Tuesday, May 30, 2017

TIPS MENJAGA KESEHATAN ALA PERANTAUAN


Sebagai anak rantau sakit karena salah pola hidup sangat sering terjadi. Saya pernah merasakannya bagaimana sakit di kota rantau sendiri harus merawat diri sendiri sampai sembuh. Menyiksa dan capek sudah jadi bagian dari hidup anak rantau. Kebiasaan yang tidak sehat menjadi sebab utama kenapa anak rantau bisa sering terkena sakit.

Penyakit datang dari apa saja yang masuk ke mulut. Makan makanan tidak sehat cenderung instan atau junk food menjadi alasan utama kenapa anak rantau mudah terkena penyakit. Kita tidak tahu bagaimana penjual mengolah makanannya, bahan apa saja yang digunakan, higienis atau tidak menjadi pertanyaan besar anak rantau ketika akan membeli makanan. Namun karena tidak ada pilihan lain ya akhirnya terpaksa harus membeli dan memakannya. Makanan dengan kualitas yang lebih baik tentu memiliki nominal harga yang mahal dan anak rantau memiliki budget yang kecil untuk membeli makanan.

Nah ketika saya berada di kota rantau ketika saya sedang sakit hal yang saya lakukan pertama kali adalah izin untuk tidak masuk kerja. Bagi saya lebih baik kehilangan uang hasil kerja pada hari itu daripada saya harus sakit parah dan sendiri tidak ada yang merawat. Tentu hal tersebut lebih menyiksa bukan?

Nah berikut adalah tips untuk pejuang anak rantau supaya tetap bisa hidup sehat walaupun di kota rantau. Check it out.

Memasak
Karena segala macam penyakit datang atau disebabkan oleh input yang tidak benar, maka hal pertama yang harus kita rubah adalah kebiasaan memakan makanan beli atau makanan jadi. Kita luangkan waktu sebentar untuk memasak dan memasak tidak butuh hal yang ribet kemudian jadi beban dan akhirnya tidak jadi masak deh. Niatkan luangkan waktu memasak misalnya memasak tumis kangkung dan tempe goreng, simple yet healthy tapi sudah terjamin kualitas makanan yang kamu masak untuk kesehatanmu.

Catering

Mungkin dari beberapa dari kalian ada yang tidak bisa meluangkan waktu untuk memasak karena agenda kuliah atau kerja yang padat. Oleh sebab itu catering merupakan solusi bagi kalian yang tidak mau rempong tetapi butuh. Saya pernah berlangganan catering dengan menyebutkan beberapa syarat makanan yang dikirim ke saya. Saat itu saya meminta less sugar less salt no fried. Nah karena perubahan pola makan tersebut lumayan lah saat itu berat badan bisa turun walaupun niat awalnya pola hidup sehat. Selain catering kamu juga bisa mencari tempat kos yang bisa menyediakan makanan untuk kamu. Seperti saat ini kos saya penjaga kosnya memberikan fasilitas untuk memasakkan anak satu kos dengan tambahan biaya memang tetapi tetap tidak semahal catering.

Olahraga
Kuliah dan kerja merupakan waktu-waktu dimana tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Tetapi luangkanlah waktu minimal satu jam setiap minggu untuk berolahraga. Saya memiliki rutinitas olahraga seperti berenang dan gym kemudian untuk penentuan waktu tergantung partner saya. Supaya semangat olahraga kalian harus memiliki partner supaya semangat. Untuk berenang saya memiliki partner begitu pula dengan gym. Intinya adalah ajak teman untuk bergabung.

Sarapan
Siapa anak rantau yang rajin sarapan? Hampir 75% anak rantau jarang sarapan. Padahal sarapan adalah kegiatan yang perlu dilakukan agar semangat dalam menjalani hari. Biasanya saya membaca referensi resep menu sarapan pagi yang mudah dengan sedikit inovasi. Menu yang biasanya saya buat adalah roti gulung. Saya menyiapkan roti kemudian saya pipihkan dan saya isi sosis ditambah keju mozzarella. Setelah itu digulung dan direkatkan dengan telur kemudian panggang di Teflon tinggal taruh di kotak bekal dan makan setelah sampai kantor atau kalau sempat makan sebentar sebelum mandi pagi. Mudah bukan?

Tips diatas merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai anak rantau karena kesehatan itu tidak bisa ditawar. Let's be healthy yaaa..

1 thoughts:

SYAM said...

Prefer catering, krn bisa pilih menu ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...