Saturday, September 9, 2017

5 ALAT PENTING YANG DIPERLUKAN OLEH SEORANG ARSITEK

pic source: una.co.id
Tanpa kita sadari, prospek kerja sebagai seorang arsitek sangatlah cerah di Indonesia, apalagi dengan diadakannya pembangunan-pembangunan gedung publik dan komersil yang digalakan oleh presiden kita, Bapak Joko Widodo.

Perlu diketahui, arsitek merupakan sebuah profesi yang memiliki peran sangat penting dalam perancangan maupun desain sebuah gedung berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dimilikinya. Biasanya, banyak sekali perusahaan arsitek Jakarta yang membutuhkan jasa arsitek ini demi melancarkan perencanaan maupun pembangunan gedung-gedung.

Nah terkadang dalam mendesain atau merancang suatu pembangunan gedung, para arsitek ini dibantu oleh alat-alat yang mempermudah pekerjaan mereka. Alat-alat ini biasanya mereka beli demi mempermudah perancangan dan perhitungan yang mereka lakukan supaya hasil akhirnya sempurna dan tidak bermasalah. Berikut ini adalah 5 alat penting yang menunjang kerja seorang arsitek.

Sharpie
Sharpie merupakan salah satu alat yang sangat membantu kerja seorang arsitek. Dengan menggunakan alat ini, seorang arsitek dapat membuat design yang diinginkan dengan rapi dan tidak berantakan. Apalagi, sharpie bisa juga digunakan untuk menebalkan desain yang sudah dibuat dengan menggunakan bantuan pensil.

Penggaris Sudut

Alat selanjutanya adalah penggaris sudut. Penggaris sudut ini memiliki fungsi untuk mempermudah pekerjaan dalam menggambar ataupun membangun desain bangunan dari kayu ataupun karton. Biasanya penggaris ini memiliki sudut 90 derajat.

Cutter
Seorang arsitek sangatlah jarang menggunakan gunting untuk mendesign atau membangun model bangunan yang ingin mereka presentasikan. Mereka selalu menggunakan bantuan cutter untuk memotong bagian-bagian penting karena lebih rapi dan mudah. Selalu pilih cutter yang kuat yang dapat memotong potongan karton atau kayu tipis dengan mudah dan cepat. Biasanya, untuk bisa mendapatkan cutter yang kuat dan tajam, kalian bisa mendapatkannya di toko-toko yang menjual alat perkakas maupun alat pertukangan.

Jangkar
Bukan jangkar kapal loh ya, tapi jangkar yang dapat membantu kamu menghasilkan gambar lingkaran yang sempurna. Alat ini ternyata sangat berguna juga bagi seorang arsitek, karena bisa memperhitungkan dimensi atau skala yang diperlukan dalam pembangunan gedung. Biasanya, jika membeli 1 set peralatan gambar, jangkar sudah termasuk ke dalamnya dengan berbagai ukuran dan fungsi.

Papan Gambar
Alat yang satu ini merupakan alat yang paling penting. Dengan menggunakan alat ini, seorang arsitek bisa melakukan desain dengan mudah dan cepat dengan bantuan perlatan-peralatan lainnya yang menunjang. Biasanya papan gambar seorang arsitek sudah dilengkapi dengan ukuran dan grafik untuk membantu mereka menentukan dimensi atau skala yang diperlukan dalam mendesign.

Nah itulah 5 alat penting yang dapat membantu seoarang arsitek dalam bekerja. Semua alat ini merupakan alat yang harus dipunyai supaya pekerjaan sang arsitek bisa lancar dan juga cepat.

1 thoughts:

Bayu Fajar Pratama said...

Sharpie itu yang gimana bentuknya ya mbak? Saya baru dengar istilahnya. Saya bukan seorang arsitek sih memang -_-

Terima kasih atas sharing informasinya mbak :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...