Thursday, October 13, 2016

CARA MENGHILANGKAN PLAK PADA GIGI DENGAN BAHAN DARI DAPUR

pic source: Listerine.co.id
Plak atau yang lebih sering disebut karang gigi merupakan lapisan yang terdapat pada gigi dan biasanya terletak di sela-sela gigi atau di dekat gusi yang disebabkan oleh sisa makanan yang menumpuk karena penggunaan sikat gigi yang salah atau kurangnya kepedulian atas kesehatan gigi. Cara menghilangkan plak pada gigi adalah dengan membersihkan gigi dengan sikat gigi paling tidak dilakukan minimal dua kali sehari yaitu setelah mandi dan untuk merawat gigi dianjurkan sikat gigi setelah selesai makan untuk menghindari plak atau karang gigi. Pemeriksaan atas kesehatan gigi dapat dilakukan dalam jangka waktu enam bulan sekali atau dua kali dalam satu tahun. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa gigi dalam keadaan baik atau sehat.

Terbentuknya plak atau karang gigi terkadang tidak disadari oleh banyak orang. Kesadaran untuk rutin membersihkan plak atau karang gigi melalui scalling juga rendah. Banyak dari kita bahkan belum pernah membersihkan plak atau karang gigi seumur hidup dan dapat dibayangkan seberapa kotornya gigi kita. Terlebih plak atau karang gigi tersebut dapat dilihat oleh lawan bicara dengan jelas pasti hal tersebut menyebabkan kita menjadi kurang percaya diri.

Salah satu cara  menghilangkan plak pada gigi adalah dengan melakukan scalling ke dokter gigi terdekat tetapi banyak dari kita merasa biaya scalling terlampau mahal sehingga membuat kita terus menunda waktu untuk melakukan scalling atau perawatan lainnya. Untuk mengatasi minimnya uang yang kita miliki, kita bisa membersihkan plak atau karang gigi dengan bahan-bahan yang mudah sekali ditemukan di sekitar kita. Apa saja bahan-bahan itu dan bagaimana caranya?

Cara Menghilangkan Plak pada Gigi dengan Bahan-bahan dari Dapur Kita

Baking soda
Baking soda merupakan bahan makanan yang sering digunakan didapur sebagai salah satu bahan dasar pembuatan kue. Selain memiliki fungsi dalam mengembangkan kue, baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan plak atau karang gigi. Menggunakan baking soda dalam menghilangkan plak atau karang gigi sangat mudah yaitu dengan mencampur dua sendok teh baking soda dengan satu sendok teh garam dan larutkan dengan pasta gigi secukupnya kemudian lakukan sikat gigi seperti biasanya. Lakukan dengan lembut dan pelan-pelan dan setelah semua area gigi telah terjangkau maka bersihkan gigi dengan kumur-kumur. Untuk pemakaian baking soda sendiri sebaiknya jangan dilakukan sering untuk menjaga email gigi.

Jambu
Buah jambu merupakan buah favorit hampir semua orang yang biasanya diolah menjadi jus atau langsung dimakan. Selain buahnya daunnya memiliki manfaat untuk menghentikan diare. Berdasarkan penelitian yang diungkap di sebuah jurnal ditemukan bahwa buah jambu dan daun jambu efektif dalam menghilangkan  plak atau karang gigi karena membuat bakteri tertentu berhenti bermutasi. Dengan perkembangan bakteri dari sisa makanan yang melambat maka proses terbentuknya plak atau karang gigi dapat dikurangi. Cara mengaplikasikan penggunaan buah jambu beserta daun jambu sangat mudah dengan mengunyah daun jambu kemudian membuangnya atau mengambil buah jambu yang mentah kemudian tambahkan sedikit garam dan kunyah perlahan dan lakukan dalam waktu satu atau dua kali dalam sehari selama beberapa hari sesuai kebutuhan.

White vinegar
White vinegar atau cuka putih merupakan salah satu side dish yang wajib ada ketika menyantap bakso atau soto. Ternyata selain menambah cita rasa makanan menjadi lebih enak, cuka putih dapat digunakan untuk menghilangkan plak atau karang gigi. Penggunaanya pun sangat mudah yaitu dengan mencampur dua sendok teh cuka putih dengan satu sendok garam dan larutkan dengan setengah cangkir air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk kumur satu atau dua kali sehari.
Beberapa bahan tersebut merupakan bahan yang gampang kita temukan di dapur. Dengan menggunakan bahan yang sering kita temui di dapur dapat memudahkan kita dalam merawat gigi dengan cara yang sederhana dengan biaya yang relatif murah. Tidak ada alasan lagi untuk tidak senyum karena kurang percaya diri pada plak atau karang gigimu kan?


Demikian cara menghilangkan plak pada gigi yang bisa kita lakukan sendiri dengan bahan yang kita miliki di dapur kita. Untuk kamu yang merasa malas meramu bahan dari dapur sendiri dan kurang percaya pada bahan yang memang tidak diformulasikan khusus untuk membersihkan plak, maka kamu bisa mencoba Listerine Fresh Citrus yang ringan dan segar. Listerine Fresh Citrus adalah mouthwash yang paling pas bagi kamu yang tidak tahan dengan efek keras mouthwash pada mulut karena formulasinya yang ringat di mulut tapi mampu membuat mulut kita segar dan bersih optimal setelah menyikat gigi. Kandungan antiseptiknya membuat nafas lebih segar dan membantu menghilangkan plak pada gigi. Tentu dengan penggunaan yang rutin ya.

Tertarik mencoba?

2 thoughts:

sari widiarti said...

baking soda lagi ngehtiz untuk dibuat apapun, termasuk untuk menghilangkan plak, tapi kok takut ya :D
pakai yang alami dulu :D

Muda Berkarya said...

kuat juga ya pengaruhnya listerin, sampai bisa menghilangkan plak gigi,, wajib bagi pecinta kopi nih..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...