Friday, February 3, 2017

ORANG DEWASA BELAJAR MATERI BASIC? KENAPA TIDAK?

pic source: Pinterest
Dimensi itu apa sih pengertiannya?
Apa sih rumus dari volume tabung?  Terus bagaimana cara dan rumus untuk menghitung volume bak mandi berbentuk kubus?

Sepintas seperti pertanyaan sepele saja memang, karena pertanyaan seperti ini banyak ditanyakan dan dipelajari di tingkat sekolah dasar dan beberapa bab yang lebih rumit di sekolah menengah. Tapi jangan digampangin lho, bukan tidak mungkin kita akan bertemu lagi dengan jenis-jenis soal seperti ini. Contohnya saja ketika kita memiliki saudara, keponakan atau anak yang masih menempuh pendidikan sekolah dasar, nggak lucu dong ya kalau mereka bertanya eh kitanya nggak bisa jawab karena sudah nggak ingat

Kepada saudara, saudara sepupu dan keponakan tentu kita harus tampil keren dengan mampu menjawab pertanyaan pelajaran dasar mereka dengan tepat dan penjelasan yang mampu dipahami. Jangan sampai kekaguman mereka pada profil kita yang terlihat cemerlang dengan prestasi dan pendidikan serta image yang kita bangun sebagai sosok panutan *ehem jadi hancur karena pertanyaan basic yang nggak bisa kita jawab.


Sementara sebagai orang tua, kita tentu juga ingin mendampingi anak-anak kita dalam kegiatan belajar mereka di rumah, baik mengulang pelajaran yang belum bisa dipahami maupun mengerjakan pekerjaan rumah.

Nah jadi gimana caranya biar tetap ingat materi basic pelajaran mereka meskipun sudah lama kita tidak mempelajari pelajaran di sekolah dasar seperti tentang definisi dasar dan lain sebagainya? Yuk berikut ini caranya:

#1 Sisihkan waktu
Sisihkan waktu kita selama 15 menit sampai setengah jam untuk mempelajari materi-materi basic dan yang sering dipelajari oleh saudara, keponakan ataupun anak kita. Jika sibuk dan berat untuk menyisihkan waktu hingga sejam, 15 menit saja cukup kalau dilakukan secara rutin kok dan yang pasti nggak akan menghabiskan waktu kita untuk mengerjakan hal-hal lainnya dong ya.

#2 Baca artikel pendidikan singkat
Berapa lama waktu yang kita lewatkan dengan membuka media sosial, obrolan panjang melalui group messenger dengan teman-teman, belanja online dan membaca berita terhangat saat ini? Bisa jadi setiap memiliki waktu luang akan kita lakukan ya...

Maka waktu yang kita sisihkan untuk mempelajari materi basic bisa dong kita gunakan untuk membaca artikel pendidikan singkat seperti yang ada di gamepos.id. Untuk ukuran artikel, terhitung tidak terlalu panjang dan penjelasannya mudah dipahami. Ada banyak mata pelajaran yang terus diupdate artikelnya disitu, antara lain Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKn dan lain-lain sehingga akan membantu kita untuk merefresh ingatan materi basic.

Artikel pendidikan di gamepos.id juga baik untuk para pengajar sebagai bacaan ringan sampingan. Penjelasannya yang ringan dan mudah dimengerti akan membantu kita para pengajar untuk menjabarkan materi dengan penjelasan yang lebih mudah dipahami dan tentu saja akan membantu kita menjawab pertanyaan siswa, misalnya tentang definisi. Praktis kan, tinggal akses saja gamepos.id untuk menambah wawasan, mendampingi anak belajar sekaligus menambah kadar kekerenan para kakak dan oom/tante dimata adik dan keponakan!

#3 Tulis yang sekiranya perlu diingat
Masih ingat quote, 'ikatlah ilmu dengan menulisnya'? Ini berlaku juga untuk kita para orang dewasa mengingat daya ingat dan serap kita juga sudah tidak sebaik anak-anak lagi, maka ketika menemukan sebuah topik yang menarik atau perlu diingat, catatlah di notes sehingga memudahkan kita mencarinya lagi nanti tanpa harus membongkar-bongkar arsip  di website pendidikan atau membolak-balik buku pelajaran milik adik, sepupu atau anak.

1 thoughts:

mayasithaarifin.blogspot.com said...

Wahahaha.. keponakanku suka nanya ginian karena Aku tante yang paling muda. Tapi kalo nanyanya itung2 aku selalu bilang "Cik Ya dulu pas sekolah gasuka mtk. Kalo nanya yang laen Cik Ya bantu deh!" Alhamdulillah keponakan2 pengertian semuaaa. Bahaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...