga orang tua harus memberi penghargaan pada anak dan harus tetap konsisten ketika anak merasa bosan dan putus asa.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...