Thursday, December 3, 2020

INFORMASI KESEHATAN DENGAN ONE CLICK WEBSITE

Dada saya sesak ketika salah satu teman saya memberi kabar bahwa dia positif covid 19 digroup angkatan. Teman saya ini merupakan seorang suami dan ayah bagi keluarganya. Dia diperantauan dalam keadaan jauh dari anak dan istri kemudian sakit mengingatkan saya pada peristiwa ketika saya dulu bekerja sempat drop dan saya terpaksa harus merawat diri saya sendiri karena tidak ada anggota keluarga yang tinggal bersama saya di kota rantau. Saat keadaannya normal saja sudah cukup menyesakkan apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Teman saya ini kerap curhat colongan di media sosial tentang kerinduannya pada dunia luar terlebih anaknya. 

Selang beberapa hari setelahnya ada teman yang berkabar bahwa kantornya semakin kesini semakin banyak yang positif namun tidak segera melakukan kebijakan work from home maupun swab kolektif. Saya sendiri semenjak pandemi tidak pernah keluar rumah kecuali untuk belanja. Mendengar cerita tersebut saya jadi kebingungan harus merespon bagaimana sampai saya menemukan website yang dapat memberikan saya banyak informasi yang dapat membantu teman saya. Informasi apa sajakah?

Toko
Pada website ini saya dapat mencari produk kesehatan yang saya butuhkan. Saya lantas membeli kit pencegahan untuk teman saya sebagai cara saya menyupport dia. Saya membeli wipes antibacterial, masker dan handsanitizer. Tidak lupa saya menganjurkan kepadanya untuk mengambil PCR atau swab test yang juga transaksinya dapat dilakukan di web ini.

Konsultasi
Setelah membeli kit pencegahan covid 19 saya merasa ada yang kurang jika saya tidak memberinya vitamin atau obat yang dapat membantunya. Namun berhubung latar belakang pendidikan saya bukan di bidang medis, daripada self diagnosis saya akhirnya menggunakan chat dokter sebagai sarana saya bertanya obat atau tindakan apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Penggunaan fitur chat dokter ini membantu sekali ketika pandemi karena dapat konsultasi kapanpun dan dimanapun.

Obat
Begitu mendapatkan rekomendasi informasi obat yang diberikan dokter tersebut, saya lalu menggunakan fitur obat untuk membaca informasi tentang obat tersebut. Saya perlu untuk melihat komposisi dan cara penggunaannya untuk mengonfirmasinya kepada teman kandungan didalamnya. Konfirmasi kandungan obat dilakukan untuk memastikan tidak ada kandungan yang dapat menimbulkan alergi.

Artikel
Pada website SehatQ terdapat kumpulan artikel yang dapat dijadikan sumber rujukan informasi. Kenapa saya menekankan bahwa artikel tersebut dapat menjadi rujukan adalah karena penulis artikel merupakan seorang profesional dalam bidangnya sehingga artikel yang dipublish merupakan hal yang dapat dipertanggungjawabkan. Artikel yang dapat dipertanggungjawabkan tentu mengurangi adanya misleading information bukan? Contoh misleading information yang ada diawal pandemi adalah seperti seorang youtuber dengan latar belakang yang tidak ada hubungannya dengan keilmuan tutorial pembuatan handsanitizer. Youtuber tersebut memberikan tutorial pembuatan hand sanitizer dan ternyata komposisinya tidak sesuai dengan yang seharusnya. Hal tersebut terjadi karena dia melakukan sesuatu tanpa ilmu padahal hal yang disharing menyangkut hidup orang banyak. Jangan salah baca informasi di media sosial ya agar tidak berkembang menjadi hoax.

Tindakan medis
Berbeda dengan website kesehatan lainnya, SehatQ memberikan informasi terkait tindakan medis yang dilakukan pada beberapa kasus. Ketika saya membuka websitenya saya merasa belajar sesuatu hal baru yang mungkin nantinya menjadi pengetahuan yang dapat membantu saya menemukan solusi terkait tindakan medis

Penyakit
Selain informasi mengenai tindakan medis, ada juga informasi mengenai penyakit yang banyak dikupas. Informasi tersebut membantu pasien dalam membaca situasi yang terjadi pada dirinya paska diagnosis. Bukan hanya mengenai penyakit, namun memberikan informasi dokter dan rumah sakit. Tidak lupa pada SehatQ terdapat forum yang dapat digunakan untuk diskusi mengenai masalah kesehatan.

Informasi diatas merupakan informasi yang dapat kamu temui ketika mengakses SehatQ.com. Banyak sekali pengetahuan yang dapat digali dari sana, mau coba? Yuk akses sekarang!

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...