Thursday, January 7, 2021

5 PENYEBAB JERAWAT DARI KEBIASAAN SEHARI-HARI


Siapa disini yang merasa kulitnya berubah diumur kepala 2 atau 3? Banyak sekali yang mengeluh tentang perubahan kulit disaat usia sudah memasuki kepala 2 dan 3 seperti “dulu aku tidak gampang jerawatan kenapa sekarang jerawat selalu tumbuh ya” “kenapa komedoku banyak dan ada komedo hitamnya juga ya” dan keluhan lainnya yang hampir serupa. Berdasarkan pengamatan saya terhadap kulit saya sendiri, perubahan itu terjadi karena usia dan buruknya kita dalam merawat kulit. Banyak sekali hal atau variabel yang berhubungan dengan kesehatan kulit. Mau tahu apa saja? Simak yuk

Makanan pedas
Kamu penggemar makanan pedas? Saya merupakan penggila makanan pedas. Kalau makan tanpa cabe atau sambal sudah seperti kehilangan belahan jiwa. Semua yang saya makan harus pedas sampai orang-orang disekitar saya sering menegur kebiasaan itu. Ternyata konsumsi makanan pedas secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan kulit kita. Dikurangin sedikit ya kebiasaan ini.

Dairy product
Segala macam produk yang mengandung susu wajib kalian hindari. Beberapa bulan lalu secara masif aku dalam sebulan konsumsi brownies dan susu. Setelah menyimak penuturan dokter SpKK aku jadi menyadari list makanan sebulan itu yang membuat aku bruntusan parah. Akhirnya aku stop konsumsi susu sampai saat ini. Padahal di kulkas saat itu ada berbagai macam susu segar yang aku beli di supermarket dari yang murah sampai mahal.

Minuman manis
Sudah berapa kali konsumsi boba dalam satu bulan? Merasa sudah mematuhi beberapa rambu pemicu jerawat tapi kok masih juga jerawatan ya? Ternyata jawabannya adalah konsumsi minuman manis berlebihan bersumber dari boba. Segelas boba bisa sampai 1000 kalori, mending makan nasi sepiring bukan?

Penggunaan barang
Masa karantina yang kegiatan lebih banyak di rumah ini seberapa sering kalian mencuci bantal, mukena, kerudun, masker atau helm yang sering bersentuhan dengan kulit? Beberapa benda tersebut merupakan benda yang sering bersentuhan dengan kulit dan harus dijaga kebersihannya. Pastikan benda tersebut dicuci secara rutin agar bakterinya tidak transfer ke kulit. Cukup saldo saja yang ditransfer ya, bakteri jangan.

Kurang minum air mineral
Minum air mineral ini banyak sekali fungsinya terutama untuk kesehatan kulit. Jika saya mengonsumsi air mineral dengan jumlah yang kecil maka kulit saya akan pecah-pecah, kering dan bersisik. Mungkin kalian bisa membantunya dengan skincare yang dapat memberikan kelembaban namun bukankah lebih baik jika kalian membantu skincare bekerja dengan cara memberikan konsumsi yang bagus untuk kulit dengan minum air mineral yang cukup?

Stay healthy and hydrated everyone!

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...