Monday, June 5, 2017

PENTINGNYA MENU SEHAT IBU HAMIL SELAMA BERPUASA


Banyak para wanita yang sedang hamil, bertanya-tanya apakah makanan yang mereka makan sudah cukup memenuhi semua kebutuhan kehamilan mereka. Apalagi saat hamil mereka cenderung lebih pilih-pilih makanan daripada sebelumnya, ada makanan favorit yang mereka tidak lagi suka saat masa hamil dan malah menyukai makanan lain yang semula mereka justru tidak pernah menyukainya.

Perbedaan selera antara sebelum dan ketika hamil ini bisa diperparah dengan morning sickness pada masa awal kehamilan yang membuat ibu hamil kesulitan mencukupi kebutuhan nutrisi mereka melalui makanan.

Bagaimana dengan wanita hamil yang berpuasa?

Dalam kondisi tubuh tertentu, wanita hamil diperkenankan untuk tidak turut menjalankan ibadah puasa karena kondisi fisik mereka yang lemah dan sebagainya. Namun jika merasa mampu menjalaninya, maka tentu saja selama kondisi badan sehat dan tidak ada gangguan selama puasa, maka boleh-boleh saja.


Kecukupan Nutrisi Ibu Hamil
Meskipun saat berpuasa otomatis nutrisi yang masuk ke tubuh akan lebih sedikit saat berpuasa dibandingkan dengan hari biasa, karena itulah persiapan yang matang tentang nutrisi dan manajemen waktu makan yang baik akan sangat diperlukan untuk menjaga ibu hamil tetap sehat selama berpuasa.

Ketika seorang ibu hamil sedang berpuasa, tentu kesempatan untuk mencukupkan kebutuhan gizi dan nutrisi bagi ibu dan bayi juga tidak sepanjang waktu. Selama waktu berbuka dan sahur adalah kesempatan bagi ibu hamil untuk mendapatkan semua kebutuhan nutrisinya. Makanya sangat penting untuk mengkonsumsi menu sehat ibu hamil di dua waktu ini untuk menjaga stamina dan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi.

Kebutuhan kalori Ibu Hamil
Kebutuhan kalori yang dikonsumsi ibu hamil juga harus menjadi pertimbangan dalam menyiapkan menu sehat ibu hamil. Seorang ibu hamil memerlukan kira-kira 2,700-2,8000 kalori dalam satu harinya, bahkan saat sedang berpuasa. Karena itu tidak cuma gizi dan nutrisi yang cukup untuk dijadikan pertimbangan.

Berikut ini contoh-contoh menu sehat ibu hamil yang dapat disiapkan untuk para ibu hamil yang berpuasa agar tetap dapat mencukupi semua kebutuhan tubuh dan bayinya:

Menu berbuka
Ibu hamil yang sedang berpuasa, ketika sudah datang waktu buka sebaiknya tidak lantas langsung makan makanan berat dan mengandung banyak karbohidrat seperti nasi dan mie. Makan makanan berat langsung setelah tiba waktu berbuka alih-alih akan membuat kita semangat tapi justru membuat perut kita begah dan tidak enak, juga menyebabkan kantuk setelah makan.

Lebih baik berbukalah dengan makanan-makanan ringan seperti buah-buahan, susu ibu hamil atau sepotong penganan untuk pengganjal perut yang lapar.

Menu makan berat
Ketika lapar seusai menunaikan ibadah sholat magrib, 30 menit setelah makan berbuka barulah boleh mengkonsumsi nasi dan lauk. Menu makanan yang disarankan terdiri dari, nasi, 1-2 potong lauk, semangkuk sayuran dan beberapa potong buah.

Menu makan malam
Sering lapar biasanya dialami oleh para wanita hamil. Setelah usai sholat tarawih dan merasa lapar lagi, jangan lewatkan waktu untuk kembali makan di jam-jam ini. Menu yang disarankan adalah 1 porsi nasi, 1 potong lauk atau satu butir telur, 1 mangkuk sayur kacang-kacangan dan segelas susu khusus ibu hamil. Bahkan meskipun tidak lapar saat jam-jam ini, usahakan untuk tetap makan demi mencukupi kebutuhan kehamilan.

Menu sahur
Sebisa mungkin jangan melewatkan makan sahur, bahkan meskipun perut belum atau tidak merasa lapar. Makanan yang disarankan adalah sepiring nasi, sepotong lauk - daging ayam, tahu/tempe, semangkuk sayur dan seporsi buah potong. Jangan lupa juga untuk minum susu untuk ibu hamil.

Demikian menu sehat yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil selama berpuasa. Semoga bermanfaat!

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...