Saturday, July 27, 2019

ASURANSI JIWA SYARIAH DI JAKARTA

Ada banyak sekali masyarakat yang belum menyadari apa itu asuransi jiwa baik yang syariah dan yang tidak. Kebanyakan dari mereka juga masih belum percaya bahwa menggunakan asuransi jiwa sangat penting untuk masa depan mereka. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan belum mendaftarkan diri, maka Anda bisa mendaftar di perusahaan asuransi di Jakarta yaitu Asuransi Generali.

Pengertian Asuransi Jiwa
Asuransi jiwa merupakan sebuah kontrak yang dilakukan antara pemegang polis dengan pihak penjamin polis dari perusahaan asuransi jiwa. Pemegang polis diharuskan untuk membayar secara rutin kepada pihak perusahaan dengan sejumlah uang tertentu. Saat terjadi kecelakaan, sakit, maupun kematian, maka uang akan dicairkan.

Perbedaan Asuransi Jiwa Biasa dan Syariah
Anda pasti ada yang bertanya-tanya mengenai adanya asuransi jiwa biasa dan juga syariah. Pada dasarnya keduanya memiliki sistem yang sangat berbeda. Perbedaan pertama terletak dari adanya Dewan Pengawas Syariah untuk asuransi syariah. Pihak Asuransi konvensional tidak memiliki badan pengawas tersebut.

Sifat perjanjian antara keduanya juga sangat berbeda. Asuransi syariah bersifat tolong-menolong. Sedangkan asuransi konvensional lebih bersifat pada jual beli. Pada asuransi syariah, pemegang polis dengan pihak perusahaan sama-sama saling berbagai resiko. Sedangkan Asuransi konvensional lebih membebankan resiko kepada pihak perusahaan asuransi.

Pembayaran klaim antara kedua jenis asuransi jiwa tersebut juga berbeda. Asuransi syariah melakukan pembayaran klaim dengan menggunakan rekening Tabarru’. Rekening Tabarru’ adalah dana hibah dari peserta lainnya yang pemberiannya bersifat sukarela dalam menanggung resiko. Sedangkan asuransi konvensional, pembayaran klaim dilakukan dari rekening perusahaan asuransi.

Manfaat Asuransi Jiwa Syariah
Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mendaftarkan diri di Asuransi Jiwa Syariah. Manfaat yang pertama adalah penyediaan perlindungan yang menyeluruh, sehingga Anda akan mendapatkan pendanaan saat terjadi kecelakaan kerja maupun kejadian buruk lainnya.

Saat ada peserta lain yang mengalami hal serupa, maka resiko tersebut akan dibagi secara merata oleh peserta asuransi lainnya. Sedangkan peserta lain akan membayarkan dana kontribusi yang bersifat sukarela dan ditampung di rekening bersama.

Rekening bersama tersebut bukan merupakan milik dari perusahaan asuransi. Asuransi perlindungan jiwa syariah dengan kata lain pembayaran akan dilakukan secara sukarela di antara para peserta yang ada, sehingga tidak memberatkan pihak perusahaan maupun peserta lainnya.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...