Wednesday, November 1, 2017

CARA MENGATASI BIANG KERINGAT DI WAJAH


Siapa yang nggak kenal biang keringat?
Tentu saja sebagian besar dari kita sudah pernah mengalaminya, paling tidak sekali dua kali. Biang keringat adalah ruam atau bintik-bintik kemerahan di suatu titik tertentu pada kulit. Jika kulit kita terdapat ruam atau bintik-bintik kemerahan ini maka kita akan merasa gatal dan sangat tidak nyaman.

Biang keringat biasanya terjadi pada anak-anak meskipun bisa juga terjadi kepada orang dewasa seperti kita. Biang keringat adalah salah satu contoh terjadinya iritasi kulit dan ini disebabkan biasanya oleh cuaca panas dan suhu yang lembap sehingga kelenjar keringat yang terdapat pada kulit kita tersumbat dan tidak dapat mengeluarkan keringat secara normal. Karena penumpukan keringat yang tersumbat di bawah kulit ini maka terjadilah biang keringat.

Selain tidak nyaman, biang keringat juga bisa mengganggu penampilan, terutama jika letaknya berada di wajah kia. Nah bagaimana cara mengatasi biang keringat di wajah?
Berikut ini bisa kita lakukan untuk meringankan biang keringat tersebut:

#1 Pindah ke tempat bersuhu dingin dan sejuk
Karena terjadinya biang keringat disebabkan oleh cuaca yang lembap dan panas, maka langkah pertama untuk mengatasinya adalah, pindah ke tempat yang suhunya dingin dan sejuk. Jika anda tadinya berada di luar ruangan, maka carilah tempat dalam ruangan yang suhunya lebih dingin dan membuat anda nyaman, ini akan meringankan biang keringat.

#2 Lepaskan pakaian ketat
Jika memungkinkan untuk berada di dalam rumah/kamar yang anda tempati secara pribadi, maka segera lepaskan pakaian anda terutama jika pakaian anda ketat. Hindari menggunakan handuk untuk menyeka keringat anda, biarkan kering secara alami karena udara di dalam ruangan yang anda tempati.

#3 Minum air dingin
Tubuh anda yang terasa panas setelah berada diluar tentu merasa kehausan. Pilih air dingin untuk menghilangkan dahaga sekaligus menurunkan suhu tubuh anda, akan lebih baik jika air putih saja. Hindari sementara minuman yang hangat atau panas jika anda masih merasa gatal pada daerah dimana terjadi biang keringat dan saat suhu tubuh anda masih terasa tinggi.

#4 Mandi dengan air dingin
Untuk mempercepat turunnya suhu tubuh anda yang sedang kepanasan, mandilah dengan air dingin atau air dengan suhu ruang yang tidak hangat/panas. Akan lebih baik jika anda mengguyur rambut dan kepala untuk menurunkan rasa panas yang anda alami di luar ruangan. Air akan membantu merilekskan tubuh anda dengan cepat.

Gunakan juga sabun yang lembut dan mengandung anti bacterial untuk membersihkan seluruh tubuh dan area dimana biang keringat timbul kemudian bilas dan biarkan mengering setelahnya.

#5 Pakai bedak dingin atau cream untuk meringankan rasa tidak nyaman
Biang keringat menyebabkan rasa gatal yang tentunya membuat kita merasa tidak nyaman. Pakailah bedak dingin atau cream yang diformulasikan untuk mengurangi rasa gatal akibat biang keringat.

#6 Hindari memenceti ruam dan bintik merah pada biang keringat
Bintik-bintik merah ruam pada kulit mungkin membuat anda gemas dan ingin segera menghilangkannya dari wajah seperti halnya jerawat. Namun tahanlah diri anda untuk tidak melakukannya karena yang anda lakukan hanya akan menimbulkan bekas luka pada wajah anda nanti yang sama saja akan mengganggu penampilan. Lebih baik biarkan hingga sembuh dengan sendirinya.

#7 Jika biang keringat tetap ada selama lebih dari dua hari, segera hubungi dokter

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...