Friday, January 26, 2018

DEMI NIKAH, SEBAIKNYA KAMU IKUTI BEBERAPA TIPS BERIKUT INI

Berpasang-pasangan pada esensinya merupakan fitrah alam. Jadi setiap orang pasti sudah digariskan bertemu jodohnya. Namun jodoh tidak datang begitu saja, melainkan mesti kamu jemput. Untuk menjemput jodoh, tentunya kamu membutuhkan budget yang tidak sedikit. Jodohmu tentunya seorang manusia yang punya hasrat ingin hidup lebih baik.

Jadi kamu mesti mempersiapkan segalanya dengan baik seperti rumah, biaya hidup sehari-hari, biaya traveling, dan lainnya. Bagi kamu yang punya plan nikah beberapa bulan atau tahun kedepan, tentu kamu mesti mempersiapkan segalanya dengan baik, salah satunya yaitu kondisi finansial. Berikut ini kami ingin membahas beberapa tips mengelola keuangan agar kamu bisa segera menikah.

· Tentukan Target yang Jelas
Dari segi finansial, menikah bukanlah hal yang biasa-biasa saja. Kamu membutuhkan budget yang tidak sedikit untuk menggelar resepsi pernikahan. Minimal biaya yang harus kamu keluarkan yaitu 20 juta rupiah, itu ‘pun digelar dengan sangat sederhana dan tanpa menggunakan venue. Jika kamu ingin menikah, maka pastikan kamu telah menentukan target finansial yang jelas.

Misalnya targetmu yaitu 30 juta rupiah. Jika gaji bulananmu hari ini yaitu 5 juta rupiah, maka kamu bisa membuat plan tabungan 2 juta rupiah perbulan sehingga kamu bisa nikah 15 bulan kedepan. Saat proses menabung, jangan lupa untuk meyakinkan calon pasangan, bahwa kamu sedang mempersiapkan resepsi pernikahan. Kalau bisa, tunangan dulu dech biar aman.

· Kurangi Nongkrong

Namanya lajang, nongkrong sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Ketika melajang, seseorang belum memiliki aturan-aturan baku layaknya ketika sudah menikah. Alhasil, lajang bebas pergi kemanapun dan kapanpun, tanpa ada yang melarang. Namun jika kamu punya plan menikah, maka sudah sewajarnya kamu mengurangi kegiatan nongkrong. Apalagi jika kamu terbiasa nongkrong di kafe atau restoran yang harga makanan/minumannya lumayan mahal. Jika kamu punya plan menikah, sebaiknya segera berubahlah menjadi family man, dengan lebih banyak stay di rumah daripada diluar rumah. Perbanyak konsultasi dengan ibu atau ayah, agar nantinya kamu lebih siap membangun bahtera rumah tangga.

· Hematlah Dalam Kencan
Selain nongkrong, aktivitas lain yang cenderung menguras keuangan yaitu kencan bersama pasangan. Bersama pasangan, tentunya kamu menginginkan momen-momen yang romantis dan menyenangkan, dan hal itu membutuhkan budget lumayan dalam. Kamu mesti mengajaknya ke suatu tempat (biasanya sih restoran atau destinasi wisata), dan kamu ‘pun mesti mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jika kamu punya plan nikah dalam waktu dekat ini, sebaiknya kurangi dulu rutinitas kencan bersama pasangan. Beri tahu pasangan bahwa kamu sedang menabung untuk resepsi pernikahan. Jika kamu mau kencan bersama pasangan, pastikan tempatnya tidak terlalu mewah, sehingga kamu tak perlu keluar ongkos terlalu banyak.

· Belanja Online

Untuk menghemat budget, sebaiknya kamu lebih banyak belanja online daripada offline. Mengapa? Karena kamu tak perlu keluar ongkos bensin, makan, parkir, dan lain-lain. Tak hanya itu, lewat belanja online ini pula kamu bisa menemukan banyak sekali situs belanja online cashback, salah satunya yaitu Hadiah.ME. Hadiah.ME telah bekerjasama dengan beberapa marketplace terbesar di Indonesia, sehingga kamu bisa membeli produk apapun dengan biaya yang lebih murah. Kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan cashback dengan presentase yang berbeda-beda. Tak hanya itu, Hadiah.me juga memberikan voucher dan juga poin, sehingga belanja online menjadi lebih fun dan lebih murah tentunya. Langsung saja kunjungi situsnya di www.hadiah.me.

· Fokus Pada Rumah
Banyak orang yang bertanya, “rumah dulu atau mobil dulu ya?” 
Jika kamu punya rencana menikah, sebaiknya fokuslah dulu pada rumah daripada mobil. Kamu bisa saja ngontrak atau tinggal di rumah mertua, namun percayalah bahwa kamu bersama pasangan pasti lebih nyaman tinggal di rumah sendiri. Jangan gengsi jika hari ini kamu masih menggunakan sepeda motor karena kamu memang berniat untuk membeli rumah.

Menikah merupakan ritual yang sangat suci sekaligus ritual yang membutuhkan budget yang tidak sedikit. Bagi kamu yang sudah kebelet ingin kawin, sebaiknya kamu aplikasikan beberapa tips mengelola keuangan diatas. Semoga bermanfaat.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...