Monday, October 30, 2017

APAKAH ANDA HAMIL? 3 TANDA AWAL INI AKAN MEMBANTU ANDA MEMASTIKAN

pic source: pixabay.com
Pada saat dua minggu pertama masa kehamilan, maka ini akan sulit bagi anda untuk mengetahui apakah benar anda sedang hamil? Karena tentu saja tanda-tanda kehamilan pada usia kandungan awal belum terlalu kentara. Namun jika anda perhatikan, bahwa adanya perubahan-perubahan yang tidak biasa terjadi maka bisa jadi anda sedang hamil. Perubahan seperti nafsu makan yang berbeda dari biasanya dapat juga menunjukkan bahwa anda sedang hamil. Anda bisa jadi menyadari adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh anda seperti merasa kurang enak badan, tubuh terasa sakit dan mual muntah. Jika anda menduga kalau anda sedang mengalami kehamilan, jangan ragu untuk segera mengambil testpack dan melakukan tes kehamilan sederhana kemudian kunjungilah dokter.

Menyadari bahwa anda sedang mengalami perubahan mood dan energi
Sekian lama menghadapi mood swing, masa-masa sakit dan banyak hal pada tubuh kita maka akan membuat kita otomatis aware tentang adanya perubahan yang dialami tubuh kita. Mudah merasa lelah adalah tanda-tanda awal untuk kehamilan. Bahkan ketika anda tidak mengubah rutinitas anda sehari-hari dan tidur dengan cukup, namun anda mungkin akan merasa kelelahan seharian. Rasa lelah yang tidak terjelaskan ini adalah termasuk dari tanda awal masa kehamilan.

Perubahan selera makan juga termasuk dalam fase ini. Mungkin anda akan merasa terganggu dengan rasa bahkan aroma makanan dan minuman yang sebelumnya bisa anda konsumsi tanpa masalah. Anda bisa jadi juga mendadak sangat menginginkan suatu makanan/minuman dan merasa keinginan itu harus dituruti.

Perubahan mood yang cepat dan tiba-tiba juga akan anda rasakan pada saat-saat ini, merasa mendadak sedih tanpa alasan atau marah-marah sendiri. Gejala mood swing-nya sedikit mirip dengan PMS sehingga mungkin anda tidak akan menyadari perubahan ini karena menganggap bagian dari gejala PMS.

Aware pada perubahan yang terjadi pada tubuh anda
Tidak semua wanita memperhatikan jadwal menstruasinya dengan teliti, kebanyakan hanya sekadar menjalaninya tanpa merasa harus memiliki catatan jadwal menstruasinya per bulan secara akurat. Ada juga yang tetap mengamati hanya saja berdasarkan ingatan dan tetap saja tidak memiliki catatan khusus. Padahal jadwal menstruasi ini adalah data penting yang harus dimiliki wanita untuk deteksi sejak dini apa yang sedang dialami tubuhnya.

Karena itu jangan lupa untuk mencatat jadwal menstruasi anda, sehingga jika meleset maka ada banyak kemungkinan kenapa itu terjadi, salah satunya adalah kehamilan. Selain perubahan siklus menstruasi tentu saja ada perubahan lain seperti sering mual-mual dan muntah serta merasakan sakit dibeberapa bagian tubuh, payudara terasi nyeri dan sebagainya. Nyeri dan sakit yang anda alami tidak berbeda dengan menjelang atau masa menstruasi sehingga anda mungkin akan salah sangka.

Evaluasi Medis
Ketika anda mendapati semua ciri-ciri mengarah kepada kehamilan anda dan anda mulai merasa senang bahkan telah merencanakan untuk membuat janji dengan fotografer keren untuk abadikan momen kehamilan anda seperti dalam artikel berikut https://www.zwitsal.co.id/momen-kehamilan. Namun jangan terburu-buru dengan itu.

Karena meskipun kitalah yang paling mengenal tubuh kita sendiri namun ingatlah bahwa apa yang kita tahu bisa saja salah. Dibutuhkan alat yang dapat lebih baik mengindikasi adanya kehamilan. Karena untuk beberapa kasus tertentu gejala perubahan pada tubuh hanya soal hormon atau malah adanya penyakit.

Lakukan tes di rumah dengan testpack untuk memastikan, sebaiknya anda lakukan di buang air kecil pertama ketika bangun pagi karena air kencing pada saat pertama bangun pagi dinilai paling akurat dalam mendeteksi kehamilan.

Hasil menunjukkan positif? Selamat dan segera buat janji dengan dokter kandungan agar kehamilan anda terjaga kesehatannya baik ibu dan bayi. Jika negatif, jangan kecewa karena meskipun sangat jarang terjadi tapi hasil testpack bisa salah juga. Segera cek ke dokter jika gejala perubahan pada tubuh anda tetap terjadi.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...