Wednesday, September 26, 2018

TIPS MEMILIH GENERATOR YANG TEPAT UNTUK RUMAH TANGGA

source: pixabay
Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan generator. Bahkan mungkin generator sudah erat kaitannya dan menjadi kebutuhan semua orang. Gedung-gedung dan pusat perbelanjaan biasanya menggunakan generator untuk melancarkan aktivitas dalam bangunan tersebut agar tidak terputus karena mati lampu.

Untuk sekarang ini, penggunaan generator untuk perangkat instalasi listrik tidak hanya digunakan untuk pabrik, bangunan besar dan acara tertentu. Penggunaan generator untuk skala rumah tangga juga sudah sering dijumpai. Sebenarnya bagaimana sih memilih generator untuk rumah tangga? Berikut tips memilih generator untuk rumah tangga. 

1. Pilihlah Generator dengan Merek dan Tipe yang Direkomendasikan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi mengenai merek dan tipe generator kelistrikan tertentu. Carilah informasi sebanyak mungkin sebagai bahan pertimbangan. Selain itu, bacalah review mengenai produk yang akan kamu beli dan periksalah kartu garansi yang dilengkapi dengan servis senter generator.

2. Tentukan Tipe Generator yang Diinginkan
Pada umumnya, generator untuk perangkat instalasi listrik memiliki dua tipe yaitu tipe open dan tipe genset yang menggunakan diesel dengan alternator. Generator tipe open cendeung memiliki kapasitas di bawah 10 KVA yang digunakan di tempat yang ramai. Namun generator dengan tipe open dengan KVA yang lebih besar biasanya digunakan bangunan besar.

3. Tentukan Kebutuhan Listrik dan Tujuan Membeli Generator
Hal yang perlu kamu perhatikan adalah menentukan peralatan apa saya yang akan kamu gunakan ketika listrik padam. Apabila kamu hanya menggunakan perangkat tertentu saja, belilah genset dengan kapasitas watt yang rendah, namun, apabila kamu menginginkan semua peralatan rumah dapat bekerja dengan maksimal, belilah genset dengan watt yang lebih tinggi.

4. Perhatikan Spesifikasi Generator yang Dibeli
Kapasitas rated power/prime output pada generator kelistrikan pada umumnya bersatuan KVA. KVA merupakan daya yang dapat di-supply oleh generator. Jangan mudah tergiur dengan istilah stand by output yang memiliki nilai rated power/prime output 10 hingga 15 persen lebih tinggi dari pada generator pada umumnya.

5. Beberapa Generator Dilengkapi dengan Kartu Garansi
Biasanya ada beberapa penjual yang mengharuskan kamu unutk membeli kartu garansi ataupun masa perpanjangan garansi yang ditawarkan bersama generator. Jadi, ketika kamu membeli generator pastikan untuk bertanya mengenai garansi dan jaminan mengenai produk yang akan kamu beli. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Nah, itulah beberapa tips memilih generator untuk perangkat instalasi listrik. Sedangkan untuk industry, Sewatama merupakan solusi terbaik masalah kelistrikan. Yuk segera dapatkan berbagai produk dan jasa seputar kelistrikan yang berkualitas hanya di Sewatama.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...