Sunday, October 11, 2020

TINDAKAN PREVENTIF SAAT PANDEMI YANG HARUS DILAKUKAN PARA AKTIVIS PASCA DEMO


Apa kabar kalian semua? Belakangan ini Indonesia sedang tidak baik situasinya dilihat dari segi kesehatan dan birokrasinya. Belum tuntas permasalahan kesehatan yang belum tertangani dengan baik, menyusul permasalahan dari birokrasi. Beberapa hari kemarin mahasiswa dan buruh satu Indonesia serentak melakukan demo ke pemerintah. Demo merupakan salah satu bentuk untuk menyuarakan suara namun situasi pandemi saat ini tetap membuat khawatir semua orang.

Situasi chaos dan massa yang berkumpul tersebut disinyalir dapat menimbulkan cluster baru yaitu cluster omnibus law. Memang saat ini informasi kesehatan apapun bahkan informasi obat dapat kita akses dengan mudah di jagat maya, tapi hati-hati jangan mendiagnosis penyakit sendiri jika kita tidak memiliki kapabilitas untuk itu ya...

Lantas apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi efek buruk terjadi penyebaran? Lets check it out

Isolasi mandiri 14 hari
Bagi siapapun yang telah turun ke jalan untuk mewakili suara masyarakat diharapkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Pencegahan tersebut untuk menanggulangi meningkatnya penyebaran virus. Isolasi mandiri dengan berpikir bahwa mungkin kita adalah pembawa virus merupakan cara paling efektif untuk melindungi diri sendiri dan orang disekitar kita terutama jika anggota keluarga memiliki komorbit atau penyakit bawaan dengan usia rentan.

Konsultasi dengan profesional
Jika dalam 14 hari masa isolasi didapatkan gejala covid-19, secepatnya melakukan konsultasi dengan profesional yang dalam hal ini adalah dokter. Dimana dapat konsultasi dengan dokter saat sedang isolasi mandiri dan terlalu riskan jika pergi ke rumah sakit terdekat? Jawabannya kalian bisa menghubungi dokter dengan SeharQ.com. Kalian dapat konsultasi dengan dokter dari rumah sakit rekanan dan dapat konsultasi dengan profesional yang berkaitan dengan keluhan yang kalian alami. Rebahan sambil konsultasi, tidak khawatir terpapar virus dan yang terpenting masalah yang kamu alami dapat terkendali dengan cepat.

Nutrisi
Selama isolasi mandiri diharapkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk tubuh. Makanan yang dikonsumsi mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin. Contoh makanan yang dapat dikonsumsi misalnya mengkonsumsi nasi, sayur bayam, dadar jagung dan ayam goreng. Selama menjalani isolasi mandiri kamu makan dan minum akan dihidangkan di depan kamar oleh anggota keluarga lainnya atau teman kos jika kalian merupakan anak rantau.

Olahraga
Walaupun selama menjalani isolasi mandiri didalam kamar saja, kamu harus sempatkan untuk olahraga. Olahraga apa yang dapat dilakukan ketika didalam kamar atau indoor? Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai di kamar sampai mengikuti instruktur yang ada di youtube. Mau zumba, hiit sampai senam poco-poco bisa banget kamu lakukan di kamar.

Pakai masker
Beberapa akan bertanya bagaimana jika isolasi mandiri di kamar namun kamar tidak memiliki akses kamar mandi dalam? Kamu dapat keluar kamar dengan menggunakan masker dan tidak melakukan sentuhan agar anggota keluarga juga terproteksi dengan baik

Hiburan

Selama isolasi mandiri 14 hari di kamar pasti bingung bagaimana cara yang tepat untuk membunuh waktu. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar tidak kesepian dan tidak bosan adalah scrolling twitter, swipe story instagram, nonton netflix, nonton youtube sampai berkabar dengan teman melalui telepon, text atau video call. Oh iya moment ini juga dapat kamu gunakan untuk mengasah hobi maupun passion kamu. 

Misalnya kamu memiliki hobi melukis maka habiskan waktu untuk lebih mendalami seni lukis. Dimulaii dari teknik hingga praktik secara langsung. Menyenangkan sekali bukan jika dapat memanfaatkan waktu dengan baik alih-alih menjadikan waktu tersebut sebagai bonus untuk rehat sebentar setelah lelah sekian lama.

Itu merupakan cara yang dapat dilakukan teman-teman setelah melakukan demo kemarin. Saya berharap kalian sehat-sehat dan terhindar dari covid-19. Stay health and stay hydrated everyone!

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...