Wednesday, April 12, 2017

CAT DINDING SENDIRI AJA! - BERIKUT TIPS DAN CARA MENGECAT


Mengecat dinding atau tembok tidak semudah yang kita lihat, tentunya ada tehnik dan cara tersendiri agar dinding yang di cat dapat teraplikasikan secara sempurna. Sebelum memulai mengecat perhatikan jenis cat yang Anda beli di toko jual cat, karena terdapat dua jenis cat tembok yaitu cat dengan jenis bahan dasar air dan minyak. Tentunya kedua jenis tersebut dalam pengaplikasian atau pencampurannya memiliki cara yang berbeda.

Jika Anda sudah mengetahui jenis cat apa yang Anda gunakan, ini saatnya Anda bisa mulai mengecat. Berikut tips dan cara mudah mengecat dinding sendiri.

#1 Siapkan Alat dan Bahan 
Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bahan dan peralatan untuk mengecat seperti roll cat, kuas, wadah tempat cat, sekop pengerok, cat, kertas atau plastik, dan air sebagai bahan pelarut atau pengencer cat. Semua peralatan diatas bisa Anda dapatkan di satu toko yaitu ditempat toko jual cat yang Anda beli, kecuali kertas dan plastik yaa, karena Anda bisa menggunakan kertas bekas seperti koran dan plastik terpal bekas jika ada.

#2 Mengerok Cat Lama
Setelah bahan dan alat siap, Anda dapat memulai dengan membersihkan cat lama pada dinding dengan mengeroknya menggunakan sekop pengerok. Pengerokan cat lama ini bertujuan agar cat baru Anda tidak mudah menglupas dan tidak bergelembung jika cat lama Anda sudah mulai mengelupas.

#3 Pencampuran Cat dengan Air
Jika pengerokan dinding sudah selesai, Anda bisa mengecek dinding ada lubang atau retakan kah? Jika ada Anda bisa menggunakan plamir dengan mengaplikasikan pada bagian yang berlubang dan retak. Ratakan lapisan plamir secara merata sampai merata dengan dinding. Setelah itu diamankan sampai kering.

#4 Menutupi Lubang Pada Dinding

Setelah menutupi lubang dengan lapisan plamir dan lapisan plamir sudah mengering, Anda sudah mulai bisa mengecat dinding rumah Anda. Campurkan cat dengan air, campurkan air sebanyak 10% dari cat atau yang lebih pasti Anda bisa mengikuti petunjuk dari produk cat yang Anda beli. Karena setiap produsen cat memiliki dan men jual cat dengan kadar komposisi dan kualitas yang berbeda - beda.

#5 Memulai Pengecatan Pertama
Sebelum memulai pengecatan tutupi dahulu lantai atau barang dengan kertas atau plastik, agar cat yang menetas atau jatuh tidak mengotori lantai atau barang - barang Anda.

Lakukan pengecetan dengan gerakan zig zag dari atas kebawah secara merata dan bertahap. Setelah pengecetan pertama ini selesai, tunggulan cat sampai kering untuk melanjutkan ketahap pengecetan yang kedua.

#6 Pengecatan Lapisan Kedua
Setelah lapisan pertama sudah mengering, Anda bisa melanjutkan melakukan pengecetan untuk lapisan kedua. Untuk lapisan kedua cat tidak perlu dicampur dengan air atau boleh dicampur tapi jangan terlalu encer. Kemudai aplikasikan cat dengan cara seperti mengaplikasikan cat pada tahap awal.

Pengulangan cat ini bertujuan agar dinding yang di cat dapat menghasilkan warna yang sempurna dan tektur cat dengan ketebalan yang baik sehingga dapat bertahan lama.

Itulah langkah tips dan cara mengecat rumah sendiri, mudah bukan? Pekerjaan akan mudah dilakukan jika Anda memperhatikan langkah dan caranya. Dengan mengecat sendiri rumah tentunya dapat membuat anggaran biaya Anda lebih hemat. Pengaplikasian cat yang benar juga dapat menghemat cat yang Anda gunakan, apa lagi mengingat harga jual cat perkalengnya yang tidak murah untuk merk yang berkualitas.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...