Saturday, November 12, 2016

AYO EXPLORE KEINDAHAN ALAM DI PULAU KALIMANTAN YANG MENAWAN!

sumber: miner8.com

Bagi orang yang tinggal di kota besar mungkin kota metropolitan, segala macam tetek bengek mengenai teknologi, bising transportasi, tuntutan pekerjaan, polusi dan gedung-gedung tinggi memang kadang membosankan. Tidak hanya membosankan, bahkan bisa juga memicu stress. Jika anda merasakan hal yang sama, yang perlu anda lakukan adalah beristirahat sejenak. Ambil jatah cuti adalah pilihan yang bisa anda lakukan sesegera mungkin untuk istirahat di rumah saja, atau mengunjungi sebuah tempat yang suasananya sangat jauh dari suasana perkotaan.

Bagi anda yang memilih untuk berlibur ke tempat yang jauh dari suasana perkotaan, anda bisa mengunjungi Pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan adalah sebuah pulau yang besar, bahkan terbesar ketiga di dunia. Pulau Kalimantan memiliki banyak hutan yang masih alami. Sebagai daerah yang memiliki sumber daya alam yang kaya, pemerintah Kalimantan memusatkan kegiatan ekonominya di bidang pariwisata.

Jika anda tertarik untuk mengeksplore pulau Kalimantan, anda bisa menggunakan Pesawat Kalstar. Untuk memesan tiket dengan cara mudah dan praktis, Anda bisa lakukan booking pesawat kalstar murah untuk mendapatkan harga terbaiknya. Pemesanan melalui online bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan, selain bisa pesan dari jauh hari, juga kesempatan mendapat harga promo yang selalu dinanti. Jika masih ragu dengan pemesanan online, anda bisa membaca terlebih dahulu artikel di blog ini sebagai berikut:


Setelah mendapat kepastian tiket pesawat keberangkatan dan pulang, anda bisa mencari tahu lokasi menarik mana di Kalimantan yang bisa anda eksplore lebih dalam. Berikut beberapa pilihan menarik obyek wisatanya:

Danau Sentarum
Mengeksplore Kalimantan belum puas rasanya bila belum mengunjungi danau ‘ajaib’ ini. Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, danau Sentarum memang bukan danau biasa. Ketika musim hujan, anda akan menemukan keberadaan danau Sentarum, namun ketika musim kemarau datang, danau Sentarum akan hilang! Kok bisa?

sumber: wwf.or.id

Ya, Danau Sentarum memang hanya ada ketika musim hujan datang. Letaknya yang diapit oleh deretan pegunungan dan dekat dengan sungai Kapuas, menjadikan tempat ini sebagai lokasi utama luapan air dari Sungai Kapuas. Ketika Danau sedang dipenuhi air, anda bisa menelusuri keindahan danau dengan menaiki perahu motor yang disewakan penduduk setempat atau sekedar melihat keindahan pemandangan di sekitar danau untuk menyegarkan mata.

Liang Mangkulangit
Tempat ini berada di Desa Muara Kuaro, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan. Sesuai namanya, Liang Mangkulangait yang berarti mengangkat langit, goa ini berbentuk unik, bentuk mulut goa menengadah ke atas atau ke langit, seolah-oleh goa ini memang tengah mengangkat langit di atasnya.

Liang Mangkulangit adalah sebuah goa yang di bawahnya terdapat sungai yang tersembunyi. Sungai itu bernama sungan Kandilau. Anda akan merasakan pesona alam yang masih sangat asri dari lebatnya pepohonan yang jarang ditemukan di kota besar.

Pasar Terapung

sumber: travelkompas.com

Berkunjung ke Kalimantan, tepatnya Banjarmasin, belum pas kalau anda belum mampir ke Pasar Terapung Sungai Barito. Generasi 90 an mungkin akan dengan mudah mengenali pasar ini karena sering sekali muncul disela iklan televisi swasta. Tempat ini memang menarik banyak pengunjung walaupun sebenarnya bukan tempat wisata, melainkan tempat jual-beli dan merupakan pasar tradisional. Dijamin anda tidak akan sia-sia mengunjungi pasar ini, terutama bagi anda yang berasal dan tinggal di perkotaan. Rasanya wajib mengunjungi pasar apung satu-satunya di Indonesia ini, karena tentu saja anda tidak akan mudah menemukannya di daerah lain.

Pasar Terapung Barito menjadi objek wisata andalan bagi daerah Banjarmasin. Karena pasar ini hanya ada mulai pukul 06.30 sampai pukul 08.00, untuk bisa melihat transaksi jual-beli di pasar ini anda harus berangkat pagi-pagi sekali. Jika datang ke lokasi terlalu siang, mungkin anda hanya akan melihat sisa-sisa penjual yang sedang berkemas untuk pulang saja.

Jika anda tidak mau hanya sekedar melihat-lihat orang berjualan laksana turis, anda juga bisa ikut bertransaksi di pasar ini. Dengan menggunakan perahu kayu bermotor atau kelotok, di Pasar Terapung ini anda dapat membeli aneka sayur-mayur, ikan, buah-buahan, suvenir, bahkan kuliner khas Banjarmasin. Tentu akan menjadi sebuah pengalaman menarik, bukan?

Bukit Bangkirai

Pulau Kalimantan termasyur di kalangan internasional karena dikenal dengan hutan hujan tropisnya, yang indah dan lebat. Karena itu ketika mengunjungi Kalimantan, maka Anda pun harus turut menikmati keindahan hutannya. Salah satu kawasan ekowisata alami yang bisa anda kunjungi adalah Bukit Bangkirai.

Bukit Bangkirai menawarkan keindahan hutan hujan tropis ala Borneo. Dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti restoran, kolam renang dan cottage maka aktivitas dan eksplorasi anda di kawasan ini tentunya akan semakin menyenangkan.

Bukit Bangkirai juga menyediakan jembatan tajuk (Canopy Bridge) yang bisa anda seberangi. Jembatan ini mengubungkan lima pohon Bingakarai yang berukuran sangat besar. Saat menaiki Jembatan Tajuk ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan pepohonan dan merdunya suara cicitan burung. The real back to nature.

Samboja Lodge
Ingin merasakan wisata khas Borneo? Anda bisa bertandang ke Samboja Lodge. Disana anda akan menjelajah hutan Kalimantan dan melihat secara langsung pusat rehabilitasi untuk orangutan dan beruang madu. Dahulu kawasan Sambodja Lodge adalah hutan primer yang gundul karena penebangan liar. Namun setelah dilakukan penghijauan, kini kawasannya menjadi hutan sekunder yang indah.

Untuk mengakses Pusat Rehabilitasi ini, anda akan dijemput dengan mobil penggerak 4 roda disebabkan oleh medan jalan selanjutnya yang cukup berat untuk dilalui kendaraan biasa. Disana anda akan ditemani seorang tour guide untuk mengunjungi salah satu pulau dari tujuh pulau orangutan yang ada disana. Ketujuh pulau yang dimaksud adalah area untuk habitat orangutan yang sedang direhabilitasi sehingga area tersebut dibatasi dengan aliran danau untuk menghindari orangutan yang mencoba melarikan diri.

Lelah berkeliling dan kemudian jika anda ingin beristirahat, anda bisa mengunjungi pondok alam di tengah hutan. Pondok ini unik karena dibuat dari bahan baku alam yang pastinya ramah lingkungan. Di pondok itu Anda akan disuguhkan keindahan pemandangan rimbunan pohon hijau, danau air asin dan pulau orangutan. Betapa indahnya alam Indonesia.

Sudah pernah menjelajah lebih jauh di Kalimantan? Jika anda tidak berkeberatan, luangkan waktu untuk menulis rekomendasi tempat di Kalimantan yang menarik untuk dikunjungi ya!

3 thoughts:

agi pranoto said...

pengen deh ke kalimantan,dari dulu selalu gak kesampaian huhuhu

Kang Nurul Iman said...

Kalimantan kalau menurut saya itu hutannya yang lebat, dan saya selalu membayangkan kalau ke hutan kalimantan pasti nyasar deh kayaknya soalnya luas banget mbak.

Ratusya said...

Huihhh banyaknya obyek wisata di kalimantan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...