Wednesday, December 7, 2016

7 TIPS POSISI MENYUSUI YANG BENAR

pic source: Pinterest
Di jaman yang serba modern ini, peran seorang ibu menjadi sangat penting dalam mengasuh anaknya. Salah satunya adalah dengan cara memberikan asupan ASI secara teratur. Namun, masih ada banyak ibu yang masih merasa kebingungan menangani posisi menyusui yang benar. Setiap ibu pasti ingin bisa memberikan kasih sayang pada anaknya dengan menyusui dalam posisi yang benar. Tapi kira-kira, sebenarnya bagaimanakah posisi menyusui yang benar bagi ibu yang sedang menyusui?

#1 Pilih posisi yang paling nyaman
Hal pertama yang harus dilakukan semua ibu yang sedang menyusui adalah mencari posisi yang paling nyaman untuk menyusui. Kondisi nyaman yang dimaksud adalah nyaman bagi ibu maupun anak. Pilih posisi yang bisa dipertahankan dalam jangka waktu yang cukup lama. Salah satu posisi nya adalah dengan duduk sambil menyandarkan punggung sekitar empat puluh lima derajat kebelakang. Dalam posisi ini kemungkinan besar ibu dan anak akan nyaman ketika sedang menyusui


#2 Mulai sesegera mungkin
Setelah bayi dilahirkan, segeralah menyusui bayi tersebut. Dengan menyusui bayi sesegera mungkin kapasitas air susu ibu akan tetap terjaga. Pada dasarnya refleks alami bayi pada pertama kali adalah untuk merangkak menuju payudara ibu. Setelah itu ia akan mulai menyusui. Dengan mengadakan kontak fisik yang cukup sering antara ibu dan anak. Posisi menyusui yang paling pas akan semakin mudah ditemukan.

#3 Posisikan bayi secara benar
Salah satu posisi menyusui yang benar adalah dengan memposisikan perut bayi secara horizontal di dada ibu dengan posisi kepala atau pipi menyentuh payudara ibu. Memposisikan bayi seperti ini mungkin cocok untuk beberapa ibu dan anak. Namun ada juga yang cocok dengan posisi lain. Yang paling penting cari posisi yang paling membuat ibu dan anak merasa tenang ketika sedang menyusui.

Jika payudara ibu berukuran cukup besar atau mulut bayi berukuran agak kecil, coba tekan payudara secara perlahan menggunakan jari menyerupai huruf U. Dengan posisi jari yang seperti ini, bayi akan lebih mudah menyusui dari ibunya.

#4 Tawarkan untuk menyusui secara berkala
Dengan menawarkan bayi untuk menyusui secara berkala, bayi dan ibu akan menemukan posisi yang pas untuk menyusui. Pertahankan posisi tersebut jika memang dirasa sudah pas. Dengan begitu bayi bisa meminum air susu ibu secara teratur.

#5 Jangan paksa bayi untuk menyusu
Ada kalanya bayi merasa tidak ingin untuk meminum ASI dari ibunya. Kenali tanda-tanda jika ia memang sedang ingin menyusui atau tidak. Tawarkan bayi untuk meminum ASI, namun tetaplah bersikap tenang seakan jika ia tak ingin pun tidak apa-apa. Dengan begitu bayi bisa lebih terdorong untuk meminum ASI dari ibunya. Ketika sedang menyusui, jangan tekan kepala bayi untuk tetap menyusui. Jika ia sudah melepaskan payudara ibunya, coba lagi beberapa saat kemudian jika memang ia sudah tidak ingin meminum ASI lagi pada saat itu.

#6 Tidur di dekat bayi
Dengan tidur di dekat bayi, ia akan memiliki akses yang lebih mudah jika sedang ingin meminum ASI. Dengan begitu ibu pun tidak akan merasa kesulitan ketika bayi sedang ingin menyusui. Tidur di dekat bayi juga bisa menjaga hubungan baik antara ibu dan anak agar bisa semakin dekat satu sama lain. Dengan begitu bayi akan merasa nyaman saat berada di dekat ibunya.

#7 Bergerak dengan perlahan
Ketika ibu yang sedang menyusui dan ingin berpindah tempat atau pergi ke suatu tempat. Usahakan untuk menjaga agar bayi tetap nyaman untuk meminum ASI. Posisikan tangan di tubuh bayi dengan baik. Usahakan pilih posisi yang tidak menyebabkan tangan ibu merasa sakit. Jika memang berasa kesulitan untuk mengambil barang ketika sedang menyusui, coba minta bantuan pada suami atau orang terdekat untuk mengambilkan barang tersebut. Tetaplah usahakan menjaga kenyamanan anak ketika sedang menyusui.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...