Friday, February 16, 2018

MENJELAJAHI LAMPUNG, METROPOLITAN DI UJUNG SUMATRA

Lampung yang berada di ujung Sumatera dan dekat dengan Provinsi Banten memang dikenal dengan pesona wisatanya yang memikat. Selain itu, Lampung juga memiliki banyak kuliner nikmat yang bisa diburu saat Anda berlibur kesana.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan liburan bersama orang tercinta kesana, jangan lupa untuk mempersiapkan tiket pesawat murah ke Lampung dan akomodasi di sana. Simak juga beberapa informasi tentang kota pisang yang memikat di bawah ini.
Source : retymeineni
Sejarah Singkat Lampung
Lampung memiliki sejarah panjang mulai zaman kerajaan hingga era modern. Pada era kerajaan khususnya memasuki abad ke-7 masehi, daerah ini menjadi wilayah kekuasaan Sriwijaya. Berbagai aktivitas perdagangan dari Jawa ke Sumatra banyak dilakukan di sini hingga akhirnya Sriwijaya runtuh.

Memasuki abad ke-16-17, kawasan Lampung dikuasai oleh Kerajaan Banten. Bahkan beberapa daerah di sana dijadikan kejonjoman atau kabupaten dari kerajaan. Lampung baru lepas dari Kerajaan Banten pada abad ke18 saat VOC masuk ke Indonesia dan menguasai banyak sektor.

Selama dikuasai oleh VOC lalu pemerintah Belanda, Lampung merupakan kawasan yang cukup strategis. Wilayahnya yang dekat dengan laut dan Jawa membuat pusat pemerintahan banyak dipindahkan di sini. Kejayaan Belanda di Lampung usai saat Jepang masuk pada tahun 1942 dan Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Kebudayaan di Lampung
Lampung memiliki banyak episode dalam pembentukannya. Meski demikian budaya asli yang ada di sana tetap melekat sejak era Sriwijaya hingga sekarang.

Masyarakat Lampung menggunakan bahasa daerah yang terdiri dari 3 jenis. Masyarakat setempat ada yang menggunakan Bahasa Komeriang, Bahasa Lampung Api, dan Bahasa Lampung Nyo. Bahasa ini digunakan di beberapa daerah dan memiliki beberapa kemiripan pada suku kata dan struktur kalimat.

Rumah tradisional di Lampung bernama Rumah Sesat. Rumah ini berbentuk panggung dengan atap mirip dengan joglo. Biasanya rumah adat ini digunakan untuk tempat musyawarah warga.

Masyarakat Lampung juga memiliki tarian tradisional yang tetap dipentaskan hingga sekarang. Tarian itu terdiri dari Tari Jangger yang banyak digunakan untuk acara adat. Selanjutnya ada Tari Melinting yang diambil dari cerita rakyat. Terakhir, Tari Negak Kayu Hangha untuk tari pernikahan dan Tari Bedana yang memiliki unsur Islam.

Potensi Wisata di Lampung
Lampung memiliki potensi wisata yang cukup lengkap mulai dari wisata alam, sejarah, dan kuliner.

Wisata Alam
Salah satu wisata alam unggulan dari Lampung adalah Anak Gunung Krakatau. Di tempat ini wisatawan bisa melakukan pelayaran, penjelajahan, pendakian ke puncak gunung, dan melakukan penyelaman di laut sekitar gunung yang memiliki pemandangan bawah laut memikat.

Lampung memiliki beberapa danau yang indah dan memikat, Anda bisa datang ke Danau Ranau, Danau Lebar, Danau belibis, dan Danau Way Jepara. Cerukan air memiliki pemandangan indah dan cocok untuk lokasi relaksasi atau fotografi.

Terakhir dan paling terkenal adalah Teluk Kilauan. Seperti halnya Pantai Lovina di Bali yang cocok untuk melihat lumba-lumba, Teluk Kilauan juga menyajikan pengalaman yang sama. Pada bulan April hingga September, mamalia laut ini kerap muncul dan mengikuti perahu nelayan.

Wisata Sejarah

Lampung memiliki taman purbakala di Pugung Harjo. Kawasan ini menyimpan aneka peninggalan manusia purba sejak zaman batu.

Wisata Kuliner
Lampung memiliki kuliner khas yang rasanya sangat nikmat. Anda bisa mencoba Pindang Meranjat Riu, aneka seafood, dan mi Khodon.

Nah itulah beberapa fakta mengenai Lampung yang perlu Anda ketahui sebelum berlibur kesana. Meskipun terlihat tidak ada hubungannya dengan liburan, namun mempelajari sejarah singkat sebuah daerah akan membuat Anda lebih menghargai setiap kebudayaan yang Anda temui di sana. Untuk tiket pesawatnya, jangan lupa memilih Airy sebagai teman perjalanan Anda. Airy menyediakan berbagai harga tiket pesawat domestik terbaik untuk perjalanan Anda ke seluruh Nusantara. Jadi tunggu apa lagi? Berlibur kapanpun jadi hemat bersama Airy! Selamat merencanakan liburan!

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...