Thursday, June 17, 2021

KEMUDAHAN TEKNOLOGI DAN PERUBAHANNYA

 
Apakah kalian masih ingat bagaimana suasana mencari kuliah dulu? Saya masih ingat sekali usai pulang dari rekreasi terakhir di masa SMA (Sekolah Menengah Atas) saya langsung menuju ke kota dimana saya mendaftarkan diri untuk mengikuti bimbel intensif masuk perguruan tinggi. Di kota tersebut kami menjadi anak rantau sehingga kami menyewa kamar kos untuk tinggal dan beradaptasi dengan suasana dan kondisi. Saat itu usia kami masih sangat muda atau bisa dikatakan labil namun kami sudah harus mulai menyesuaikan diri sebelum benar-benar menjadi anak kos. Kami belajar mengatur uang bulanan yang biasa kami gunakan untuk makan dan naik angkot. Saat itu saya memutuskan untuk mencari rumah kos yang agak jauh agar dekat dengan saudara sehingga lebih aman untuk saya yang masih kaget dengan lingkungan baru.

Saat itu kami di tempat bimbingan belajar berkumpul dari berbagai kota yang ada di jawa timur kebanyakan. Hari-hari kami isi dnegan belajar saat di tempat bimbingan belajar kemudian pulangnya makan bakso di depan tempat bimbingan belajar dan diakhiri dengan mengambil uang di ATM mall yang berjarak beberapa puluh meter saja. Alih-alih ke ATM kami mampir melakukan window shopping. Kami hanya dapat melakukan window shopping karena uang saku yang tidak banyak. Setelah puas berkeliling kami akhirnya berpencar ke rumah kos maisng-masing. Ketika ada salah satu yang ulang tahun maka kami akan berbondong-bondong makan enak dalam satu hari itu. Hal yang mencerminkan anak kos sekali ya.

Berbeda dengan perjuangan saya dulu ketika akan mendaftar perguruan tinggi, sekarang ada banyak kemudahan yang dapat dilakukan. Kemudahan yang dapat dilakukan anak untuk melakukan bimbingan belajar dari rumah. Jika dibandingkan dengan dahulu maka pada saat sekarang banyak biaya yang dapat dihemat karena adanya produk ini. Biaya yang tadinya untuk transportasi, konsumsi dan akomodasi dihapuskan karena bimbingan belajar yang dilakukan di rumah. Efisiensi anggaran merupakan hal yang paling disukai orang tua bukan?

Pada bulan-bulan ini banyak sekali pengumuman masuk kuliah yang sering membuat trending di Twitter. Ada banyak cerita kegagalan dan keberhasilan yang diuraikan oleh adek-adek. Beberapa cerita yang saya baca adalah pengalaman mereka yang belajar dengan menggunakan Ruangbelajar. Ruangbelajar merupakan produk yang ditawarkan oleh Ruangguru. Ruangbelajar memberikan fasilitas yang tak terbatas dalam mengakses materi dan soal latihan. Hanya membaca cerita mereka saja sudah membuat saya bahagia. Bagaimana bisa aplikasi dapat mempengaruhi prestasi belajar seorang anak?

Kemajuan teknologi yang saat saya lulus SMA tidak pernah terpikirkan oleh saya. Bagaimana aplikasi belajar online terbaik dapat membawa dampak besar bagi seseorang. Wajar saja jika saat itu belum terpikirkan karena perkembangan saat itu juga tidak secepat saat ini. Jika aplikasi ini sudah ada sejak saya lulus SMA sepertinya prestasi saya akan lebih bagus ya. Bagaimana tidak saya dapat berekspresi sebebasnya di rumah dengan akses tak terbatas ke banyak video menarik dengan penjelasan yang sangat bisa diterima otak saya dengan banyak latihan soal yang lebih mengasah otak saya pula. Bonusnya saya dapat menghemat uang kos, uang makan dan uang transportasi karena bimbingan belajar yang dilakukan di rumah. Kemudahan-kemudahan yang menghasilkan efisiensi ini merupakan perkembangan teknologi yang memfasilitasi siswa dalam mengejar cita-citanya. Untuk adik-adik yang sudah berhasil melewati fase galau mendapatkan perguruan tinggi yang diharapkan selamat ya dan buat yang maish berjuang tenang saja ini hanya sementara jadi jangan patah semangat ya!

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...