Friday, August 12, 2016

MEMULAI BISNIS ONLINE UNTUK PEMULA



Sebagai karyawan yang setiap bulan menerima gaji, anda mungkin merasa bahwa tidak mungkin selamanya anda bisa seperti ini. Menerima gaji yang tidak selalu mengalami kenaikan setiap tahun sementara kebutuhan terus bertambah dan makin mahalnya kebutuhan sehari-hari mungkin membuat anda berpikir bahwa anda perlu mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun anda juga tidak siap untuk langsung keluar dari kantor dan membuat bisnis baru yang anda nilai lebih berprospek dan menghasilkan. Lagipula, keluar dari kantor adalah seperti melepaskan sabuk pengaman begitu saja saat kita sedang naik wahana roll coaster, sementara kita tidak tahu apakah kita akan terjatuh begitu saja di tanah yang keras atau justru di matras besar dan tebal yang akan menjaga keamanan tubuh.

Maka sudah jelas, anda butuh bisnis yang bisa anda jalankan secara sambilan sebagai karyawan. Apapun jenis bisnisnya anda memutuskan untuk menjual produk secara online. Baru akan memulai bisnis online? Baca dulu tips berikut:

Kiat Memulai Bisnis Online untuk Pemula

#1 Putuskan produk atau jasa apa yang ingin anda jual

Dengan bisnis online anda dapat menjangkau banyak calon pelanggan, tapi anda juga akan memiliki banyak pesaing. Putuskan jenis produk dan jasa apa yang ingin anda jual. Tentu untuk memutuskan hal ini, anda juga harus memperhitungkan pesaing dalam jenis produk yang sama dan banyaknya uang yang anda alokasikan untuk investasi awal bisnis online ini. Jika anda memiliki dana yang terbatas sementara sangat ingin memulai bisnis online cobalah untuk menjadi agen Kudo melalui http://kudo.co.id.

#2 Buatlah toko online anda
Jika sudah memutuskan produk apa yang ingin anda jual maka mulailah untuk membangun toko online anda. Untuk kesan professional dan lebih mudah ditemukan banyak calon customer akan lebih baik untuk memiliki situs promosi toko online milik anda. Namun jika budget awal usaha belum sepadan dengan biaya perawatan sebuah situs, anda bisa membangun toko online melalui media sosial seperti facebook dan instagram. Umumkan toko online anda melalui akun pribadi, jika toko online anda ada di instagram maka buatlah hashtag sebanyak dan sesesuai mungkin dengan produk yang anda jual.

#3 Promosikan bisnis online anda
Nah ini adalah bagian paling penting dari bisnis online yang kita dirikan, yakni promosi. Promosi ini sangat penting dalam menentukan image atau citra kita di depan calon pelanggan. Misalnya kita membangun image bisnis online terpercaya dan gratis ongkos kirim atau toko online yang tidak cuma terpercaya tapi juga sangat ramah dan helpful melayani customernya.

Jadi, sudah siap membangun bisnis online milik anda sendiri?



6 thoughts:

Ratusya said...

Hmmm aku bisnis onlen apa ya?
Ngeblog sajalah

Son Agia said...

Satu lagi yang penting: jual produk yang non-mainstream.

Soalnya di zaman ini (yang dipenuhi para kaum hipster), sulit kalo kita cuma ngejar 'pasar'. Justru harus yang beda dari pasar. Hehe *sok tahu.

Heru Arya said...

Ternyata banyak banget yang harus dipahami sebelum jualan Online ya, kak.

Kalo aku, sih. Keknya milih jadi Blogger aja. XD Sama kek komentar di atas.

Kang Nurul Iman said...

Kalau saya mah bercita cita jadi pebisnis online yang sukses juga mbak dan ternyata lebih enak online loh mbak kalau bisnis mah karena tidak perlu capek paling cuman ngirim barang ke jne nya saja cuma itu mudah kan tapi pada awalnya saja yang lumayan butuh kesabaran.

Hendri Natureve Shop said...

yang paling sulit diawal itu konsistensinya sih mbak, benar-benar sangat membantu para pebisnis pemula nih :)

cuman iya juga sih ada rasa takut gagal berbisnis, takut masa depan makin hancur. kalo jadi karyawan terus ga keuntup juga kebutuhan seharihari yang semakin naik :)

Kanianingsih said...

saya lagi rehat mba dari jualan online, cape menghadapi pembeli yg rewel.udah gitu kapan aja harus dilayani -_-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...