Friday, January 27, 2017

JANGAN LUPA MAKAN 5 BUAH UNGGULAN INI SAAT TRAVELING DI MALAYSIA


Ketika anda sedang traveling, anda mungkin sering lupa mengkonsumsi buah-buahan segar, saking terlalu asyik mencoba berbagai macam hidangan lokal berupa masakan khas atau camilan dari daerah yang anda kunjungi tersebut. Padahal asupan buah justru sangat berguna di saat anda harus melakukan banyak aktivitas di luar ruangan, termasuk saat traveling ke berbagai tempat tujuan wisata.

Tubuh anda tetap memerlukan cairan dan vitamin yang terkandung dalam buah-buahan, selain itu, jangan lewatkan kesempatan mencicipi beraneka macam buah unggulan dari berbagai tempat atau negara, sebab anda mungkin tidak akan menemukannya di daerah asal anda, dan kalau pun ada harganya sudah jauh lebih mahal dibandingkan negara penghasilnya. Selain itu, dengan mendatangi langsung negara penghasilnya, anda akan menemukan buah-buah unggulan dengan kualitas terbaik.

Nah, salah satu negara yang memiliki banyak buah unggulan adalah Malaysia, khususnya buah-buah tropis. Kalau anda berlibur ke negara ini, anda wajib membelinya. Lalu buah-buah apa saja yang bisa anda nikmati di Negeri Jiran tersebut? Berikut ini daftarnya:

#1 Mangga
Anda bisa menjumpainya di pasar buah atau supermarket, baik di Malaysia pun di negara-negara tetangganya seperti Singapura. Warna buahnya perpaduan antara kuning, orange, dan merah. Semakin tua warnanya maka semakin manis rasanya. Ukuran buahnya lebih besar dari genggaman tangan dan bentuknya bulat gemuk. Lebih menggoda lagi karena aromanya sangat harum kalau dicium, rasa manisnya juga unik, tekstur dagingnya juicy dan pastinya bikin anda ketagihan. Anda bisa mencoba membelinya dengan harga sekitar Rp. 50 ribu untuk satu buah mangga.

#2 Durian
Durian Musang King populer sebagai durian unggul di Malaysia. Durian yang juga dijuluki durian raja kunyit ini relatif mahal harganya. Anda bisa menemukannya di pasar swalayan Malaysia dan Singapura, dengan harga satu buah Rp 250.000. Warna daging buah durian ini kuning pekat mirip kunyit, rasanya pun manis legit dengan buah daging tebal dan lembut. Bijinya kecil dan gepeng, sehingga anda pasti puas menyantapnya.

Namun anda harus ingat, semua hotel di Malaysia dan mungkin di seluruh dunia melarang tamunya membawa buah durian ini ke dalam hotel, mengingat aromanya yang tajam menyengat dan tentu saja tidak semua orang menyukai baik buah maupun baunya.
#3 Manggis
Buah manggis atau mangosteen dikenal sebagai ratunya buah-buahan lokal Malaysia, sebab banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam buahnya. Ukurannya rata-rata sebesar bola tenis, dengan warna ungu gelap dan kulit tebal yang keras, namun daging buahnya tampak putih menyembul dan menggiurkan. Rasanya manis dan asam mirip keluarga buah berry.

Pilihlah yang kulitnya sedikit lunak kalau ditekan dan berwarna ungu gelap, untuk menandakan buah manggis yang siap dimakan. Musim buah manggis di Malaysia berlangsung sekitar Bulan Agustus dan September.

Buah yang menjadi primadona ini mengandung vitamin C, zat besi, niacin, kalsium, protein, serat, vitamin B1 dan B2, yang bermanfaat sebagai penangkal penyakit kanker, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, dan mencegah penuaan dini.

Selain durian, buah ini juga dilarang masuk ke dalam hotel karena bercak warna kulitnya sulit dibersihkan.

#4 Cimpedak
Buah Cimpedak dianggap berasal dari Malaysia dan menjadi favorit di Malaysia. Penampilannya hampir serupa dengan buah nangka namun ukurannya lebih kecil. Aromanya wangi, tekstur buahnya juicy dan rasanya manis mirip madu. Biasanya buah ini bisa langsung dimakan begitu dibuka, atau dimasak digoreng dalam minyak, diolah menjadi es krim, sup, salad, atau dibuat minuman jus segar. Kalau suka, biji buah Cimpedak juga bisa direbus dan dimakan.

Cimpedak Malaysia berukuran dua kali lebih besar dari Cimpedak biasa. Buah ini juga punya multi manfaat, yaitu kaya gizi khususnya vitamin A.

#5 Rambutan
Rambutan atau buah berambut ini juga sangat popular di Malaysia. Buah rambutan Malaysia ada dua jenis, yaitu yang berwarna kuning dan merah. Buahnya juga kaya akan vitamin C dan mineral. Anda bisa menemukan buah rambutan ini dengan mudah di Malaysia hampir sepanjang tahun. Buahnya dijual di sepanjang jalanan dan harganya murah.

Kalau anda berlibur di Malaysia, jangan lupa beli buah rambutan ini dan menyantapnya sebagai camilan sehat di tengah hari. Rasa segar buahnya cocok disantap di udara tropis yang humid di Malaysia.

Keuntungan dari mengonsumsi buah-buahan ini adalah anda akan merasakan manfaatnya di sepanjang perjalanan traveling yang anda lakukan. Selain tubuh terasa lebih segar dan bugar, anda pun akan merasa senang menyantapnya karena rasa lezat dan manis dari buah-buahan ini.

Jadi, jangan lupa membeli bdaftar uah-buahan ini setibanya di Negeri Jiran ya. Sering-seringlah juga menyantapnya sebagai camilan sehat dan simpanlah di dalam kulkas hotel anda agar tetap segar dan tidak mudah busuk. Anda bisa cek tiket pesawat melalui Reservasi.com untuk mendapatkan promo tiket murah pesawat.


1 thoughts:

iyahyuktravelling said...

Tapi mahal banget buah buahan di negeri jiran nih. harganya berlipat lipat dari di Indonesia pas lagi nggak musimnya. Jadi mikir Kalo mau beli #hiks padahal bagus buat kesehatan buahnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...