Monday, February 19, 2018

HANDMADE BISA MENJADI BISNIS YANG MENJANJIKAN

Source: dreamstimes.com
Menjalankan sebuah bisnis memang tidak semudah yang Anda bayangkan. Jika melihat dari bisnis-bisnis lainnya yang sudah sukses, memang terlihat cukup mudah untuk menjalankannya. Bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan, kita memerlukan sebuah modal untuk bisa memulai berbisnis. Tetapi bagaimana jika tidak memiliki modal yang besar? Sebenarnya berbisnis tidak harus mengeluarkan banyak modal.

Bagi para pemula yang ingin melakukan bisnis, tetapi bingung karena tidak memiliki modal banyak. Hal ini merupakan bukan kendala yang besar untuk Anda. Bisnis bisa dilakukan dengan menggunakan apa saja, salah satunya melakukan bisnis dengan keahlian atau kreatifitas yang Anda miliki. Biasanya produk yang dibuat dengan menggunakan hasil tangan sendiri justru dinilai lebih mahal daripada hasil dari sebuah mesin. Produk yang biasanya dibuat dengan tangan sendiri disebut handmade.

Bisnis handmade ini adalah salah satu jenis bisnis yang menggunakan ilmu dari kreatifitas seseorang dalam menghasilkan sebuah produk tertentu untuk dijual. Handmade ini sudah mulai berkembang dan banyak ditemukan dimana saja. Jika hasil yang Anda buat unik, bagus, dan rajin, maka akan banyak menarik perhatian konsumen di pasaran. Proses handmade ini lebih banyak disukai oleh beberapa orang karena pembuatannya yang lebih intens dan lebih ekslusif. Tak hanya untuk mengasah kemampuan dan kreatifitas saja, namun bisa juga dijadikan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa menjadikan Anda sebagai pebisnis handmade yang professional.

· Bagi Anda yang baru akan merintis bisnis, hal yang pertama harus dipikirkan adalah fokus terhadap satu bisnis saja terlebih dahulu. Karena masih banyak pebisnis yang terlalu semangat, sehingga tanpa berpikir panjang melakukan beberapa bisnis sekaligus dalam satu waktu. Hal ini akan mengacaukan jalannya bisnis Anda nanti. Untuk itu, fokus saja dahulu kepada satu bisnis.

· Buatlah bisnis yang didasarkan dengan adanya kesenangan atau hobi atau bakat. Karena sesuatu yang dijalankan dari hati karena senang melakukannya akan berdampak baik, khususnya dalam menjalankan bisnis. Jadi jika Anda memiliki kreatifitas tinggi, bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

· Harus mengenali kekurangan serta kelebihan dari diri sendiri. Jikan bukan kita sendiri yang menganali kekurangan dan kelebihan didiri sendiri, siapa lagi yang akan mengenal diri sendiri dari pada kita sendiri? Dalam hal berbisnis, keegoisan ini perlu sekali untuk dihindari karena akan menghambat bisnis Anda. Ada baiknya jika Anda memilih orang terdekat dan sudah berpengalaman masalah bisnis untuk membimbing Anda dalam menjalankan bisnis.

· Lebih sering dalam berbaur dengan teman yang juga satu bidang yaitu seorang pebisnis. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih lagi dalam berbisnis, agar semakin sukses dalam menjalankan bisnis yang akan Anda jalankan.

· Anda harus bisa belajar dari sebuah kegagalan yang pernah dialami, bukan justru menyerah tetapi harus bangkit dan pelajari terus kenapa Anda bisa gagal. Seseorang yang mau belajar dari kegagalannya dapat menjadi orang yang sukses di masa depan.

Mungkin untuk Anda para pemula bisnis yang juga tertarik dan memiliki minat menjalankan sebuah bisnis khususnya untuk membangun bisnis handmade, berikut ini ada contoh macam-macam bisnis handmade yang dapat menginspirasi Anda untuk berbisnis di rumah:

· Boneka Handmade
Dengan memiliki sebuah kreatifitas dan ide, sebuah mainan seperti boneka bisa menjadi salah satu contoh benda atau barang handmade yang bisa diperjualkan oleh Anda. Dengan mengandalkan ide ide yang kreatif, Anda bisa mengkreasikan menjadi sebuah boneka handmade yang unik dan lucu. Ini akan menjadi salah satu dari nilai jual Anda. Anda bisa mengambil konsep seperti boneka berkarakter kartu yang sedang banyak digemari oleh orang-orang khususnya mungkin untuk anak-anak.

· Tas Perca
Dalam berbisnis, Anda harus bisa mengutamakan kualitas yang tinggi. Di dalam bisnis handmade ini, Anda bisa menampilkan sesuatu yang kreatif dan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga akan dinilai dengan kualitasnya yang tinggi. Salah satunya dengan membuat tas yang dibuat dari perca atau barang bekas. Tas perca ini sudah banyak beredar di beberapa daerah. Karena kunikannya, tas perca juga dijual dengan harga yang cukup tinggi. Padahal bahan pembuat tas perca seperti bungkus jajanan kopi, susu, dan bungkus lainnya yang terbuat dari plastik.

· Gelang
Barang handmade ini pun dapatmenjadi aksesoris cantik yang biasanya dipakai oleh banyak orang khususnya wanita, aksesoris tersebut yaitu gelang handmade. Biasanya untuk membuat barang atau aksesoris cantik ini Anda bisa saja hanya menggunakan tenaga manusia, namunakan lebih baik jika proses pembuatannya di dukung dengan alat-alat tertentu agar lebih mudah dan cepat. Aksesoris cantik ini biasanya digunakan oleh wanita, bahkan sekarang ini banyak juga digunakan oleh pria. Jadi untuk target pasar atau target pembeli untuk penjualan aksesoris ini tidak akan sulit untuk menentukan target pasarnya karena bisa digunakan untuk beberapa kalangan yang menyukainya.

· Membuat Bantal
Bantal yang terbuat dari kapuk mungkin Anda sudah sering menjumpainya bahkan selalu menggunakannya. Namun, untuk bantal yang unik dan terbuat dari kain tertentu yang dikreasikan dengan motif-motif menarik lainnya akan menjadi hal yang berbeda. Karena saat ini sudah banyak terjual bantal handmade yang dikreasikan dengan beberapa motif, warna, dan aksesoris tertentu. Misalnya bantal yang terbuat dari flannel dan dihiasi dengan beberapa aksesoris cantik seperti mutiara, gambar kartun, dan nama. Bantal handmade ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai kado ulang tahun atau untuk diberikan kepada orang terkasih.

· Baju
Di jaman yang modern ini, fashion sudah menjamur ke seluruh wilayah yang ada di dunia ini. Jenis jenis dan macam macam dari fashion juga sering kali berubah setiap waktu. Bisnis fashion ini merupakan salah satu bisnis yang terlaris di dunia. Untuk itu, peluang usaha bisnis fashion ini sangatlah berpeluang besar untuk Anda. Apalagi jika Anda memiliki ketrampilan menjahit, untuk memulai bisnis fashion adalah ide yang sangat bagus. Anda bisa membuat baju-baju yang unik dan kekinian tentunya. Misalnya seperti baju remaja masa kini yitu cardigan dengan model kimono yang sedang menjadi tren baju dari wanita. Selain baju manusia, Anda juga bisa membuat baju-baju lucu seperti baju barbie.

Demikian beberapa tips untuk melakukan bisnis dengan baik. Contoh bisnis handmade yang ada di atas hanya untuk contoh bisnis handmade yang dapat menginspirasi Anda saja sebelum melakukan bisnis ini. Keuntungan lainnya melakukan bisnis handmade yaitu karena kita juga tidak memerlukan tempat tertentu untuk membuat produk-produknya, untuk pemula Anda bisa melakukannya di rumah atau seperti home industry. Modal tetap menjadi salah satu yang dibutuhkan untuk berbisnis, jika Anda memerlukan modal kini sudah ada Lonify kredit Online yang melayani pinjaman uang dengan mudah. Selain itu, juga bisa dengan melalui Tien24 yang melayani pinjaman online.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...