Thursday, August 18, 2016

CARA MEMBERSIHKAN SOFA


Sofa adalah kursi favorit keluarga, terutama jika letaknya di ruang keluarga dan di depan televisi maka pasti seluruh anggota keluarga menjadikannya tempat favorit untuk bersantai sembari menikmati tayangan televisi atau film yang diputar. Menonton televisi atau film pun kurang lengkap jadinya tanpa cemilan dan minuman. Karena sering digunakan untuk menonton dan acara ngemil bersama maka sofa adalah salah satu perabot di rumah yang mudah sekali kotor.

Jangan heran jika menemukan pecahan keripik, tumpahan minuman atau biscuit sisa disela-sela lipatan sofa tersebut. Sebagian orang menyatakan bahwa sofa adalah salah satu benda yang semakin using semakin nyaman saja seperti halnya piyama. Usang jika bersih pun tak masalah, namun sofa yang kotor akan mengundang semut dan serangga lain bahkan juga menyebabkan penyakit bagi para penggunanya. Karena itu penting untuk menjaga sofa tetap bersih.

Membersihkan sofa, harus mulai dari mana?

Nah kita bisa mulai langkah mudah berikut ini:

#1 Pastikan terbuat dari apa sofa kita
Pastikan terlebih dahulu bahan dasar permukaan dari sofa kita apakah terbuat dari kain, kulit sintetis atau kulit asli? Memastikan bahan dasar sofa sangat penting untuk mengetahui cara pembersihannya. Membersihkan sofa yang terbuat dari kain dan kulit asli sering kali lebih rumit daripada kulit sintetis.

#2 Gunakan vacuum cleaner
Sebelum membersihkan secara detail, penting bagi kita untuk menghilangkan debu yang berada dalam sofa. Gunakan vacuum cleaner untuk memulai langkah pembersihan. Jika tidak ada vacuum cleaner maka anda bisa memakai kemoceng, tapi tentu tidak sama maksimal dengan jika menggunakan vacuum cleaner.

#3 Sikat dengan sikat lembut
Jika ada titik-titik noda atau bekas noda mengering di permukaan sofa maka gunakan sikat lembut untuk menyikat permukaan yang ternoda tersebut. Sikat perlahan dengan lembut agar tidak menggores permukaan kain sofa milik anda.

#4 Lap bagian sofa lainnya yang tidak terbuat dari bahan dasar yang sama
Kadang sofa memiliki bagian kayu pada lengannya atau pada ornamennya, jangan lupa untuk memberikan perhatian kepada bagian sofa selain kain yaitu dengan mengelapnya dengan kain kering atau treatment lain yang sesuai dengan karakter bahan dasar dari bagian sofa tersebut.

#5 Sediakan pembersih sesuai bahan dasar sofa
Jika sofa kita terbuat dari kain maka anda akan memerlukan detergen berbahan dasar air dan pembersih berikut steamnya, namun jika sofa terbuat dari kulit maka sangat perlu untuk menyediakan pembersih kulit yang lembut untuk sofa kulit milik anda tersebut.

Bersihkan sofa secara mendetail dengan pembersih yang sesuai hingga sela-selanya. Setelah seluruh proses pembersihan selesai maka anda bisa mengangin-anginkan sofa hingga kering atau membiarkannya kering apa adanya. Akan lebih baik jika diangin-anginkan agar cepat kering dan tidak ada bagian yang tetap basah sementara lainnya kering.

#6 Menyewa jasa pencucian sofa
Jika anda merasa kelelahan dan langkah pembersihan sofa masihlah rumit dan merepotkan, anda bisa melewatkan semuanya dengan layanan jasa cuci sofa. Jika anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya ada bisa menghubungi Dehygienique. Dehygienique adalah layanan jasa cuci sofa Jakarta dan sekitarnya yang menawarkan jasa pencucian bersih serta ramah lingkungan. Dehygienique juga melayani korporasi selain pembersihan di rumah tinggal.


0 thoughts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...