Wednesday, November 9, 2016

CARA MENGATUR MAKAN PADA IBU HAMIL KEMBAR


Anda mungkin baru saja memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan dan mendapatkan hasil kontrol bahwa anda sedang hamil anak kembar. Banyak ibu yang menginginkan kehamilan kembar meskipun sebagian besar tidak mendapatkannya, anda juga mungkin bagian dari ibu yang menginginkan untuk memilik anak kembar. Karena itu, selamat atas kehamilan kembar anda!

Namun meskipun sedang hamil anak kembar, bukan berarti ini menjadi alasan bagi anda untuk menambah asupan makan dua kali lipat dibanding kehamilan biasa non kembar. Kita mungkin sudah tahu bahwa kehamilan kembar lebih beresiko tinggi daripada yang tidak, maka dari itu jika anda mengetahui informasi tentang tanda kehamilan kembar ini akan lebih baik jika anda mulai meningkatkan kehati-hatian selama kehamilan termasuk jika mengenai asupan makanan yang dikonsumsi.

Penting bagi anda untuk makan dengan sehat dan mengatur kebiasaan makan untuk memenuhi kecukupan nutrisi bagi anda dan dua bayi anda. Daripada terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat atau makanan yang mengandung banyak gula, anda lebih baik banyak mengkonsumsi makanan kaya gizi untuk kesehatan ibu dan bayi.

Untuk lebih detailnya, berikut ini hal-hal yang harus kita perhatikan yang sudah di review oleh Lacy Windham, M.D, seorang obstetrician dan gynecologist.

#1 Tingkatkan asupan kalori harian anda
Memiliki anak kembar berarti anda memerlukan asupan kalori yang lebih banyak setiap harinya. Anda diharuskan untuk mengkonsumsi kurang lebih 600 ekstra kalori setiap harinya. Tentu jumlah kalori tergantung pada aktivitas anda sehari-hari dan rekomendasi dokter.

#2 Konsumsi makanan tinggi vitamin dan mineral
Ketika anda amil anak kembar, penting sekali untuk mengkonsumsi makanan yang vitamin dan mineralnya cukup untuk kebutuhan anda setiap harinya. Fokus juga pada meningkatnya asam folat, kalsium dan kandungan mineral lainnya untuk kesehatan anda dan bayi anda.

#3 Konsumsi makanan yang termasuk kelompok 5 makanan sehat
Makanlah makanan yang termasuk ke dalam kelompok makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari yaitu buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan susu. Jika bingung memilih susu untuk masa kehamilan, susu Lactamil diformulasikan untuk memenuhi kecukupan gizi dari susu untuk ibu hamil. Mengkonsumsi makanan tersebut penting untuk memastikan anda memperoleh keseimbangan mineral dan nutrisi yang baik dan tepat.

#4 Makanlah cookies, kue-kue, makanan manis lain dan gorengan secara jarang

Bahkan meskipun anda tidak dilarang untuk mengkonsumsi makanan-makanan enak tapi kurang sehat tersebut, kurangilah dari jumlah yang biasanya anda konsumsi. Jika sebelumnya anda adalah pecinta makanan manis dan digoreng yang memakan makanan ini banyak-banyak setiap hari, maka banyak juga yang harus anda kurangi. Kalau memang sangat ingin, anda bisa memakannya pada kesempatan tertentu dan hanya dalam jumlah kecil saja ya. Hindari memakan makanan yang mengandung kalori kosong seperti ini karena makanan manis dan gorengan akan mengakibatkan berat badan anda naik tanpa terkendali serta tidak membawa kebaikan gizi yang baik juga untuk bayi anda.

Nah, demikian beberapa cara untuk mengatur makanan dan pola makan untuk ibu hamil kembar. Jika ada tambahan, silakan untuk menambahkan di kotak komentar ya.

3 thoughts:

Kang Nurul Iman said...

Kalau saya nikah nanti saya sih mbak gak mau punya anak kembar tapi kalau dikasihnya anak kembar harus disyukuri juga, tapi kalau saya mah lebih memilih anak perempuan dan laki laki dua, ahi hi hi.

agi pranoto said...

lebih susah ya kalo punya anak kembar
jadi takut huhuhu :(

Ratusya said...

Kata bu dokter, hamil kembar itu beresiko, tapi setaralah dengan outputnya. Hahahaha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...