Sunday, November 5, 2017

CARA MEMILIH SUNBLOCK

pic source: pixabay.com
Sinar matahari pagi memang baik untuk kulit, namun sinar matahari siang justru sebaliknya lho. Paparan sinar matahari pada kulit kita yang tidak terlindungi dapat menyebabkan banyak dampak negatif seperti kulit terbakar, penuaan dini atau proses keriput pada kulit yang lebih cepat, degenerasi kulit hingga kanker kulit.

Sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari setiap hari untuk mencegah dampaknya yang merusak kulit kita, terutama untuk kita yang sering beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya alias sunblock sudah lama dikenal sebagai pelindung yang aman untuk kulit dalam menghadapi jahatnya sinar matahari selama beraktivitas baik di dalam dan diluar ruangan.

Memangnya kalau di dalam ruangan terus masih perlu sunblock?
Iya dong... perlu kita tahu bahwa sinar UV tidak hanya ada pada matahari di luar ruangan saja, saat berada di dalam rumah tidak ada jaminan 100 persen kita tidak terkena sinar matahari sama sekali selain itu lampu di dalam ruangan juga bisa memberikan dampak negatif pada kulit kita.

Nggak mau dong kalau di usia muda kita sudah harus mengalami flek-flek kulit parah maupun penuaan dini alias keriput di wajah. Memang sih usia tidak akan bisa dihambat namun paling tidak kita memiliki 'senjata' untuk membuat agar penuaan tidak berkunjung sebelum waktunya atau prosesnya yang tidak akan berjalan dengan drastis. Sunblock juga membantu mengurangi efek-efek penuaan dini karena sinar UV ini, jadi jangan heran kalau ada orang yang rajin memakai sunblock dan terlihat jauh lebih muda dari usianya yang sebenarnya.

Pakai sunblock it's a must lah untuk mengawali hari baik aktivitasmu bakalan seharian di dalam atau di luar ruangan. Dengan banyaknya merk-merk sunblock yang beredar di pasaran kita tentunya jadi kebingungan mana yang bakalan kita pilih untuk menjadi mitra kulit kita dalam perlindungan dari pengaruh jahat sinar UV kan?

Jadi gimana cara memilih sunblock yang tepat buat kita?

#1 Memilih nilai SPF
Memilih SPF dari sunblock yang mau kita beli adalah langkah pertama yang harus dipikirkan. Apa kita orang yang lebih sering beraktifitas di dalam atau di luar ruangan? Jika kita lebih sering berada di luar ruangan makan memilih SPF 50 lebih cocok dengan kita. Namun kalau sering berada di dalam ruangan saja untuk aktivitas sehari-hari maka SPF 30 sudah cukup untuk kita.

Jenis sunblock juga tergantung jenis aktivitas kita, misal kalau kita ingin berenang tentu akan lebih baik untuk memilih sunblock yang tidak mudah luntur kena air atau water resistant.

#2 Pilih yang memiliki nilai +
Setiap kali ada produk sunblock, kita pasti sering melihat-lihat tulisan yang terdapat dikemasannya. Ada sunblock yang menambahkan PA ++ dipermukaan kemasan sunblock. Artinya apa sih?
Sunblock diformulasikan untuk melindungi kita dari UV B, sementara ada 2 jenis sinar UV yaitu UV A dan UV B dan keduanya sama-sama bisa berdampak negatif pada kulit kita. Sunblock yang menambahkan PA ++ atau PA+++ juga menjaga kulit kita dari dampak UV A sehingga kulit kita mendapatkan perlindungan menyeluruh untuk berhadapan dengan kedua jenis sinar ini.

#3 Hindari sunblock dengan bentuk spray
Pilih sunblock dengan bentuk spray alih-alih lotion, karena ketika menggunakan spray kita seringkali tanpa sadar melewatkan beberapa bagian kulit. Sayang kan kalau nggak tersentuh sunblock karena kelewatan. Lotion lebih baik karena membuat kita harus mengoleskan ke tubuh kita dengan merata.

Jadi... siap pilih sunblock untuk perlindungan kulitmu?


1 thoughts:

Gustur said...

Jujur, aku belum pernah pake ginian nyin :(

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...