Wednesday, February 21, 2018

MENGALAMI GEMPA BUMI SAAT MENGENDARAI MOBIL? LAKUKAN HAL PENTING INI!

pic source: pixabay
Bencana alam memang hampir selalu timbul di luar dugaan kita. Itulah sebabnya kita harus menentukan langkah antisipasi yang tepat untuk meminimalkan risiko bencana alam. Salah satu langkah antisipasi yang bisa kita lakukan adalah mengurus kepemilikan asuransi. Mobil kesayangan juga butuh asuransi untuk meminimalkan risiko kerusakan akibat bencana alam, pencurian, atau hal tak terduga lainnya.

Asuransi mobil yang bagus akan memberikan proteksi sesuai kebutuhan kita. Sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkan kondisi finansial saat mobil mengalami kerusakan. Kendati demikian, kita tetap harus sigap menyikapi bencana alam yang terjadi di depan mata. Kalau tiba-tiba terjadi gempa bumi saat kita mengendarai mobil, maka kita harus segera melakukan hal-hal penting ini:

Segera Menghentikan Laju Mobil
Jika gempa bumi mendadak terjadi saat kita mengendarai mobil, kita harus segera menghentikan laju mobil. Karena kondisi gempa bumi bisa membuat kita kehilangan keseimbangan. Berhenti dan menepi akan meminimalkan risiko kecelakaan beruntun yang bisa terjadi akibat gempa bumi.

Jangan Menepi di Tempat Tertutup
Alangkah lebih baik jika kita tidak menepikan mobil di tempat yang tertutup. Beberapa tempat seperti lahan parkir gedung, bawah jalan layang, atau tempat yang dekat dengan pohon dan tiang listrik ternyata berbahaya. Karena reruntuhan gedung, pohon, atau jalan layang bisa menimpa mobil. Kita harus menempatkan mobil di lahan terbuka yang luas dan membuat kita mudah bergerak.

Tak Perlu Keluar dari Mobil
Demi alasan keamanan, sebaiknya kita tidak keluar dari mobil selama gempa bumi terjadi. Aktifkan rem tangan dan tunggulah di dalam mobil hingga gempa mereda. Berada di dalam mobil yang parkir di tempat terbuka jauh lebih aman daripada berada di dalam gedung. Jangan lupa memperhatikan keadaan sekeliling kita agar bisa melakukan langkah antisipasi berikutnya secara cepat.

Mendengarkan Info Update dari Radio

Saat berlindung di mobil, aktifkan radio mobil dan media sosial. Supaya kita bisa mendengar info paling up to date soal gempa bumi. Jika gempa bumi berpotensi menimbulkan tsunami atau bahaya lainnya, kita pun bisa mengambil langkah penyelamatan lebih cepat.

1 thoughts:

$cocoper6 said...

Seringnya tidak berasa kalau lg gempa, mybe gempa ringan. Apalagi nae motor, selama ini sy jrg ngerasa gempa kalau lg nae kendaraan.
Mungkin, gempa ny hrs agak lama x

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...