Wednesday, March 29, 2017

INFO IBU HAMIL: 3 PERUBAHAN YANG TERJADI SAAT HAMIL

pic source: babble.com
Hamil merupakan fase yang menyenangkan sekaligus mendebarkan bagi ibu. Difase ini ibu sering mengalami berbagai berubahan, misalnya perubahan berat badan, perubahan sensitifitas kulit menjadi gampang jerawatan, perubahan mood dan yang lainnya. Perubahan tersebut merupakan fase yang wajar karena ibu mengalami hal yang belum pernah dialami pada masa lalu dan terjadinya peristiwa-peristiwa lainnya yang tercipta secara alami atau natural. Pernah suatu waktu adek saya cerita ketika sedang rekreasi dengan teman satu angkatannya, dia dan teman-temannya tidak menyadari bahwa salah satu temannya ada yang hamil karena tidak ada perubahan bentuk tubuh. Tahu-tahu ketika lahiran pada kaget ternyata temannya saat mengikuti acara tersebut sedang hamil dan karena tidak terlalu akrab jadi dia tidak tahu kalau temannya sedang hamil.
Nah perubahan-perubahan yang terjadi pada ibu hamil memang berbeda-beda oleh karenanya ibu diharapkan untuk banyak-banyak membaca info ibu hamil agar mengetahui berita-berita atau kabar-kabar yang berkaitan dengan kehamilannya agar tidak salah dalam melakukan tindakan. Dulu sewaktu ibu saya hamil adek, saya tidak berani untuk dekat dengan ibu saya karena ibu sedikit-sedikit muntah dan itu sangat mengganggu saya waktu itu. Perubahan-perubahan atau efek apa saja sih yang biasanya terjadi pada ibu hamil?
Tidak terlihat hamil
Ada beberapa orang yang walau hamil tetap terlihat bagus badannya atau tidak mengalami perubahan apapun walaupun sedang hamil. Sama seperti teman adek saya pada cerita diatas bahwa temannya tidak menunjukkan keadaan sedang hamil sehingga hampir tidak ada yang menyadari bahwa dia sedang hamil. Namun disisi lain keadaan yang tidak mengalami perubahan perlu mendapat perhatian khusus. Ibu harus memeriksakan keadaannya apakah hal tersebut terjadi secara normal atau tidak karena berat yang terlalu kurus tidak bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tubuh ibu yang terlalu kurus dapat berbahaya bagi janin karena pada kondisi tertentu dapat membuat bayi lahir premature bahkan membuat keguguran. Jadi be aware ya buibu…

Berat badan naik terlalu drastis
Berbeda dengan perubahan pertama, ada ibu-ibu yang akan mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan. Menurut info-info ibu hamil yang banyak beredar, hal tersebut terjadi karena tidak terkontrolnya pola makan dan kurangnya aktifitas fisik sehingga menyebabkan tubuh menimbun lemak lebih banyak. Oleh sebab itu ibu dianjurkan untuk tidak boleh memiliki indeks masa tubuh melebihi 35 agar tidak menimbulkan penyakit yang dapat berbahaya bagi bayi.

Banyak maunya
Hamil selalu identik dengan nyidam dan pasti ada saja maunya. Nyidam yang terjadi pada ibu hamil banyak dinyatakan sebagai permintaan ibunya saja toh apa hubungannya makanan dengan anak ileran. Kan pada dasarnya semua bayi pasti ileran. Ibu hamil cenderung mengalami perubahan ini dan memikirkan permintaan-permintaan yang aneh yang sama sekali diluar akal sehat. So be ware guys…

Nah tiga poin diatas merupakan info ibu hamil yang penting untuk dicatat agar ibu dan suami tidak bertanya tanya atau terkejut atas perubahan yang begitu signifikan.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...