Tuesday, March 27, 2018

RAPP RIAU OPERASIKAN PABRIK KERTAS TERCANGGIH DI DUNIA

Image Source: APRIL
PT Riau Adalan Pulp & Paper (RAPP) merupakan unit operasional APRIL Group. Induk perusahannya ini termasuk sebagai produsen pulp dan kertas terbesar di Asia. Hal itu bisa terjadi karena mereka mengoperasikan salah satu pabrik kertas tercanggih di dunia.

Berbasis di Pangkalan Kerinci, PT RAPP merupakan bagian dari APRIL yang menjalankan operasional perusahaan. Mereka mengelola pabrik pembuatan pulp dan kertas serta perkebunan yang menyuplai bahan baku.

Khusus untuk perkebunan, RAPP Riau bekerja sama dengan 40 mitra pemasok jangka panjang dalam merawat lahan seluas 476 ribu hektare. Kerja sama itu membuat mereka mampu menyuplai sekitar 79 persen kebutuhan fiber perusahaan. Adapun sisa keperluan didapatkan dari para mitra pemasok jangka pendek yang tersebar di kawasan lain di Pulau Sumatera, Kalimantan, hingga dari Malaysia.

Berkat itu, kapasitas produksi yang dihasilkan oleh RAPP terus tinggi. Setiap tahun, mereka dicatat mampu memproduksi kertas hingga 850 ribu ton. Sementara itu, produksi pulp mereka jauh lebih besar, yakni 2,8 juta ton dalam jangka waktu yang sama.

Dukungan konsistensi suplai bahan baku memang menentukan kapasitas produksi tinggi. Namun, faktor lain berupa kecanggihan pabrik yang dioperasikan ikut menentukan. Dalam hal ini, RAPP Riau beruntung karena memiliki salah satu fasilitas produksi pulp dan kertas terbaik di dunia.

Selama ini, Riau Andalan Pulp & Paper sudah memiliki pabrik yang terintegrasi dengan perkebunan di Pangkalan Kerinci. Namun, pada 2015, mereka menambah fasilitas produksi baru yang memiliki teknologi terbaru.

Proses pembuatan pabrik anyar tersebut mencapai satu tahun. Pembangunan selesai pada akhir tahun 2016 sehingga operasional sudah mulai bisa dijalankan pada 2017.

Fasilitas baru itu memiliki sejumlah keistimewaan. Mereka mengoperasikan mesin dengan teknologi modern yang disebut sebagai Paper Machine 3.

Lantas apa kelebihan Paper Machine 3? Hal itu terletak pada kemampuan produksi yang tinggi, namun mampu menekan penggunaan energi. Alhasil, mesin ini jauh lebih ramah lingkungan.

Lihat saja kapasitas produksi yang dihasilkan. Mesin di pabrik RAPP itu sanggup memproduksi kertas sepanjang 1,7 kilomater per menit. Namun, kualitas kertas yang diproduksi tetap tinggi.

Secara khusus, RAPP Riau merancang pabriknya untuk menghasilkan produk kertas yang sangat baik untuk keperluan digital. Teknologinya merupakan yang pertama di Indonesia. Sebab, cetakannya menghasilkan warna yang lebih merata dan cemerlang.

Kualitas tinggi ditengarai dari beragam indikator kertas buatan PT RAPP. Hasil cetaknya ternyata lebih sempurna. Selain itu, derajat warna putih lebih tinggi, serta kertas lebih tebal dan tidak merusak printer karena partikelnya merata.

Bukan hanya itu, kertas yang dihasilkan juga dapat mendukung penghematan tinta. Teknologi di pabrik canggih Riau Andalan Pulp & Paper memungkinkan pengguna menghemat penggunaan pemakaian tinta sebesar 18% dibandingkan mencetak menggunakan kertas biasa.

Kelebihan itu makin menarik ketika melihat keunggulan Paper Machine 3 terkait pemanfaatan energi. Meski kapasitas lebih besar, energi yang diperlukan dalam proses produksi justru lebih kecil.

Perlu diketahui, peralatan yang dipakai dapat menghemat energi sebesar 400 Kw per ton kertas. Jumlah ini setara dengan penghematan batubara sebesar 71.000 ton per tahun.

Upaya penghematan itu semakin selaras dengan upaya PT RAPP untuk melindungi lingkungan. Mereka berusaha menghemat penggunaan lahan dengan mendesain pabrik seramping mungkin. Tujuannya agar lahan hijau tetap terjafa.

Keberadaan Paper Machine 3 di RAPP Riau juga mampu untuk menjaga kapasitas produksi tetap tinggi. Maklum saja, permintaan pasar untuk produk-produk kertas RAPP sangat tinggi. Ini bukan hanya di pasar domestik, namun juga di level global. Malah, ekspor menjadi penekanan utama.

Sebagai gambaran, produk kertas RAPP seperti PaperOneTM malah lebih banyak untuk pasar internasional. Alokasinya mencapai 75 persen untuk ekspor dan sisa 25 persen untuk keperluan dalam negeri.

Keberadaan pabrik baru PT RAPP sangat membantu. Fasilitas anyar ini diperkirakan akan mampu menembus kapasitas produksi kertas hingga 350 ribu ton per tahun.

DIAPRESIASI PEMERINTAH
Image Source: APRIL
Langkah RAPP Riau melakukan pembuatan pabrik baru yang termasuk fasilitas produksi pulp dan kertas tercanggih di dunia diapresiasi oleh Pemerintah Indonesia. Menteri Perindustrian pada saat itu, Saleh Husin, ikut serta hadir dalam acara peletakan batu pertama pada 2015.

Ketika itu, Saleh mengatakan senang karena ada pihak di Indonesia yang siap bersaing ke level dunia seperti RAPP. “Itu bisa dijadikan bekal untuk industri ini, sehingga memiliki standar internasional dan mampu bersaing di kancah global,” katanya di VIVA.Co.id.

Ia juga berharap, dengan tambahan pabrik ini, RAPP bisa mendorong kinerja ekspor. Sebab, mereka seharusnya bisa lebih memberikan kontribusi maksimal dalam memenuhi permintaan pasar pulp dan kertas baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Saat ini, industri pulp dan kertas dalam negeri sudah sedemikian maju. Banyak sekali manfaat positif yang mereka hasilkan. Data Kementerian Perindustrian menyebutkan kapasitas yang tercatat dan terpasang secara nasional saat ini masing-masing berjumlah 7,93 juta ton per tahun pulp dan 12,98 juta ton per tahun kertas. Bersamaan dengan itu, realisasi produksi baru sebesar masing-masing 6,4 juta ton pulp dan 10,4 ton kertas per tahun.

Hal ini menandakan industri pulp dan kertas masih bisa bisa digenjot agar lebih besar. Saat ini, Indonesia menempati peringkat sembilan dalam industri pulp di dunia. Sedangkan untuk industri kertas ada di peringkat keenam.

Posisi negeri kita jauh lebih baik di Asia. Sementara ini Indonesia menempati peringkat ketiga untuk industri pulp maupun kertas. Pencapaian itu masih bisa ditingkatkan lagi jika banyak pihak melakukan upaya untuk memajukannya.

Peningkatan teknologi yang dilakukan oleh RAPP Riau itu termasuk di antaranya. Pengoperasian salah satu pabrik pulp dan kertas tercanggih di dunia merupakan buktinya.

Dengan pengoperasian mesin modern, produksi pulp dan kertas lebih optimal. Seperti perusahaan lain, Riau Andalan Pulp & Paper memproduksi pulp dan kertas dari kayu. Namun, mereka mendapatkan bahan baku dengan mengelola perkebunan sendiri.

Selama sekitar enam tahun, RAPP menanam akasia dan eukaliptus. Sebelumnya di pusat pembibitan, mereka menyemai bibit dari akasia. Ini diperlukan agar bisa menanam 200 juta pohon per tahun.

Sesudahnya mereka mengolah kayu menjadi pulp dan kertas. Mulanya pohon dipanen. Lalu kayu dipotong dan dibersihkan. Setelah itu, mulailah proses pembuatan bubur kertas. Jadilah pulp selesai diproduksi. Namun, proses selanjutnya dilakukan ketika hendak membuat kertas. Terdapat rangkaian kegiatan lain seperti pengeringan untuk membuat kertas.

Dalam fase tersebut, Riau Andalan Pulp & Paper beruntung memiliki fasilitas yang canggih yang mampu menghasilkan kertas sepanjang 1,7 kilometer hanya dalam semenit. Itulah yang mampu membuat mereka menjadi produsen pulp dan kertas terkemuka.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...