Wednesday, September 7, 2016

OUTFIT YANG COCOK UNTUK INTERVIEW PEKERJAAN IMPIAN


Memakai busana yang cocok untuk interview di masa ini memang perlu berhati-hati. Ini dikarenakan kita sudah tidak berada pada zaman dimana setelan formal dapat kita pakai untuk datang ke interview manapun tanpa peduli apapun pekerjaan yang kita lamar dan bergerak pada bidang apa perusahaan tersebut. Saat ini, banyak perusahaan yang memiliki ketentuan berpakaian secara lebih santai dan jika anda memilih untuk mengenakan setelan pakaian formal dan rapi ke tempat tersebut bisa jadi malah menjadi sebuah keputusan yang salah bagi anda.

Untuk menghindari salah kostum akan lebih baik jika anda bertanya kepada manager bagian sumber daya manusia atau bagian recruitment mengenai outfit yang biasa dikenakan oleh karyawan di perusahaan itu secara umum. Jangan takut menanyakan hal ini, atau jika ragu-ragu tanyalah kepada seseorang yang bekerja di perusahaan tersebut.

Sebelum memutuskan pilihan terhadap baju dan aksesori apa yang akan anda kenakan untuk menghadiri interview, lebih baik lakukan 'test drive' pada semua pilihan outfit anda. Ya semuanya! Selama masih ada waktu kosong sebelum hari interview maka lebih dini mencoba semua outfit pilihan anda akan semakin baik pula bagi persiapan anda. Anda tentu tidak mau jika pada saat terakhir justu merasa bahwa anda membutuhkan kemeja atau dress baru karena semua pilihan yang anda siapkan terasa begitu salah, terlalu ketat, terlalu pendek, ada bagian yang berlubang tanpa sepengetahuan anda atau bagian yang tidak bisa hilang karena noda. 

Pastikan juga outfit yang anda pilih nyaman untuk anda kenakan saat anda sedang duduk atau berjalan, tidak lucu jika dress yang anda pilih naik ke atas menjadi sangat pendek saat dipakai duduk atau kemeja yang ternyata terlalu ketat dan ketika anda duduk maka perut anda terlihat menggunduk saat memakainya.

Berikut ini pilihan gaya berpakaian yang dapat menjadi pilihan anda untuk menghadiri wawancara pekerjaan impian yang selama ini anda tunggu:

#1 Pekerjaan bidang kreatif
Tunjukan kepribadian anda dengan cara yang menyenangkan tapi tentu saja tetap penting memastikan apa yang kita pakai serasi, rapi dan bersih. Untuk wanita, anda bisa melewatkan celana setelan kerja yang formal dan kenakan sesuatu yang lebih sesuai dengan posisi yang anda lamar. Misalnya atasan kemeja kerja dengan blazer yang rapi dan formal, celana motif bunga, sepatu bergaya unik dan jam tangan Swatch bermotif floral.


Untuk pria, anda bisa mengenakan kemeja dengan sweater atau vest warna khaki atau warna netral lain dengan celana bahan motif tartan, jika perusahaan memperbolehkan karyawan memakai topi maka anda bisa mengenakan newsboy-cap meskipun dilepas sebelum memasuki ruang interview.

#2 Pekerjaan di korporasi
Untuk pekerjaan di korporasi maka pastikan penampilan anda rapi dan bersih dengan setelan bahan berwarna netral, bermainlah di aksen dengan warna-warna blus yang berbeda di bawah blazer atau jas anda. Untuk pria anda juga dapat memilih aksen melalui dasi yang anda kenakan. Pada kemeja dan dasi adalah tempat dimana anda dapat memainkan sedikit warna (jika diperkenankan) agar selain rapi juga terlihat modis, tegas, segar dan professional sesuai dengan image perkantoran.

Pastikan sepatu yang anda pakai tertutup, tanpa open toe shoes atau wedges untuk wanita dan tanpa selop apalagi sepatu sport untuk pria. Tampillah tetap dengan tema konservatif, tapi jika ingin 'sedikit' main warna, biru tua dengan warna cokelat karamel sangat segar sekaligus netral untuk dipadankan. Lengkapi penampilan dengan jam tangan swatch berwarna netral untuk menunjukkan sisi anda yang professional dan sangat menghargai waktu.


#3 Pekerjaan di bidang teknologi atau startup
Perusahaan startup biasanya menyukai penampilan yang terlihat muda dan berkesan kasual untuk para pekerjannya jadi jangan menghadiri interview dengan outfit yang terlalu formal ala corporate look.

Untuk pria, vest bermotif maskulin seperti garis-garis atau kotak-kotak dengan kemeja lengan pendek dan celana berwarna cream akan bagus jika anda kenakan. Sementara untuk wanita pilihan busana yang bisa dikenakan lebih banyak, contohnya anda bisa memakai celana kulot atau cropped pants, jaket kulit dengan aksesori berkesan bold dan menonjolkan keseluruhan penampilan seperti misalnya clutch animal print. Jam tangan digital Swatch yang bisa anda dapatkan online melalui Mapemall akan melengkapi keseluruhan outfit anda. 


Mapemall adalah e-commerce yang bisa kita akses secara online untuk berbelanja. Selayaknya mall yang kita kenal, Mapemall menyediakan produk-produk berbagai brand dengan kualitas bagus dan tidak diragukan keasliannya.

0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...