Thursday, October 19, 2017

3 HAL YANG HARUS ANDA LAKUKAN UNTUK PERSIAPAN MELAHIRKAN SECARA NORMAL

pic source: parentingclub.co.id
Kelahiran normal dulunya dikenal sebagai satu-satunya cara untuk melahirkan bayi. Melahirkan secara normal atau persalinan alami adalah cara melahirkan bayi dengan sangat sedikit intervensi obat atau operasi. Persalinan dengan cara alami ini bisa dilakukan di rumah, bidan terdekat maupun di rumah sakit. Kebanyakan orang lebih memilih melahirkan dengan cara alami di bidan terdekat atau di rumah sakit ibu dan anak.

Para ibu dengan kondisi kehamilan yang baik mampu membuat pilihan akan melahirkan secara normal atau caesar, kebanyakan dari mereka lebih memprioritaskan untuk melahirkan secara normal.

Jika anda salah satu dari calon ibu yang memutuskan untuk melahirkan normal, jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan terhadap apa yang akan anda hadapi. Contoh bertanya pada teman atau saudara yang telah melahirkan secara normal. Tentang apa saja kendala yang dihadapi sebelum, ketika dan sesudah persalinan, proses pemulihan dan hal-hal semacam itu. Banyak bertanya saat konsultasi dengan dokter kandungan juga akan membantu anda memiliki gambaran utuh tentang kelahiran normal sehingga anda akan lebih siap menghadapi prosesnya nanti.

Baik anda memutuskan untuk melahirkan di rumah, di bidan terdekat atau di rumah sakit, tetap saja ada beberapa hal yang harus anda siapkan untuk melahirkan secara normal atau alami terutama jika prediksi hari kelahiran sudah dekat. Apa saja yang harus dipersiapkan?

#1 Pilih orang yang paling anda percayai dalam proses melahirkan nanti
Sebelum prediksi hari kelahiran dekat, bahkan jika bisa jauh sebelum tanda tanda persalinan sudah dekat, pilihlah tenaga medis yang sekiranya paling anda percaya dan paling mampu untuk membuat anda merasa nyaman. Baik bidan maupun dokter kandungan. Karena hubungan antara pasien dan tenaga medis adalah hubungan kepercayaan, akan baik sekali jika anda misalkan sudah nyaman dengan seorang dokter kandungan yang selama ini secara rutin memberikan anda konsultasi dan kontrol kehamilan maka anda juga dibantu proses kelahirannya oleh dokter kandungan tersebut. Selain faktor nyaman, dokter anda juga yang paling tahu bagaimana kondisi kehamilan anda sejak awal kontrol kehamilan.

#2 Tentukan pendamping selama masa melahirkan
Tentu anda akan sangat membutuhkan pendamping selama masa melahirkan nanti. Pendamping inilah yang akan terus mensupport anda untuk melakukan yang terbaik dan melewati proses melahirkan dengan lancar. Biasanya para istri cenderung meminta suaminya untuk mendampingi selama masa melahirkan nanti, tetapi jika untuk beberapa kondisi suami tidak bisa menjadi pendamping ketika anda melahirkan, posisi pendamping bisa digantikan oleh orang tua anda, saudara atau sahabat. Yang jelas siapapun yang anda pilih untuk mendampingi masa melahirkan, pastikan orang tersebut mampu membuat anda nyaman dan mendukung anda dengan baik selama proses melahirkan yang sulit.

#3 Minta keluarga anda dan suami untuk bantuan setelah melahirkan
Setelah melahirkan, apalagi jika melahirkan secara normal biasanya kondisi seorang ibu akan sangat lemah dan masih memerlukan banyak waktu untuk masa pemulihan sesudah melahirkan. Masa-masa ini bisa jadi sangat rentan terhadap stress dan gangguan emosional selain kondisi fisik yang masih belum prima. Maka sejak dini, mintalah saran dan bantuan kepada pasangan dan seluruh keluarga untuk rekomendasi asisten rumah tangga jika sebelumnya anda tidak memilikinya untuk menghandle urusan rumah serta ibu anda atau ibu mertua untuk sesaat tinggal di rumah anda untuk mengajarkan cara merawat bayi karena tentu sebagai ibu baru banyak hal yang belum anda tahu.

Bayi baru lahir biasanya akan sering menangis, rewel dan terbangun pada malam hari sehingga membuat para ibu yang semestinya masih butuh waktu untuk menstabilkan kondisinya justru kurang waktu istirahat dan bisa stress. Itu pentingnya meminta dukungan seluruh keluarga ketika pasca melahirkan. 

Dukungan pasangan dan keluarga untuk merawat bayi anda sehingga anda bisa lebih banyak istirahat akan membuat kondisi tubuh anda lebih cepat pulih pasca melahirkan. Waktu istirahat yang cukup dan ibu yang bahagia juga akan menghindarkan anda dari emosi negatif pasca melahirkan seperti baby blues dan sejenisnya.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...