Saturday, November 5, 2016

KULINER NON PETIS TAK TERLUPAKAN DI SURABAYA

Surabaya, selain ibu kota dari provinsi Jawa Timur dan menyandang gelar sebagai kota pahlawan lewat aksi heroic ‘arek-arek Suroboyo’ tanggal 10 November.

Kita juga tentu semakin mengenal kota ini karena iklan televisi belakangan ini tentang Google dengan potongan kalimat, “Oke Google… makanan yang bikin melek di Surabaya?”, “Oke Google, vintage store yang ada di Surabaya?”, “Oke Google, spot foto menarik di Surabaya?” kemudian Google segera menginformasikan tempat-tempat menarik sesuai informasi yang kita butuhkan.

Sesuai dengan gelarnya sebagai kota pahlawan, mungkin kita sudah tidak asing lagi tentang beberapa objek bernilai sejarah tinggi di Surabaya seperti tugu pahlawan misalnya. Tapi mungkin kita belum benar-benar tahu bahwa kota Surabaya juga surga kuliner. Banyak makanan khas Surabaya seperti aneka olahan bebek, lontong balap, kupang lontong, tahu tek, tahu campur, semanggi dan lain-lainnya yang menjadi makanan khas selalu dicari siapapun yang mengunjungi kota ini untuk berbagai keperluan baik untuk keperluan pekerjaan maupun untuk liburan.

Banyak makanan khas Surabaya yang dicampur dengan petis, bumbu atau pelengkap hidangan yang diolah dari udang. Namun tidak banyak orang yang suka dengan petis karena rasanya kurang cocok dengan lidah mereka. Jangan khawatir, Surabaya juga adalah kota surga kuliner yang memiliki banyak pilihan makanan enak meskipun tanpa ditambah dengan olahan petis. Apa saja? Penasaran? Nah berikut ini beberapa diantaranya:

Bakso Jagalan 87



Bakso Jagalan terletak di daerah Jagalan yang juga merupakan tempat pemotongan sapi yang terkenal. Bakso Jagalan buka malam hari, mulai kira-kira jam Magrib hingga larut malam. Tempatnya di pinggir jalan kecil yang lebih mirip gang dan berbentuk tenda ala pedagang kaki lima kebanyakan. Yang berbeda adalah pegawainya yang berseragam siap untuk melayani pembeli. Ada beberapa pilihan menu bakso, bakso dengan kikil, dengan iga sapi dan beberapa pilihan lainnya. Kemudian pilihan ukuran pun ada dua yaitu porsi kecil dan besar. Bakso Jagalan ini benar-benar nikmat terutama kalau disantap saat malam hari karena porsinya yang tidak pelit dan kuahnya yang sedap. Satu mangkok porsi kecil bakso Jagalan seharga 45,000 dan porsi besarnya 90,000 IDR. Memang cukup mahal untuk ukuran bakso, tapi sesuai dengan tingkat kepuasan yang akan kita dapatkan. Apalagi mangkok besar untuk porsi besar memang benar-benar besar, mirip baskom cuma lebih kecil. Bikin ekstra kenyang.

Rawon Kalkulator


Terletak di taman Bungkul, Rawon ini bisa kita temui berbentuk tenda di salah satu sisi taman Bungkul. Bentuknya mirip warung tenda kaki lima biasa, hanya spacenya lebih luas. Mengapa dinamai kalkulator? Karena mas bagian kasirnya bisa dengan lincah menghitung semua makanan dan minuman yang dibeli pelanggannya meskipun tanpa kalkulator. Keren ya kan? Meskipun terkenal karena keunikannya tapi kenikmatan dari rawon ini juga sangat dikenal warga Surabaya dan sekitarnya. Rawonnya sarat bumbu dan bahkan kuahnya saja sedap. Pasti bikin ketagihan berkunjung kembali.

Selain itu? Banyak… Sehari dua hari singgah di Surabaya tidak akan cukup untuk menelusuri tempat-tempat instagramable sekaligus juga kulinernya yang akan memanjakan lidah kita. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menginap di Surabaya untuk tinggal lebih lama dan menikmati semua spot-spot menarik lain di Surabaya, tempat-tempat yang diekspos dalam iklan Google misalnya.

Menginap mungkin adalah situasi yang bisa jadi complicated bagi sebagian orang, terutama mengenai harga penginapan yang semakin lama makin melambung saja. Padahal banyak lho hotel murah di Surabaya. Tidak percaya? Mungkin karena kamu belum pernah coba browsing melalui Airy Rooms di www.airyrooms.com.

Airy Rooms ini situs apa? 



Airy Room adalah situs untuk mencari harga hotel termurah yang bisa kita akses melalui pc, laptop, tablet dan bahkan ponsel. Lihat saya screenshoot diatas untuk harga hotel Surabaya! Murah ceria!

Tidak asal murah, hotel yang tersedia dalam Airy Rooms bisa dipastikan memiliki fasilitas minimal berupa AC, TV flat, perlengapan mandi, shower, free air minum, free wifi dengan kondisi kamar yang bersih. Airy Rooms juga menyediakan fasilitas pembayaran yang fleksibel lho, nggak maksa jaminan kartu kredit! Kita juga bisa membayarnya dengan bank transfer jika kuatir dengan keamanan transaksi via kartu kredit atau bukan pengguna kartu kredit.

Kalau mau pesan? Tinggal download aplikasinya di Play Store (Android) atau App Store (iOS), praktis kan?

4 thoughts:

Fahrizi Noer Fajar Azman said...

Kalau ke surabaya saya biasanya makan rawon setan yang deket tunjungan plaza, rasanya enak jugaa. Lalu ada juga tahu telor dan tahu campur didekat situ juga...Jadi kangen kepengen makan tahu telor.. di bandung engga ada tahu telor sama tahu campur :')
Salam kak Ninda...

Kang Nurul Iman said...

Waduh mbak ikannya ituloh yang sangat menggoda sekali, jadi pengen juga deh nyicip. ahi hi hi.

Budy TravellingAddict said...

Rawon kalkulator unik namanya, hehehe

Ratusya said...

Iya akubjuga baru ngeh. Ternyata di tipi ada iklan google. Ngapain ya? Tanpa diiklanin udah laku kok si gugel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...