Tuesday, September 27, 2016

CARA MEMBERSIHKAN KOMPOR GAS SENDIRI


Sebagai pengguna dan pemilik kompor gas, maka sangat penting untuk menjadwalkan kegiatan bersih-bersih kompor gas tersebut. Apalagi jika kompor gas yang kita pakai adalah tipe kompor gas induksi, ceceran tumpahan makanan yang dimasak pada permukaannya tentu akan mengganggu penampilan kompor dan dapur kita juga akan ikut kelihatan nampak tidak bersih dan kurang enak dipandang.

Kebersihan kompor yang kita pakai sangat penting untuk menjaga kebersihan makanan yang kita masak dan agar sisa-sisa makanan tidak menempel dan berada terus di dekat kompor selain untuk kebersihan juga untuk memperlama masa pakai dari kompor gas. Bagaimana cara membersihkan kompor gas jika kita ingin mengerjakannya sendiri? Ikuti tips sederhana berikut.

Cara Membersihkan Kompor Gas Sendiri


#1 Pastikan kompor sedang dalam keadaan mati dan tidak digunakan
Penting untuk memastikan bahwa kompor yang akan kita bersihkan sedang dalam kondisi mati. Jika kita baru saja menggunakan kompor untuk memasak, maka matikan api dan biarkan kompor perlahan-lahan menurunkan suhu hingga benar-benar dingin. Prosedur ini perlu kita lakukan di tingkatan prioritas untuk menghindarkan kita dari bahaya saat sedang membersihkan kompor.

#2 Pakai sabun cuci piring
Untuk membersihkan kompor sendiri dengan bahan yang ada di dapur, maka gunakanlah sabun cuci piring. Akan lebih baik jika sabun cuci piring yang kita gunakan ini Sunlight Double Power untuk pembersihan yang menyeluruh berikut dengan noda minyak dan lemak yang menempel pada kompor. Ini karena gel konsentratnya yang mampu membersihkan lemak dan noda minyak secara lebih banyak dan efektif. Jika kompor gas kita jenis induksi maka jangan terlalu banyak menggunakan campuran air cukup semangkok air saja untuk melarutkan Sunlight secukupnya dan sisihkan terlebih dahulu.

#3 Bersihkan kompor menggunakan spons
Cara membersihkan kompor gas menggunakan Sunlight sebenarnya sangat mudah dan siapapun bisa melakukannya jika sudah tahu cara gampang untuk membersihkan sendiri. Sebelum mulai pembersihan menggunakan sunlight, lap terlebih dahulu kompor menggunakan spons kering agar remah-remah sisa makanan tersingkir. Baru kemudian rendam spons ke dalam larutan Sunlight dalam mangkok dan peras-peras sampai berbusa. Sapukan spons tersebut ke seluruh permukaan dari kompor hingga kompor bebas dari noda minyak dan lemak makanan hingga benar-benar bersih.

#4 Bilas
Bilas kompor dengan merendam spons kering atau lap kering dalam air hangat suam-suam kuku kemudian bersihkan sisa sabun dari permukaan kompor.

#5 Keringkan
keringkan kompor dengan cara mengelap seluruh kompor dengan kain kering lembut kemudian biarkan selama 1-2 jam hingga benar-benar kering dan kompor sudah siap digunakan kembali.

Bagaimana? Mudah, bukan?

1 thoughts:

Ratusya said...

Ada yg bilang bisa pake baking soda untuk kerak membandel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...