Friday, March 10, 2017

WASPADA! RAGAM GEJALA DIABETES INI SERING DIANGGAP SEPELE


Diabetes merupakan penyakit kronis yang gejalanya sering kali tidak terdeteksi sejak dini. Padahal, kita bisa mengantisipasi diabetes dengan cepat bila sudah mengetahuinya sedini mungkin. Dengan mengamati gejala-gejala diabetes secara cermat, kemungkinan besar kita bisa mengenali penyakit yang satu ini dan lekas berkonsultasi dengan dokter.

Sayangnya, gejala diabetes kerap diabaikan hingga penyakit ini jadi berlarut-larut. Bila kita atau orang-orang terdekat mulai mengalami gejala ini, maka sebaiknya kita mulai berhati-hati dan melakukan pemeriksaan kesehatan:

Mudah Merasa Lelah
Orang yang mengidap diabetes mudah merasa lelah karena tubuh tidak bisa menyimpan asupan kalori secara maksimal. Akibatnya, tubuh jadi kekurangan energi dan harus bekerja ekstra keras ketika beraktivitas.

Berat Badan Tiba-Tiba Turun Drastis
Karena tubuh tidak mampu menyerap asupan kalori dan asupan gizi lainnya dengan baik, maka metabolisme tubuh akan memanfaatkan cadangan lemak sedikit demi sedikit. Akibatnya cadangan lemak tubuh pun akan menipis hingga menyebabkan berat badan turun drastis. Jadi kita patut lebih waspada kalau tiba-tiba berat badan turun ketika kita tidak diet.

Sering Merasa Lapar
Tubuh yang selalu kekurangan energi akibat gangguan metabolisme pasti membuat kita jadi mudah lapar. Hal inilah yang turut dialami oleh para pengidap diabetes. Ketidakseimbangan kadar gula darah dan metabolisme tubuh membuat otak memberi sinyal untuk selalu ingin makan.

Kulit Rentan Merasa Gatal
Saat tubuh mulai mengalami diabetes, maka sirkulasi darah akan terganggu. Proses sirkulasi darah yang terganggu ini mengakibatkan kulit jadi kering dan mudah iritasi. Sehingga tidak mengherankan kalau kulit juga akan mengalami gatal-gatal dan terasa tidak nyaman.

Luka yang Sulit Sembuh
Kadar gula darah yang tinggi dapat mengakibatkan darah jadi sukar membeku. Itulah sebabnya pengidap diabetes biasanya sulit sembuh bila kulitnya sudah terluka. Tak jarang pula luka pada kulit mengakibatkan noda hitam yang tidak bisa hilang ketika luka sudah sembuh.

Apa pun gejala yang tubuh kita rasakan, sebaiknya kita lekas memeriksakan diri ke dokter. Nanti dokter akan menentukan obat diabetes yang tepat untuk kondisi kesehatan kita. Bila ingin tahu lebih banyak soal diabetes dan penanganannya, cek info obat diabetes di sini. Pastikan kalau kita senantiasa sehat dan cermat mendeteksi diabetes atau penyakit lainnya sedini mungkin.


0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...