Sunday, June 20, 2021

KEMUDAHAN BERDAMPAK PADA KEMANDIRIAN

Hari itu pekerjaan saya sangat banyak sehingga saya tidak memiliki cukup waktu untuk memegang handphone. Beberapa teman merasa saya cukup sibuk belakangan karena menjadi orang yang paling slow respon ketika sedang bertukar pesan. Saya merupakan orang yang fokus terhadap sesuatu yang saya kerjakan. Jadi wajar jika saya mengabaikan hal yang menurut saja bukan hal yang penting untuk dikerjakan saat itu. disela kesibukan saya tiba-tiba teman kerja saya mendekat dan menanyakan kesibukan saya. Teman kerja saya ini ingin meminta bantuan tugas sekolah anaknya. 

Berhubung saya merupakan tipe orang yang tidak enakan jadi saya terima permintaan teman kerja saya tersebut. Saat itu niat saya hanya membantu dipermukaan saja, sisanya biarkan anaknya yang mengerjakan sendiri. Setelah berhasil mengumpulkan materi yang dibutuhkan, saya mengirim filenya ke teman kerja saya tersebut. ternyata diluar dugaan saya, teman kerja saya meminta saya untuk membantu sampai tugas tersebut selesai. Untuk kali kedua saya masih memaklumi sikap teman saya ini karena kebetulan materinya bahasa inggris yang tidak dikuasainya pada kali kedua saya mengirimkan tugas yang sudah saya kerjakan tersebut, gurunya memberikan respon bahwa harusnya tidak seperti itu pengerjaannya.

Saya terakhir kali menjadi murid SMP (Sekolah Menengah Pertama) sudah puluhan tahun yang lalu. Petunjuk pengerjaan menjadi membingungkan karena saya bukan siswa yang ikut dalam kelas yang diajarkan oleh guru tersebut. Namun ketika saya menanyakan detail tugas dan perintah pengerjaan kepada anak teman kerja saya dia mengatakan tidak tahu. Saya menjadi kebingungan dengan situasi tersebut. Saya memberikan solusi untuk tanyakan lagi kepada guru dan temannya agar lebih paham tugas yang diberikan. Namun lagi-lagi hasilnya nihil, saya tidak mendapatkan jawaban yang saya inginkan.

Banyaknya pekerjaan saya membuat saya mencoba alternatif lain dengan menanyakan kepada teman saya yang memiliki profesi sebagai guru. Teman saya menjelaskan jika ingin menanyakan hal yang kurang jelas dapat menanyakan ke Roboguru. Roboguru merupakan produk yang dimiliki oleh Ruangguru yang disana terdapat pembahasan soal di Roboguru yang dapat memudahkan siswa dalam mencari jawaban. Tanpa berpikir dua kali saya langsung merekomendasikan Roboguru kepada anak teman kerja saya tersebut. saya tidak mungkin menyelesaikan tugas sekolah dia sampai selesai karena esensi tugas itu dibuat agar siswa lebih memahami dan mengerti materi atau konsep yang diajarkan. Jika tugas tersEbeut tidak dikerjakan sendiri maka akan membuat tujuan pembelajaran menjadi bias. Anak teman saya menyambut saran saya dengan gembira. Tentunya saya juga ikut senang karena dapat melanjutkan pekerjaan saya yang tertunda.

Beberapa hari setelah kejadian tersebut, teman kerja saya menghampiri saya kembali. Saya sudah berpikiran negatif apakah saya akan dimintai tolong mengerjakan tugas anaknya lagi?. Ternyata teman kerja saya berterima kasih atas usul saya. Berkat Roboguru tugas-tugas anaknya dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat. Roboguru membantu anaknya dalam memecahkan kebingungan yang terjadi karena tidak paham pada penjelasan ketika school from home. Semenjak mengenal Roboguru anaknya menjadi mandiri karena dpaat belajar melalui Roboguru.

Ternyata hal kecil yang kita lakukan dapat menjadi dampak yang besar bagi orang lain. Bagi teman kerja saya yang ingin anaknya mendapatkan pendidikan terbaik melalui tugas yang dikerjakan dengan baik pun juga anak teman saya yang menjadi lebih baik dari segi nilai dan karakter. Roboguru membuat dia menjadi pribadi yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Selamat berproses semuanya!

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...